Ducati Multistrada V4 S 2021, Sekarang Bisa Gunakan Radar Aktif

Ducati Multistrada V4 S 2021, Sekarang Bisa Gunakan Radar Aktif

Teknologi dan fitur sepeda motor tak kalah dibandingkan mobil. Ducati Multistrada V4 S sekarang bersertifikat radar Amerika Utara. Fitur itu memungkinkan pengendara bisa menikmati sistem yang revolusioner. Boleh dibilang ini pertama kalinya diterapkan pada sepeda motor. Dari teknologi ini seluruh konsumennya juga dapat menggunakan sistem Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Detection.

Sebetulnya teknologi radar di Multistrada V4 S 2021 sudah terpasang sebagai standar pabrik. Tetapi perangkat lunak di dalamnya harus diunggah dan dikalibrasi terlebih dahulu. Sesuai aturan lalu lintas di Amerika Utara. Pelanggan cukup mendatangi diler resmi untuk meng-upgrade dan mengaktifkan teknologi ini. Kampanye ini sudah dimulai sejak 1 Juli.

Ducati Multistrada V4 S Radar

“Ducati bangga menjadi yang pertama dalam penerapan radar pada sepeda motor. Dan peluncuran teknologi ini di Amerika Utara membawa kami lebih jauh ke masa depan. Kami secara konsisten memimpin pengembangan teknologi, dan sekarang dengan penggunaan radar kami dapat sangat meningkatkan kemudahan dan kenyamanan bagi pengendara,” kata Jason Chinnock, Chief Executive Officer Ducati Amerika Utara.

Multistrada V4 S memiliki aplikasi yang sempurna untuk teknologi radar. Ini merupakan salah satu kekuatan motor adventure Ducati untuk mengatasi rintangan lintas alam. Punya keunggulan Adaptive Cruise Control dan Blind Sport Detection yang belum banyak dimiliki pabrikan lain. Tentu fitur ini sangat bermanfaat untuk menjamin keamanan dan keselamatan ridernya.

Fitur radar yang tertanam merupakan sistem bantuan pengendara canggih. Ia dapat mengelola dua fungsi: Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD). Setiap perangkat keras yang tersemat memiliki dimensi kompak, yakni 70 mm x 60 mm x 28 mm dan beratnya cuma 190 gram.

Baca juga: BMW Motorrad Rilis Warna Baru R18 dan R18 Classic MY2022

Ducati Multistrada V4 S Radar

Untuk bagian depan berkesinambungan dengan Adaptive Cruise Control (ACC). Pemasangan sistem ini memungkinkan motor untuk berakselerasi dan melakukan pengereman secara otomatis. Terdapat empat pilihan tingkat, bisa ditentukan oleh pengendara pada kecepatan antara 30 dan 160 kpj. Jadi bantuan elektronik ini bisa menjaga jarak sepeda motor dengan aman dari mobil di depannya.

Sementara radar yang ditempatkan di bawah lampu belakang mampu mendeteksi kendaraan lain yang berada di titik buat (blind spot). Blind spot merupakan area yang tidak terlihat langsung oleh pengendara ataupun lewat spion. Bila ada kendaraan berkecepatan tinggi datang dari belakang, sistem ini langsung menampilkan peringatan kepada pengendara lewat LED yang berkedip di tepi luar kaca spion.

Teknologi yang dikembangkan Ducati ini merupakan revolusi dari sebuah mobil canggih. Namun telah dirancang dan diolah sesuai dengan dinamika dan ergonomi kendaraan roda dua. Secara khusus, otoritas sistem dalam perlambatan dan akselerasi yang ada pada Multistrada V4 telah dibatasi. Hal itu untuk memastikan pengendara dapat terus mengontrol kendaraan dalam situasi apa pun.

Ducati Multistrada V4 S Radar

Kombinasi teknologi Ducati yang baru itu juga dapat menyesuaikan mekanisme dengan keadaan yang tengah dihadapi. Alhasil, metode pengereman otomatis berlangsung secara akurat. Di sisi lain, peranti canggih itu juga menjadi alat perekam keadaan. Bila terjadi kecelakaan, pihak Ducati langsung bisa mengetahui penyebabnya, layaknya black box pada pesawat.

Ducati tak sendiri mengembangkan peranti canggih itu. Mereka bekerja sama dengan Electronics, Information and Bioengineering di Politecnico di Milano University selama beberapa tahun terakhir. Bahkan komponen ini sudah diberi hak paten pada Mei 2017, yang berkaitan dengan algoritma kontrol sistem. Selain itu, mereka juga menggandeng Bosch, perusahaan asal Jerman yang memiliki teknologi tingkat atas.

Menurut Ducati Amerika Utara, pengaturan radar untuk Multistrada V4 S tersedia dengan biaya $850 (Rp 12 jutaan) ditambah satu jam kerja bengkel. Pada dasarnya pengaktifan fitur ini di luar dari paket pembelian. Sementara untuk harga Multistrada V4 S dibanderol US$ 24.095 (Rp 349 juta). (Bgx/Raju)

Sumber: Motorcycle, Ride Apart

Baca juga: Penting! Berkendara Motor Saat PPKM Darurat Wajib Bawa Kartu Vaksin

Model Motor Ducati

  • Ducati Monster
    Ducati Monster
  • Ducati Panigale V4
    Ducati Panigale V4
  • Ducati MultiStrada
    Ducati MultiStrada
  • Ducati Panigale
    Ducati Panigale
  • Ducati Scrambler Classic
    Ducati Scrambler Classic
  • Ducati Scrambler Icon
    Ducati Scrambler Icon
  • Ducati Scrambler Cafe Racer
    Ducati Scrambler Cafe Racer
  • Ducati Scrambler Sixty2
    Ducati Scrambler Sixty2
  • Ducati Hypermotard 950
    Ducati Hypermotard 950
  • Ducati XDiavel
    Ducati XDiavel
  • Ducati Diavel
    Ducati Diavel
  • Ducati Multistrada 1260
    Ducati Multistrada 1260
Motor Ducati

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Ducati MultiStrada Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Ducati MultiStrada

Tren Adventure Touring