• Wishlist

Ducati Multistrada 1260 Enduro Meluncur, Lebih Buas Namun Tetap Ramah

Ducati Multistrada 1260 Enduro Meluncur, Lebih Buas Namun Tetap Ramah

Ducati Multistrada 1260 Enduro diklaim menjanjikan pengendalian yang 'ramah,' kendati bermesin lebih besar. Ketersediaan beragam fitur, membuat sang penunggang lebih nyaman saat mengendarainya di berbagai kondisi jalan.



Keberadaan Ducati Multistrada 1200, rupanya belum cukup untuk membendung sepak terjang Triumph Tiger Xcx maupun BMW R 1250 GS Adventure. Namun, kehadiran Ducati Multistrada 1260 Enduro merupakan jawaban yang tepat.


Bagaimana tidak, dilihat dari performa saja motor ini lebih unggul. Pabrikan asal Bologna, Italia, melakukan evolusi terhadap mesin Testatretta yang kini menjadi 1262 cc. Berkat penerapan teknologi DVT (Desmodromic Variable Timing) pula, tenaga serta torsinya keluar secara optimal sejak RPM bawah.


Spesifikasi yang disajikan memperlihatkan, Multistrada 1260 sanggup mengeluarkan tenaga maksimal 158 Hp di putaran mesin 9500 RPM. Sementara torsinya 128 Nm di 7.500 RPM. Cukup ideal untuk motor dengan berat 254 kg (dengan BBM penuh 30 liter).


Dilihat sekilas, tampangnya tetap identik dengan keluarga Multistrada lain. Wheelbase cukup panjang, 1592 mm dengan ketinggian jok maksimal 860 mm. Peruntukannya, jelas buat mereka yang memiliki pengalaman menunggangi motor gede (moge).


Tapi, Ducati tetap memberikan kemudahan karena terdapat beberapa sektor yang bisa disetel. Sebut saja pada jok yang dapat dibuat menjadi 840 mm atau lebih rendah 20 mm. Agar lebih ergonomis, area stang dan footstep juga bisa diturunkan sebanyak 10 mm. Tak hanya itu, penerapan sistem suspensi Ducati Skyhook, memudahkan pengendara menyesuaikan ketinggian travel shock depan maupun belakang untuk memudahkan pijakan kaki ke aspal.



Berbagai penyesuaian ini, jelas membuat pemilik Ducati Multistrada 1260 Enduro kian menyatu dengan motor, baik saat melahap aspal maupun menerabas lintasan light off-road. Ditambah ketersediaan fitur pendukung seperti Ducati Quick Shift (DQS), Cruise Control, Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC) dan sistem pengereman ABS Cornering racikan Bosch.


Informasi lainnya pun dapat dilihat melalui panel meter dari layar TFT 5 inci. Mulai dari informasi kecepatan, transmisi hingga gigi 6 hingga 4 pilihan mode berkendara (Urban, Sport, Touring and Enduro).


Ada beberapa fitur menarik lain yang turut diterapkan pada Vehicle Hold Control. Ducati bilang, pengendara tak perlu khawatir Multistrada 1260 Enduro merosot saat berhenti (rem belakang aktif otomatis) di tanjakan dengan sudut kemiringan maksimal 24,5 derajat. Sistem ini otomatis bekerja selama 9 detik. Dan untuk me-nonaktifkannya, cukup memutar gas saja.


Selanjutnya, lampu serba LED sebagai sumber penerangan Multistrada 1260 Enduro sudah dilengkapi fitur Ducati Cornering Light. Artinya, pendaran lampu bisa menyesuaikan dengan sudut motor saat menikung. Tujuannya, menjangkau area blind spot yang tak bisa dipenuhi pada lampu biasa.


Sayangnya, motor ini baru bisa dinikmati para penggemar Ducati di India. Menurut informasi dari afiliasi kami di India, zigwheels.com, Ducati Multistrada 1260 Enduro dengan pilihan warna Sand dan Ducati Red dijual mulai ₹ 20,23,000 atau sekitar Rp 400 jutaan. Seharusnya, varian ini juga bisa menjadi opsi yang ditawarkan Ducati Indonesia untuk penggemarnya di Tanah Air. Namun, belum ada informasi mengenai kedatangannya karena hingga saat ini line up di situs resmi mereka hanya Multistrada 1260, Multistrada 1260 S dan Multistrada 1260 Pikes Peak. (Ano/Van)


Baca Juga: Honda X-ADV Bakal Punya Varian 250 cc?

Jelajahi Ducati MultiStrada

Ducati MultiStrada Rp 379 - Rp 735 Juta Cicilan : Rp 8,65 Juta

Bandingkan & Rekomendasi