CSC City Slicker, Sepeda Motor Listrik Asal Amerika Serikat Mirip Benelli TNT135

CSC City Slicker, Sepeda Motor Listrik Asal Amerika Serikat Mirip Benelli TNT135

Tren sepeda motor listrik mulai banyak bermunculan. Modelnya pun beragam, dari yang kecil hingga bergaya superbike. Seperti yang ditawarkan oleh CSC Motorcycles yang berjuluk City Slicker. Produknya itu memiliki dimensi mungil, dan rupanya mirip Benelli TNT135.

City Slicker pertama kali dirilis pada 2018 dan ia merupakan motor listrik perkotaan yang dirancang agar mudah dipakai oleh siapapun. Lazimnya kendaraan niremisi itu dibanderol cukup mahal, namun tidak dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan asal California, Amerika Serikat. Ia hanya dipasarkan seharga $2,495 atau setara Rp 37 jutaan.

Bahasa desainnya mirip dengan kuda besi konvensional yang biasa kita lihat, yakni Benelli TNT135. Tampangnya keren dan sporty, serta punya ciri khas seperti naked bike kebanyakan. Paling kentara tentu rangka model teralis dan penggunaan setang lebar yang ada pada dirinya. Dimensinya sangat kompak dengan jarak roda 1.249 mm dan tinggi kursinya 762 mm.

motor listrik CSC

Menyoal fitur, motor ini bisa dikatakan fundamental. Headlamp masih mengandalkan bohlam biasa, tapi sudah ada DRL dan stoplamp serta sinyal belok menggunakan LED. Spidometernya sudah full digital yang letaknya tepat berada di atas cover lampu utama. Isinya lebih kurang ada petunjuk kecepatan, odometer, tripmeter, status baterai, peringatan baterai rendah, sinyal belok, mode daya dan beberapa indikator standar.

Baca Juga: Tarform Luna: Naked Sport Elektrik yang Mengadopsi Fitur Mobil

Karena dia tidak menggunakan bahan bakar bensin, maka ruang di tangki dijadikan tempat penyimpanan. Seluas 19 liter dan disediakan power socket model USB untuk mengisi daya gawai. Sisanya bisa muat sarung tangan, botol minum ukuran kecil hingga jas hujan. Joknya model menyatu berukuran kecil. Jika orang dewasa berbadan lumayan besar mengendarainya, jok belakang hanya tersisa sedikit. Kendati mungil, sudah disediakan footstep untuk pembonceng.

Meski berasal dari Cina dan dirakit ulang di Amerika Serikat, secara keseluruhan bodinya menyerupai motor-motor Eropa. Ia terlihat mungil karena menggunakan pelek berukuran 12 inci dan suspensi depannya menggunakan model upside down. Belakangnya pakai monoshock dengan preload yang dapat disesuaikan. Masing-masing rodanya dibalut dengan ban ukuran 110/70 untuk depan dan 120/70 belakang.

motor listrik CSC

Pengereman mengandalkan cakram depan maupun belakang dan sudah mengopsi teknologi regenaratif. Jadi energi panas dari pengereman tidak terbuang sia-sia dan dapat dipergunakan kembali menjadi energi listrik. Sistem tersebut menangkap dan mengubah menjadi energi listrik untuk mengisi daya baterai.

Meski harganya terbilang murah dibanding produk lain sejenis, ia punya tenaga yang cukup diandalkan. Motor mungil ini mampu menggelontorkan power hingga 4,3 Hp. Untuk pengisian baterai hanya memerlukan durasi 6 hingga 8 jam dengan outlet 11 V yang umum dipakai di Amerika Serikat. Apalagi dirinya sudah dipasangkan komponen pengisi daya rumahan. Jadi jika baterai habis tidak repot mencari charging station.

Baca Juga: Voxan Wattman, Superbike Listrik Siap Pecahkan Rekor

Dibekali dengan baterai 72Volt 26AH Lithium Ion dan tersedia dua mode pengendaraan, Power dan Eco. Dengan mode power, dia mampu melaju hingga 74 kpj dan jarak tempuh 60 km. Sedangkan Eco kecepatannya dibatasi hingga 32 kpj dan bisa menempuh jarak hingga 100 km. CSC Motorcycles merasa kecepatan ini sudah sangat cukup untuk sebuah kendaraan listrik perkotaan.

Indikator Motor listrik CSC

Berat motor diklaim sekitar 98 kg dan sekira 75 persen bebannya dihasilkan dari komposisi baterai. Tapi setidaknya ia lebih ringan dari TNT135 yang memiliki berat 115 kg. Meski begitu, kuda besi kompak ini mampu menopang bobot hingga 150 kg. City Slicker tidak dilengkapi motor hub seperti kendaraan niremisi lain. Melainkan mengandalkan motor yang dihubungkan dengan sabuk sebagai penggerak.

City Slicker merupakan produk dari California Scooter Company (CSC). Di Amerika Serikat, CSC dikenal sebagai perusahaan rebranding model-model sepeda motor dari Cina. Demikian juga dengan sepeda motor listrik mungil ini, dia dibuat oleh Zongshen.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu juga punya beragam produk lain. Ada model cruiser hingga adventure dengan mesin konvensional berkapasitas 250 sampai 300 cc. Dan City Slicker ialah model listrik pertama yang dimiliki oleh CSC Motorcycles.

Motor ini sudah resmi dijual sejak Januari 2020, namun pembeli terbanyak dihasilkan dari pemesanan daring. Tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. (Bgx/Odi)

Sumber: Paultan, Electrek

Baca Juga: Melesat Tanpa Suara, Inilah Lima Motor Elektrik Tercepat di Pasaran

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store