AHM Bagi 1.000 Paket Sembako di Hari Ozon Sedunia

AHM Bagi 1.000 Paket Sembako di Hari Ozon Sedunia

Astra Honda Motor (AHM) membagikan 1.000 paket sembako kepada aktivis lingkungan. Donasi dengan tema Sahabat Satu Hati Peduli ini secara simbolis diberikan kepada RB Sutarno dari Kampung Proklim RW 01 Sunter Jaya, DKI Jakarta (16/9). Penyerahan bantuan ini sekaligus memperingati Hari Ozon sedunia.

RB Sutarno merupakan aktivis sekaligus punggawa peduli lingkungan di Kampung Proklim binaan AHM di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Pada 24 Juli 2020, dirinya ditetapkan sebagai penerima Kalpataru kategori Pembina Lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan berdasarkan SK 302/Men LHK/PSKL/PEG.7/7/2020 tentang Penerima Penghargaan Kalpataru 2020. Pria ramah itu juga berhasil mengantarkan wilayahnya mendapatkan Tropi PROKLIM Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) pada 2016.

“Bantuan paket sembako ini menjadi penyemangat masyarakat untuk terus mengelola lingkungan secara konsisten. Semoga kami dapat terus menginspirasi wilayah lain untuk dapat memperhatikan penghijauan dan kelestarian lingkungannya,” ungkap RB Sutarno setelah menerima paket sembako yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan ketat oleh warga dan tim AHM.

AHM bagi-bagi sembako

Selain kepada RB Sutarno dan warga masyarakat Kampung Proklim RW 01 Sunter Jaya, AHM juga menyalurkan bantuan kewilayah binaan lain di bidang lingkungan. Khususnya bagi mereka yang telah menggarap pelestarian maupun peghijauan sesuai dengan keunikan masing-masing.

Baca juga: AHM Perkenalkan Pusat Pelatihan Berkendara Terbesar di Asia Tenggara

Untuk wilayah lain seperti Bekasi, bantuan diberikan kepada Guru Sekolah Satu Hati yang telah sukses mengelola sekolah Adiwiyata dan Kelompok Pengawas Lingkungan di Hutan Mangrove Segarajaya. Pada area Jawa Barat lainnya, bantuan diberikan ke Ecovillage Cidadap, Goa Pawon dan Stone Garden di Bandung Barat dan kelompok masyarakat di Kampung Jukut, Babakan Pasar, Bogor yang melakukan upaya pelestarian bantaran Sungai Ciliwung.

Selain itu, AHM juga terus berkomitmen memberikan sembako untuk masyarakat di sekitar perusahaan yaitu Sunter, Pegangsaan Dua, Pulogadung, Cikarang dan Karawang. Paket bantuan yang dikhususkan buat warga di masa pandemi berisi beras, minyak goreng, mie instan, susu dan masker kain untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan, semangat para aktivis yang peduli lingkungan sejalan dengan semangat AHM untuk terus berkontribusi pada bangsa. Paket sembako ini merupakan dukungan perusahaan agar mereka tetap aktif di tengah masa pandemi ini.

Bagi-bagi sembako

“Semangat para aktivis lingkungan secara nyata telah membagikan pengetahuan, mengedukasi dan membina gerakan masyarakat untuk mendukung perbaikan lingkungan wilayahnya. Kami berharap paket sembako ini dapat terus memacu semangat mereka untuk membaktikan diri kelingkungannya terutama di saat sulit seperti saat ini,” ujar Muhibbuddin dalam keterangan resminya, Rabu (16/9).

Saat ini, Kampung Proklim RW 01 Sunter Jaya menjadi sarana pembelajaran untuk pengelolaan lahan terbatas di kota Jakarta Utara. Wilayah tersebut telah melakukan pengolahan sampah organik, urban farming dan vertical garden dengan memanfaatkan material daur ulang. Mereka juga mengatasi keterbatasan lahan dalam mewujudkan pemukiman yang asri, tersedianya tanaman obat keluarga (TOGA) dan sayuran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hingga saat ini, AHM terus mendampingi Kampung Proklim dalam mengembangkan kepeduliannya di bidang lingkungan. Tentu melalui beragam kegiatan positif bersama masyarakat. Pada September ini, APM sepeda motor Honda di Indonesia juga membagikan lebih dari 4.154 kaleng biskuit dan 25.294 kaleng krimmer bagi anak-anak siswa sekolah maupun panti asuhan di lingkungan perusahaan. Hal itu untuk mendukung Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang masih berlangsung saat ini.

Secara total sejak pandemi Covid-19 muncul hingga September tahun ini, AHM telah menyalurkan 6.668 paket sembako dan 162.353 makanan ringan bagi masyarakat dan juga 13.500 helai masker. (Bgx/Tom)

Baca juga: Gandeng Mahasiswa, Konsorsium Empat Pabrikan Motor Jepang Mulai Uji Coba Baterai

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store