• Wishlist

Tingkatkan Penjualan dan Awareness, Wuling Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

Tingkatkan Penjualan dan Awareness, Wuling Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

Bukan hal baru bagi pabrikan otomotif untuk mendukung ranah olah raga. Pabrikan dunia banyak yang mensponsori tim sepak bola, bahkan di Indonesia merek Datsun pernah menjadi sponsor utama tim sepak bola Persib Bandung. Hal itu dilakukan juga oleh Wuling Motors, dengan menjadi sponsor Bali United.


Kedua belah pihak merasa cocok satu dengan yang lain. Diklaim punya sejumlah kesamaan yang berujung pada kolaborasi Wuling dan Bali United. Salah satunya, usia merek yang tergolong muda dan sudah mencatatkan prestasi di industrinya masing-masing. "Dalam kurun waktu sangat singkat, Bali United mampu menjadi klub papan atas yang diperhitungkan di sepak bola Indonesia. Bali United memenangkan Liga 1 pada 2019 dan menjadi salah satu wakil Indonesia di laga internasional Asian Football Championship (AFC) Cup," ungkap Yin Yi, Brand & Marketing Director Wuling Motors dalam kata sambutannya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali (24/2).


Sementara Wuling, masih kata Yin Yi, dalam kurun waktu 2 tahun bisa menawarkan 4 produk andalan. Bahkan membuat gebrakan dengan menawarkan fitur voice command berbahasa Indonesia, WIND pada Almaz. "Jajaran kendaraan kami telah mendapat sambutan baik dari konsumen Indonesia, yang menempatkan kami di posisi keenam penjualan kendaraan penumpang secara merek. Kemudian menerima berbagai penghargaan, termasuk di dalamnya 2 kali Car of The Year 2019 untuk Almaz," tambah Yi.


Direktur Marketing & Bisnis Bali United, Putri Paramita Sudali menjelaskan, "Kita memiliki semangat yang sama. Dalam waktu yang tergolong singkat, kita sudah menjadi salah satu brand terbaik di Indonesia. Baik Bali United di industri pesepakbolaan, begitu juga Wuling Motors di otomotif. Kesamaan itu lah sebenarnya yang membuat kita semakin yakin, kerja sama ini sudah pasti sebuah partnership yang dapat bersinergi dengan baik."


Baca juga: Harga Jual Bersaing, Bagaimana Ongkos Servis Wuling Cortez? 


Seperti diungkap, dukungan Wuling untuk Bali United dikontrak dua musim (2020 - 2021). Tidak disebutkan angkanya. Namun Wuling Motors termasuk sponsor utama dengan posisi platinum III. Nama Wuling Motors muncul di wajah kaos pertandingan Bali United. Sementara program sponsorship masih belum diungkap, bakal dibeberkan seiring berjalannya musim pertandingan.


Wuling Bali United 2020


Kata Putri, Wuling dan Bali United bakal bersama-sama meningkatkan awareness melalui branding dan brand activation, baik secara online dan offline. Namun dari segi pengelolaan, tentu peningkatan di sektor penjualan juga jadi target utama. "Apa sih yang bakal dilakukan bersama Wuling? Satu yang pasti, kita akan sama-sama meningkatkan awareness melalui branding dan activation, baik di online dan offline. Sebenarnya pengelolaan kami terhadap sponsor, yang pertama target dari awareness dan kedua target dari sales mereka harus naik," imbuh Putri.


Berbicara target branding dan sales, Wuling merasa perlu meningkatkan itu di Pulau Dewata. Kendati sudah cukup tersohor, ditandai dengan diler resmi Wuling yang sudah berdiri di Bali. Sampai saat ini, Wuling sudah punya lima diler. Dan menurut Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom, jumlah itu mencerminkan potensi pasar yang besar.


"Kalau pasar Bali itu potensi, karena pertumbuhannya cepat. Di Bali itu ada lima diler, artinya pasar menjanjikan. Kalau satu daerah ada lima diler maka besar sekali potensinya," ujar Brian pada kesempatan sama. Dari hasil yang dilaporkan Brian, total wholesales Wuling tahun lalu 848 unit. SUV Almaz terkirim 384 unit dan MPV Confero 355 unit.


Untuk lebih mendongkrak awareness pada bentuk kolaborasi, Bali United bakal menggunakan mobil Wuling untuk transportasi. "Semuanya nanti akan melibatkan Wuling. Satu program yang akan kita jalankan, dan akan mulai saat liga juga sudah dimulai adalah kami akan support pada saat away game, fans kami akan naik Wuling. Terutama ke kota-kota yang bisa dilalui oleh mobil," pungkas Putri. (Tom/Ano)


Baca juga: Mengulik Resale Value Wuling di Pasar Mobil Bekas