Ternyata Ini Alasan Volkswagen Cuma Jualan Dua Model di Indonesia

Ternyata Ini Alasan Volkswagen Cuma Jualan Dua Model di Indonesia

Setahun ke belakang, PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia cuma menjual dua model. Padahal VW punya banyak produk dari katalog mereka di luar sana. Disebut ada beberapa alasan. Salah satunya terkait kualitas bahan bakar di Indonesia.

KEY TAKEAWAYS

  • Model Volkswagen apa saja yang ada di Indonesia?

    Saat ini dua model bisa dipilih yakni Polo 1.2 dan Tiguan Allspace
  • Ahmad Badawi, National Sales Manager PT GMM membeberkan pertimbangan itu. Disebut, lantaran standardisasi bahan bakar di Indonesia masih Euro 4 menyebabkan pihaknya sulit membawa model lain Volkswagen.

    "Ada beberapa alasan terpaut itu, seperti bahan bakar. Di kita bahan bakar itu Euro 4 nya masih Euro 3 plus lah. Ya itu jadi ada beberapa model mobil yang tidak bisa masuk. Tapi kami akan terus mengajukan model lain agar bisa masuk," kata Badawi saat ditemui di Jakarta, Rabu (26/1).

    Volkswagen Golf - Hits & Misses Nameplate VW Golf sempat jadi primadona di Indonesia

    Menurutnya, alasan itu yang jadi kendala utama saat ini. Kemudian berharap bisa ada peningkatan dari segi kualitas bahan bakar. "Volkswagen di sana (Eropa) sudah Euro 6 plus, karena sangat peduli dengan lingkungan. Mudah-mudahan di kita bisa cepat naik juga untuk di bahan bakar. Dari pemerintah juga menggenjot," imbuh Badawi.

    Baca juga: Volkswagen Indonesia Siapkan SUV Baru Pesaing HR-V, Meluncur Tahun Ini

    Sebagai informasi, lini Volkswagen yang dijual di Indonesia menyisakan dua kontestan. City car Polo 1.2 dan produk rakitan lokal SUV Tiguan Allspace. Dari paparan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan gabungan keduanya tahun lalu masuk prestasi dengan torehan 380 unit. Disumbang 311 unit dari Tiguan Allspace, sisa 69 unit oleh Polo.

    Pertimbangan Mobil Listrik

    Hambatan menyajikan ragam produk akibat kualitas bahan bakar bisa dialihkan ke produk mobil listrik. Volkswagen juga termasuk salah satu pemain yang gencar soal elektrifikasi di luar sana. Badawi pun terbuka soal memboyong mobil listrik Volkswagen. Disebut sudah masuk dalam agenda yang diajukan untuk pasar Indonesia.

    "Ke depannya kami juga akan lebih banyak, model-model yang ingin ditawarkan. Soal mobil listrik kembali lagi, ada beberapa pertimbangan dan persiapan. Selain dari kami sendiri, kesiapan di negara kita untuk fasilitasnya itu kan belum memadai. Tapi kami tentu tidak tinggal diam, tetap terus mengajukan ke sana."

    VW ID Buzz VW ID. Buzz

    Ia menambahkan, Indonesia butuh sekitar 2 - 3 tahun lagi untuk bisa mulai optimal soal ekosistem kendaraan listrik. Dalam kurun itu, pihaknya akan bersiap. Baik dari segi produk maupun layanan pendukungnya.

    Untuk diketahui, saat ini Volkswagen sudah punya beberapa kontestan mobil setrum. Sebut saja ada VW ID.3, ID.4 dan ID.5 yang belum lama mendebut. Tak ketinggalan, ID.Buzz bakal bergabung dalam line-up EV VW. Ia lahir sebagai jelmaan elektrik dari VW 'Combi' yang sangat tersohor bahkan di Indonesia. (Tom)

    Baca juga: Pemerintah Dekati Volkswagen, Ajak Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil