Tak Laku Mazda6 dan CX-3 Diskontinu di AS, Tetap Dijual di Indonesia

Tak Laku Mazda6 dan CX-3 Diskontinu di AS, Tetap Dijual di Indonesia

Kabar tak enak diterima penggemar midsize sedan dan SUV kompak Mazda. Yap, dua produk mereka dari segmen tersebut Mazda6 dan CX-3, tak lagi dijual untuk pasar AS mulai tahun depan. Mazda Amerika, mengumumkan jika kedua model tersebut tak lagi masuk ke jajaran line up Mazda tahun 2022. Namun pengguna di Indonesia tak perlu khawatir karena model ini tetap dipasarkan di Tanah Air.

Tak terlalu laku menjadi alasan Mazda USA enggan memasarkan Mazda6 dan CX-3. "Karena minat konsumen terus berkembang, Mazda akan menghentikan CX-3 dan Mazda6 untuk model tahun 2022. Meskipun kedua kendaraan ini akan meninggalkan jajaran kami, kami bangga dengan kinerja, desain, kualitas, dan keselamatan yang mereka berikan pada merek kami,” tulis pernyataan Mazda.

Sebenarnya, penghentian penjualan model CX-3 sudah terendus lama. Terutama sejak model CX-30 dirilis beberapa waktu lalu. Karena, meski secara model berbeda, namun segmentasi keduanya kerap beririsan secara langsung. Sehingga Mazda merasa perlu memangkas tipe yang dijual untuk efisiensi produksi dan penjualannya.

Pertanyaan justru tertuju pada Mazda6. Pasalnya, di segmen midsize sedan, ia sukses menahan laju Toyota Camry dan Honda Accord. Sayangnya, belakangan terus menurun. Titik penjualan tertinggi Mazda6 ada di tahun 2015 silam, yaitu sebanyak 57.898 unit. Angka ini terus turun hingga mencapai titik terendah di tahun 2020, 16.204 unit saja. Kehadiran model bermesin 2.5-turbo pada 2021 sepertinya tidak mendongkrak penjualannya secara baik.

Lantas, mungkinkan Mazda akan menghadirkan model penggantinya? Mungkin rumor belakangan yang menyebut bahwa Mazda tengah menyiapkan sedan menengah baru berpenggerak roda belakang dengan mesin enam inline bisa memuaskan pecintanya. Tetapi, Mazda masih merahasikan strategi bisnis sedan di masa depan. "Kami tidak dapat membagikan detail produk masa depan saat ini," kata seorang juru bicara Mazda.

Baca juga: Mazda CX-3 Sport 1,5 Liter Meluncur di Indonesia, Harga Makin Terjangkau

Mazda CX-3 Sport 1.5 L

Pernyataan Mazda Indonesia

Terkait kabar tersebut, Eurokars Motor Indonesia sebagai pemegang merek Mazda di Tanah Air menegaskan jika keduanya tetap dijual. Dalam keterangan resminya disebutkan jika crossover New Mazda CX-3 dan sedan premium New Mazda6 merupakan model laris.

"Penghentian penjualan ke-dua model tersebut hanya berlaku untuk pasar Amerika, sementara untuk pasar Indonesia, ke-dua model tersebut akan terus kami pasarkan, mengingat bahwa pasar Indonesia memiliki karakter pelanggan yang berbeda dengan karakter pelanggan di Amerika Serikat," kata Ricky Thio, Managing Director Eurokars Motor Indonesia.

EMI diawal tahun 2021 ini telah meluncurkan model Mazda CX-3 SPORT 1.5 L yang menimbulkan antusiasme sangat baik di pasar Indonesia. Ditawarkan dalam satu varian, model ini dijual seharga Rp 454,4 juta.

Mazda6 sedan

"Model Mazda tersebut diakui sangat digemari oleh pasar Indonesia, terutama untuk New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L yang baru-baru ini kita perkenalkan. Selain dimensinya yang kompak, desain yang menarik serta dukungan fitur-fitur unggulan yang terbaik dikelasnya, dan juga performa berkendara yang menyenangkan karena didukung oleh teknologi tinggi dari SKYACTIV-Technology, membuat New Mazda CX-3 berhasil mendapatkan tempat tersendiri dihati penggemar Crossover Compact," kata Ricky.

Sedangkan Mazda6 cukup dikenal di Indonesia. Menggunakan mesin 2.488 cc yagn menghasilkan tenaga 191 hp, sedan 5 penumpang ini bahkan juga digunakan jajaran Kepolisian. Selain versi sedan seharga Rp 729,9 juta, Mazda juga menjajakan model Estate yang dibanderol Rp 698,8 juta.

"Untuk sedan Premium Mazda 6 ELITE serta Mazda 6 ELITE Estate, juga telah mendapatkan posisi tersendiri di hati para penggemar sedan, apalagi dengan hadirnya model estate yang sampai saat ini tidak memiliki rival dikelasnya, menjadikan type Estate ini menjadi model buruan para kolektor kendaraan," tutup Ricky Thio. (Raju)

Baca juga: Mazda6 Elite Sedan dan Estate 2021 Mendapat Sentuhan Fitur Baru

Jelajahi Mazda 6

  • Tampak Depan Bawah Mazda 6
  • Tampak samping 6
  • Lampu depan 6
  • lampu belakang 6
  • handle pintu 6
  • Pelek 6
  • Tampak belakang 6
  • Tampak belakang sisi tengah 6
Mazda 6
Rp 698,8 - Rp 729,9 Juta Cicilan : Rp 15,94 Juta

Model Mobil Mazda

  • Mazda CX 5
    Mazda CX 5
  • Mazda CX3
    Mazda CX3
  • Mazda 2
    Mazda 2
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
  • Mazda 3 Hatchback
    Mazda 3 Hatchback
  • Mazda 3 Sedan
    Mazda 3 Sedan
  • Mazda CX 9
    Mazda CX 9
  • Mazda 6
    Mazda 6
  • Mazda CX-8
    Mazda CX-8
Mobil Mazda

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mazda 6 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mazda 6

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Wagon