Suzuki Indonesia Klaim Durasi Analisis dan Servis Mobil Lebih Cepat 300 Persen

Suzuki Indonesia Klaim Durasi Analisis dan Servis Mobil Lebih Cepat 300 Persen

Jumlah kendaraan yang masuk ke bengkel resmi diakui perusahaan lebih sedikit. Sebab terdampak pandemi COVID-19. Namun di sisi lain, Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan turut mengembangkan mutu layanan. Mereka melihatkan capaian positif dalam penanganan masalah teknis kendaraan pelanggan. Bahkan, selama April dan Mei 2020, rerata kecepatan analisis serta penanganan masalah teknis meningkat signifikan. Diklaim mencapai 300 persen dari sebelumnya.

"Pandemi ini tidak membuat kualitas layanan kami menurun. Dengan jumlah hari kerja yang lebih sedikit dari biasanya. Kami mampu mengoptimalkan investigasi dan review menyeluruh atas laporan masalah teknis kendaraan pelanggan yang dikirimkan diler. Hasil kemudian segera diteruskan ke tim Quality Assurance. Selanjutnya dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas kendaraan di masa mendatang," ungkap Riecky Patrayudha, 4W, 2W & Marine Service Director PT SIS.

Servis mobil Suzuki cepat

Suzuki tak menampik, pandemi Corona berdampak pada waktu kerja menjadi lebih terbatas. Bahkan unit entry yang masuk ke bengkel menurun. Tim teknis Suzuki mengaku tetap optimal memverifikasi semua laporan, hingga berhasil meningkatkan rasio kecepatan analisis. Sebagai info tambahan. Pada April 2020, jumlah kendaraan masuk menukik hingga 47 persen. Momentum ini membuat mereka mampu meningkatkan rata-rata kecepatan proses investigasi, analisis dan verifikasi. Jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal.

Variabel didapat lantaran bengkel resmi telah menggunakan sistem terintegrasi. Itu dipakai sebagai sarana komunikasi antara Suzuki bersama diler, guna menindaklanjuti temuan dan permasalahan teknis kendaraan pelanggan. Namun dengan catatan, masih dalam masa garansi yaitu selama tiga tahun atau 100 ribu kilometer. Informasi teknis itu dilaporkan diler, lekas diulas, dianalisis dan diverifikasi oleh APM.

Baca juga: Xiaomi Kenalkan R/C Suzuki Jimny, Bakal Membuat Mobil Sungguhan?

Hasil verifikasi itui lantas dikirim ke bagian terkait seperti Quality Assurance, pabrik. Bahkan sampai ke Suzuki Motor Corporation sebagai prinsipal. Jadi mereka bisa memonitor dan ambil tindakan agar dilakukan peningkatan kinerja. Termasuk kualitas kendaraan yang bakal diproduksi selanjutnya.

Servis mobil Suzuki

Mengacu dari data Halo Suzuki. Sebelumnya, permintaan home service memang merupakan satu-satunya layanan paling diminati selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Total order alami penurunan dari 1.923 pada saat sebelum adanya PSBB (periode 1 Maret-9 April 2020). Kemudian menjadi 1.173 permintaan setelah adanya PSBB (periode 9 April-3 Mei 2020). Lalu diikuti kemerosotan permintaan layanan informasi 32 persen. Panggilan layanan darurat turun sebesar 56 persen. Booking servis juga berkurang 50 persen. Namun, fasilitas servis di rumah naik 40 persen, walau tidak disebut jumlah lebih perinci.

"Upaya berkelanjutan yang kami lakukan ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab ini merupakan bagian dari upaya Suzuki memberi layanan berkualitas bagi pelanggan. Juga merupakan bentuk tanggung jawab kami terhadap kepercayaan pelanggan, menemani perjalanan Suzuki selama 50 tahun di Indonesia," Riecky menambahi.

Hati-hati Hoax!

Sempat beredar pesan berantai berjudul Suzuki Peduli COVID. Intinya menawarkan perawatan mobil Suzuki secara gratis di diler resmi selama masa pandemi. Layanan gratis meliputi beberapa ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker dan hand sanitizer. Namun, konsumen terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi. Kenyataannya kabar itu tidak benar alias hoax.

Program Suzuki yang terkait layanan selama COVID-19 adalah #AmanSamaSuzuki. Suzuki menegaskan komitmen dalam menerapkan standar ketat pencegahan COVID-19. Suzuki selalu menginformasikan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada website Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id) serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram). Selain itu juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam di Halo Suzuki (0800 1100 800) yang dapat konsumen gunakan untuk memastikan setiap program (Sales, Service, dan Sparepart) yang ada di Suzuki. (Alx/Tom)

Baca juga: Penjualan Suzuki APV Naik, Peminat Terbesar dari Sektor Kesehatan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store