• Wishlist

Sekelompok Siswa Teknik di Belanda Sukses Membuat Porsche Shooting Brake

Sekelompok Siswa Teknik di Belanda Sukses Membuat Porsche Shooting Brake

Jenis tubuh kupe berbokong estate alias Shooting Brake sudah sangat jarang dilirik oleh pabrikan otomotif. Meski begitu, sebuah perusahaan asal Belanda menyiapkan solusi bagi penggemar Porsche yang memimpikan mobil bertubuh sejenis. Kepala Fontys Hogeschool Eindhoven Motorsport Engineering, Groenendijk de Laat, tuangkan ide untuk mengubah sebuah Boxster menjadi hatchback.


Ya, spesies mirip 911 ini ternyata mengawali hidup sebagai generasi awal Porsche Boxster 986. Cukup menarik lantaran shooting brake tak lazim dibuat bermesin tengah. Karena bertubuh cabriolet, dasar sasis sudah cukup kokoh untuk menerima rombakan total menjadi sebuah hatchback. Pun Porsche midship dikenal lebih menyenangkan ketimbang si tradisional 911. Selain itu, sisi reliabilitas menjadi bahan pertimbangan tersendiri, walau penyakit bawaan intermediate shaft bearing harus segera ditangani.


Panel-panel mencomot punya Porsche 911


Modifikasi ini merupakan bagian dari program Fonty’s Minor Motorsport Engineering Program. Pelajar teknik turut serta dalam proyek pengerjaan bodywork yakni Dennis, Yori, Thom, dan Bram. Mereka bekerja dengan Van Thull Development yang ditunjuk sebagai pemimpin project untuk meracik bodi komposit. Van Thull Development jelas merupakan tempat terbaik untuk belajar. Mobil-mobil eksotis seperti kontestan reli Dakar pernah digarap. Van Berlo Design juga turut membantu mengarahkan proyek karena para murid ini tidak memiliki pengalaman apapun soal bodywork atau desain.


Inspirasi diambil lewat berbagai imajinasi sketsa dan rendering. Dasar pertimbangan adalah bagaimana bila Boxster masa kini dibuat Shooting Brake. Tujuan akhir lantas menghasilkan rombakan agar dapat diproduksi. Maka dari itu, Boxster ini terlihat seperti 911. Mayoritas komponen diambil dari apa yang sudah ada, mencampurkan tubuh 996, 997 dan 991.


Baca Juga: Porsche Taycan Ditargetkan Mengaspal Oktober, Apa Saja Persiapannya?


Contoh pada wajah, paras asli Boxster ini dirombak total sehingga bersolek bagai Porsche 911 generasi 997. Tak ada satupun panel asli bertahan. Lalu ke area samping, pintu sampai kaca 996 dipakai sehingga mengguratkan profil 911. Agar terlihat segar, lampu belakang 991 diadopsi.


Bokong hatchback


Kendati begitu, bagian lain harus mereka racik sendiri entah itu membuat dari nol atau mengadaptasi komponen. Terutama bagian atap, semua harus dibuat sendiri. Lalu, sisi air intake di pilar C disesuaikan agar garis kaca 911 dengan atap shooting brake selaras. Ditambah lagi pada fender belakang, sill pintu, semua harus disesuaikan dengan rancangan awal. Hasilnya mengagumkan, bagai 911 Shooting Brake orisinal asal Stuttgart. Bisa saja Porsche melirik desain ini menjadi kenyataan.


Walau bertubuh 911, Van Thull Development tidak mengotak-atik apapun soal pemacu daya. Berdiam diri di tengah mengisi kompartemen penumpang. Sama seperti Boxster – dan khususnya Cayman karena berwujud atap tertutup – mesin bersemayam di balik panel penutup.


Porsche Boxster Shooting Brake conversion Van Thull Development


Jika Porsche tidak tertarik untuk membuat versi produksi, setidaknya bisa mengunjungi Van Thull. Mereka berencana untuk menjual kit untuk 986 Boxster ketika sudah selesai mencetak atap, bagasi, fender belakang, bumper, dan sill pintu. Mungkin tak lama lagi karena proyek ini sudah selesai pada 5 Februari lalu. (Krm/Tom)


Sumber: The Drive


Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Baby Porsche 718 Spyder, Sanggup Tembus 300 Kpj