Road Test Honda HR-V 1.5L E Special Edition: Crossover Serbabisa

Gambar
Review Pengguna

HR-V selalu menjadi kekuatan Honda Indonesia di segmen compact SUV. Sejak meluncur, selalu dominan di kelas yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan. Desain keren, fitur lengkap dan rasa berkendara impresif, adalah sekelumit keunggulan untuk bersaing di antara crossover lain.


Siklus hidup berlanjut ke fase penyegaran setelah memasuki tahun keempat. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 adalah momen tepat untuk perkenalannya. Varian baru meluncur, yakni Honda HR-V 1.5L E Special Edition yang menjadi opsi menarik dalam line-up. Lahir sebagai jalan tengah bagi konsumen yang ingin fitur mewah HR-V 1.8L, tanpa perlu mesin besar. Diposisikan tepat mengisi celah kosong antara HR-V 1.5L E dan 1.8L Prestige.


Pilihan pun bertambah ragam. Konsumen yang ingin kemewahan khas SUV Honda dan tetap menyukai karakter fun to drive, bisa terwujud lewat HR-V 1.5L E Special Edition ini. Meski tidak mengubah performa mesin dan teknis lain, penambahan fitur diklaim meningkatkan nilai dari HR-V. Pastinya detail di setiap perubahan itu memberi makna.


Desain Menggoda


Honda HR-V rear angle


Eksterior Honda HR-V selalu enak dipandang mata. Pendekatannya berhasil memadukan ketangguhan SUV dan desain dinamis ala coupe. Honda tetap mengandalkan garis-garis streamline yang mudah disukai selera. Fasad membawa bahasa desain bertajuk Solid Wing Face. Di sekujur tubuhnya, garis desain bodi minim sudut menghasilkan lekukan mengalir. Tetap terlihat tegas, menunjukkan jati diri SUV yang diusung. Kalau memandang tanpa nama besar Honda pun kami yakin tetap punya daya tarik sendiri.


Ditunjang pula dimensi pas untuk berkendara di kepadatan kota. Panjang bodi 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm dengan wheelbase 2.610 mm. Dirancang tanpa mengorbankan akomodasi kabin yang terkenal praktis.


Honda HR-V model facelift membawa ubahan minor namun penting. Grille menebal sembari merancang ulang bumper, terutama rumah fog lamp. Semua varian dibekali fog lamp dan spion elektrik dengan imbuhan lampu sein. Penyegaran lebih kentara pada HR-V 1.5L E Special Edition dan 1.8L Prestige. Paling jelas, lampu utama sudah mengadopsi teknologi Full LED ditambah Daytime Running Light (DRL). Lampu kabut LED pipih mencirikan Special Edition. Ubahan lain, desain pelek two-tone baru dan garnish krom di plat nomor belakang.


Baca Juga: Kelebihan Honda HR-V, Antara Fungsi dan Popularitas


Kabin Lapang dan Akomodatif


ultra seat HR-V


Masuk ke dalam, langsung disambut aura high-tech. Sedikit tombol konvensional tertera, jenisnya sudah model sentuh seperti berasal dari masa depan. Warna dominan hitam tampak sporty dengan finishing bagus. Istimewanya varian ini, material kulit membungkus jok, lingkar kemudi sampai tuas transmisi.


Konsol tengah tinggi membuat letak tuas transmisi tepat di sudut tangan yang nyaman. Menggambarkan posisi mengemudi sporty layaknya sedan. Apalagi tidak ada tuas rem parkir konvensional. Tampak bersih karena sudah memakai teknologi Electronic Parking Brake (EPB). Cukup mengoperasikan tuas kecil, proses mengaktifkan rem parkir berlangsung mudah. Mencari posisi mengemudi sempurna juga mudah didapat. Selain dapat mengubah ketinggian kursi, setir punya pengaturan tilt dan telescopic.


Tak pernah ada kata sempit saat memasuki kabin HR-V. Ruang kepala dan kaki berlimpah meski dimensi bodi keseluruhan tergolong kompak. Sesuai karakter Honda sejak dulu, ia patut diakui salah satu crossover yang menawarkan akomodasi penumpang terbaik. Masih ada fitur Ultra Seat, kelebihan yang hanya ada di kelasnya. Kursi belakang amat fleksibel. Mudah diatur untuk segala keperluan mengangkut barang. Area kargo juga luas dan mudah ditambah lagi kapasitasnya.


Fitur Berlimpah


fitur honda hr-v special edition


Kesan canggih bukan sekadar dari tampilan. HR-V tergolong crossover dengan fitur berlimpah. Kelengkapannya bertambah di Special Edition jika dibandingkan tipe E biasa. Perangkat yang dicari pertama ialah sarana hiburan. Sebuah head unit monitor 8-inci mengisi dashboard tengah HR-V Special Edition. Bertambah besar dengan gaya mengambang sehingga mudah dilihat. Capacitive touchscreen, membuat sentuhan pada layar bisa direspons dengan cepat. Kualitas visual yang ditampilkan pun lebih berwarna, pandangan tak lagi terganggu oleh sinar matahari. Berbagai format bisa diputar dan mampu terkoneksi dengan smartphone via Bluetooth atau kabel.


Pengaturan AC digital begitu futuristis. Tanpa perlu menekan tombol, cukup lewat sentuhan jari saja alias Smart Touch. Kemudahan lain demi kenyamanan pengemudi juga tak hanya dari fitur Electronic Parking Brake (EPB). Tersedia fungsi Brake Hold untuk menahan mobil saat diam sebentar di tanjakan, sangat bermanfaat bila dalam kemacetan. Juga dilengkapi Cruise Control yang membuat kaki bisa rileks tanpa perlu menekan pedal gas saat perjalanan panjang di jalan bebas hambatan.


Fitur keselamatan tak perlu diragukan. Dua kantong udara bertugas menjaga penumpang depan dari benturan fatal. Struktur rangka G-Force Control (G-CON) dan Advanced Compatibility Engineering (ACE) mampu mendistribusikan energi tumbukan merata ke bodi. Sehingga mengurangi dampak ke kabin dan penumpang. Tapi sebelum itu terjadi, Anti-lock Braking System (ABS) berusaha untuk mencegahnya. Terlebih sistem kontrol stabilitas selalu aktif menjaga laju kendaraan agar tidak selip atau melintir.


Performa dan Efisiensi Tinggi


Honda HR-V sporty character


Mengendarai mobil Honda punya kesenangan tersendiri. Impresinya selalu sporty, cocok bagi Anda yang doyan mengemudi. Karakter yang selalu terjaga di seluruh produk Honda. Tidak ada yang baru dari sektor mekanis, namun masih sangat impresif saat ini. Mesin multiplatform L15Z yang turut dipakai Honda City dan Jazz, juga tetap dipercaya.


Mesin berkapasitas 1,5 liter menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm, lebih dari cukup untuk pemakaian dalam kota sehari-hari. Berkat teknologi katup variabel i-VTEC, aliran torsi menyeruak deras di putaran mesin tinggi. Menjaga keiritan bahan bakar saat berjalan santai, sembari menciptakan akselerasi halus nan padat.


Transmisi CVT pintar dengan Earth Dream Technology bertugas mengekstrak seluruh daya ke roda depan. Penghantarannya sudah pasti halus tanpa jeda perpindahan gigi seperti transmisi otomatis biasa. Mengadopsi sabuk baja dan puli tanpa rasio tetap, membuat rentang percepatan sangat fleksibel. Hasilnya, penyaluran tenaga berlangsung efektif dan efisien. Meski lembut, aliran akselerasi spontan tetap ada.


Lebih mengasyikkan lagi, tersedia paddle shift di balik kemudi. Perpindahan gigi virtual bisa dilakukan sebebas mungkin menyesuaikan kebutuhan. Misalnya saat ingin melakukan overtaking, tinggal menjentikkan jari untuk mengail torsi besar di putaran tinggi. Bisa juga dalam menciptakan engine brake saat deselerasi.


Transmisi CVT pun mendukung figur konsumsi bahan bakar irit. Saat melaju santai, mesin akan berputar di rentang paling ekonomis. Ada Eco Indicator di panel instrumen untuk menandakan itu. Saat berkendara di dalam kota, tak sulit mencapai level efisiensi 14 kpl. Dipacu konstan di jalan tol juga mudah saja melebihi 17 kpl.


Kenikmatan Berkendara


honda hr-v driving experience


Jika Anda pernah menyetir Honda Jazz dan merasa pengendalian mengasyikkan, sensasi sama bisa dirasakan di HR-V. Malah ada keunggulan lebih berupa kemampuan jelajah lebih variatif. Platform sama tentu menawarkan rasa berkendara yang mirip dengan hatchback itu. Hanya saja, tidak selincah Jazz karena ground clearance lebih tinggi, walau kestabilan di kecepatan tinggi hampir seimbang.


Bantingan suspensi berkarakter sporty, akan terasa bila melintasi jalanan rusak maupun bumpy. Kompensasinya, kestabilan tinggi tanpa banyak limbung. Mobil ini memang nikmat bila dikebut. Walau kemudi sudah mengadopsi Electronic Power Steering (EPS), ramuan Honda selalu menawarkan rasa komunikatif antara setir dan roda. Respons cepat dan akurat menuruti kemauan pengemudi.


Kenyamanan suspensi tetap terjaga meski memakai pelek 17 inci dan ban profil 55. Dalam kondisi kosong maupun terisi penuh, bantingannya masih mantap meredam hantaman roda dengan jalan berlubang. Ground clearance 185 mm adalah nilai lebih dari sebuah SUV. Membuat HR-V tetap cekatan saat menemui jalanan tak bersahabat.


Simpulan


honda HR-V 2020


Honda merancang HR-V sebagai paket lengkap sebuah SUV kompak untuk keperluan beragam. Pengemudi terpuaskan dengan karakter fun to drive khas Honda, ditambah penampilan yang memikat pandangan mata. Menambah rasa kepercayaan diri saat mengendarainya.


Akomodasi kabin juga selalu jadi keunggulan Honda. Itulah kenapa HR-V 1.5L E Special Edition juga cocok sebagai sarana transportasi keluarga. Kabin lega dan fiturnya canggih, mampu mendukung segala kebutuhan. Bisa dikatakan sebuah kendaraan all-rounder dan serbabisa. (ADV)


Baca Juga: Agar Tak Bingung Memilih, Telisik Lebih Dalam Empat Varian Honda HR-V

Jelajahi Honda HRV

Honda HRV Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta Cicilan : Rp 6,88 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store