Resmi Dirilis, Begini Wujud Prototipe Generasi Penerus Honda Civic

Resmi Dirilis, Begini Wujud Prototipe Generasi Penerus Honda Civic

Baru saja Honda menampilkan evolusi termutakhir salah satu sedan andalan mereka, Civic. Resmi dirilis via layanan live streaming Twitch (18/11). Tapi perlu diketahui, ia belum tampil sebagai model produksi melainkan baru sebatas prototipe. Meski begitu, setidaknya tetap dapat memberikan gambaran bagaimana line up Civic ketika nanti resmi mengaspal.

Secara garis besar, prototipe generasi ke-11 membawa desain evolusioner. Tampak tidak berbeda jauh dari model berjalan. Memang begitu acuannya, membawa esensi dari gen-10 yang berpostur serta memiliki pusat gravitasi rendah. Kemudian para desainer mengadaptasikan karakteristik desain “thin and ligt” berupa permukaan bonnet, fender depan dan garis horizon dekat ke tanah. Merendah untuk menekankan kesan sporty.

Pun walau sekilas tidak jauh dari versi eksis, tim desainer lakukan bermacam penyempurnaan fungsionalitas. Misal area rumah kaca didesain ulang untuk memaksimalkan visibilitas pengemudi dan penumpang. Termasuk memundurkan pilar A sekaligus merelokasi cabang spion ke panel pintu. Menyuguhkan area pandang lebih lapang terutama dari jendela samping.

Boleh dibilang detail guratan Civic jadi lebih elegan. Seolah naik kelas menyuarakan kesan mewah yang dewasa. Tampil sederhana meminimalisir lekuk garis tajam. Bahunya dipahat tegas memanjang dari depan ke belakang. Yep, fasad depan sang nameplate tertua pabrikan di generasi teranyar memberikan kesan simpel. Mengadopsi lampu yang sedikit lebih melotot berikut komposisi dahi dan alis terintegrasi bodi. Berikut pula ditemukan lekuk minimalis di berbagai sisi.

Baca juga: Deret Mobil Honda yang Sudah Facelift atau Berganti Generasi di Luaran Sana, Kapan Kita Kebagian?

Honda Civic Prototype

Pertahankan Unsur Sporty

Kendati begitu, esensi sporty dari Civic tidak luntur sama sekali. Misal di fasad depan tetap mejeng bukaan rongga besar di apron. Seperti disebut di awal, postur dekat ke tanah tentu identik dengan karakter nakal di atas aspal. Lebih menarik lagi ketika melirik buritan. Kap bagasi tampak mengenakan ducktail terintegrasi dengan perpaduan lampu tiduran. Terlihat manis kalau benar dieksekusi begini.

Rombakan besar pun terpancar jelas dalam kabin. Pendekatannya kembali ke desain orisinal model klasik dan disesuaikan interpretasi modern. Ada kesamaan aura simpel seperti para pendahulu sampai generasi keempat. Mengutamakan permukaan batang mendatar dan simetris. Penyesuaian desain terlaksana lewat aksen jaring honeycomb yang sekaligus menyembunyikan kisi AC.

Dikenalkan pula dasbor full digital untuk pertama kali dalam keluarga Civic. Adalah layar full digital untuk menampilkan instrumentasi. Sarana hiburan juga diganti ke model tablet 9 inci full-HD bertengger di atas dasbor. Bakal mengesankan.

Honda Civic Prototype interior

Fitur Keselamatan

Urusan fitur keselamatan, dikabarkan Civic membawa beberapa sistem perlindungan aktif dan pasif anyar. Akan disuntik perangkat teknologi asistensi berkendara Honda Sensing yang telah dikembangkan. Juga disebutkan bakal menganut desain airbag baru. Di samping kelengkapan tadi, ia dibekali kerangkeng struktur Advanced Compatibility Engineering (ACE) dengan penyempurnaan proteksi bagi penumpang dan pejalan kaki. Turut berkontribusi juga kepada kualitas berkendara.

Baru sebatas purwarupa sehingga bisa diekspektasikan ada setitik atau dua penyesuaian nantinya. Yang jelas keluarga Civic generasi terbaru dijadwalkan resmi meluncur akhir 2021 sebagai model 2022. Jenis bodi kupe dipastikan hilang dari line up sehingga menyisakan tipe sedan dan hatchback. Tapi urusan varian, tetap disediakan tiga basis performa yakni standar, Si, dan si buas Type R.

Entah seperti apa potensi memacunya sebab Honda belum membeberkan detail spesifikasi. Diekspektasikan tidak jauh dari unit kompak disokong pemadat udara. Seperti yang kita dapatkan saat ini, memanfaatkan unit 1,5 liter turbo untuk menghasilkan output 173 PS dibarengi torsi 220 Nm. Meski begitu, besar harapan kemampuannya digali lebih dalam lagi untuk seluruh varian. (Krm/Raju)

Baca juga: Honda Panen Penjualan di Jawa Tengah, Brio Masih Terlaris Nasional

Jelajahi Honda Civic

Honda Civic Rp 533 Juta Cicilan : Rp 12,16 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store