Prototipe Penerus Nissan 370Z Siap Mendebut September ini

Prototipe Penerus Nissan 370Z Siap Mendebut September ini

Nissan tampak betah dengan sportscar mereka. Entah itu karena dianggap cukup baik, terlupakan, alasan finansial, atau hal lainnya. Yang pasti keturunan terakhir keluarga Z (370Z atau Fairlady Z Z34 di Jepang) belum berganti generasi sejak mendebut 2008. Sampai masa kejayaan itu pudar, akhirnya penerus takhta sports car Nissan bersiap memperkenalkan diri.

Yep, 370Z memang memikat di awal ia berkenalan. Membawa citra dari Datsun 240Z yang kemudian terus berevolusi melewati 260Z, 280Z, 280ZX, 300ZX, dan 350Z. Suksesor dari kerajaan Z dengan bekal pemacu V6 VQ37VHR berkapasitas 3,7 liter sesuai nomenklatur. Sebuah opsi bertenaga di masanya, pun membawa desain kupe berhidung panjang nan cantik. Juga mencirikan kekentalan hubungan darah dengan sang nenek moyang.

Tak salah kalau menilai Nissan tampak begitu betah dengan line up sports car mereka. Diperas habis hingga tetes darah terakhir selama 12 tahun dan berujung busuk. Pamor menurun lantaran kompetitor ikuti perkembangan teknologi sementara Nissan terus berkutat dengan basis kecanggihan serta desain usang 2008. Tidak ada update besar-besaran untuknya.

teaser Nissan Z proto

Beruntung keturunan terakhir Z masih subur sehingga garis keturunan tidak putus di 370Z. Momen gembira bila mengidolakan pahlawan sports car Nissan. Seperti konfirmasi sebelumnya, penerus 370Z bakal mendebut tahun ini. Konon mengusung nama 400Z dan diawali oleh pengenalan Nissan Z Proto tengah September ini.

Memang diawali prototipe, tapi setidaknya ia bisa memberikan gambaran seberapa manis versi produksi. Bahkan banyak teaser dirilis, salah satunya dalam video Nissan Next – konfirmasi peluncuran 12 model anyar sampai 2021. Konon 400Z diracik tak jauh dari ramuan dasar 370Z. Evolusioner sebutannya, menganut bahasa desain grille V Motion dan floating roof.

Evolusioner atau revolusioner tak jadi masalah, yang penting tetap mencirikan DNA keluarga Z. Nuansa retro boleh jadi cukup kentara direkatkan kepada penerus. Dari berbagai teaser dapat dilihat siluet posisi kabin mundur ke belakang dan disudahi bonnet memanjang. Tak lain mengisyaratkan Datsun 240Z. Juga dari tarikan garis buritan, kemungkinan mengadopsi gaya lampu serupa si manis nan montok di era panas 90-an 300ZX.

Kendati begitu, monster di balik bonnet masih menjadi misteri. Konon bersembunyi unit pemacu V6 3,0 liter twin-turbo dari Infiniti Q60. Andai benar demikian, cocok dengan nomenklatur sebab sanggup menghasilkan tenaga sampai 400 hp dalam spek Red Sport 400. Torsinya tentu berlimpah, siapkan 475 Nm. Sebagian beranggapan 400Z bakal menghasilkan 400 hp dan Nismo punya kemampuan sampai 480 hp. Namun, beredar rumor berbeda bahwa Nismo hadirkan 400 hp sementara varian basic di bawah itu.

Transmisi manual

Urusan penyaluran daya, jika powertrain sesuai dugaan, sang kupe bakal kebagian girboks otomatis 7 percepatan. Di samping itu, telah dikonfirmasi juga eksistensi pilihan manual enam percepatan. Nah, kemungkinan besar menyalurkan ke roda belakang saja, tidak berstatus AWD seperti Q60.

Prototipe Nissan Z Proto bakal mendebut tepatnya 15 September 2020. Untuk model produksinya sendiri kemungkinan besar menampilkan diri akhir tahun. Di tengah ketidakpastian pandemi ini, Nissan 400Z diekspektasikan baru mengaspal sekitar 2021.

Melekat Logo Baru

Nissan lakukan perubahan pada logo mereka, seperti banyak langkah pabrikan lain di tahun ini. Transformasi diarahkan sehingga lebih simpel, mengaplikasikan gaya dua dimensi. Lingkaran utuh tidak lagi jadi latar tulisan San-serif. Melainkan dua garis melengkung di atas dan bawah disudahi ujung menekuk ke luar.

logo baru Z

Bagian lain dari transformasi identitas adalah lambang Z untuk sang sportscar ikonik mereka. Yep, bisa dipastikan mejeng di 400Z. Bentuknya terasa kembali ke masa lalu, gaya retro ditulis dalam huruf Serif. Wujudnya nyaris serupa emblem orisinal nenek moyang 240Z. (Krm/Tom)

Sumber: Motor1

Baca juga: Jika Menjadi Produk Massal, Nissan Magnite Turbo 1.0L Wajib Masuk Indonesia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store