• Wishlist

Nissan Ganti Logo, Termasuk Model Z Ikonik

Nissan Ganti Logo, Termasuk Model Z Ikonik

Tahun ini, diramaikan juga pabrikan otomotif yang berbondong-bondong mengganti logo. Sebelumnya VW dan BMW telah mengubah emblem kebanggaan mereka. Kemudian Kia juga siap mengubah identitas utama mereka. Terbaru, Nissan juga akan melakukan hal sama.

Kabarnya simbol baru sudah diregistrasi di beberapa negara, yakni Inggris, Peru, Uruguay, Chile dan Argentina. Nantinya ditransformasi menjadi lebih simpel dan bergaya dua dimensi. Tulisan San-serif tetap digunakan. Tapi tak akan dihiasi lingkaran utuh. Melainkan dua garis melengkung di atas dan bawah, dengan ujung menekuk dan lancip. Gayanya terasa minimalis, dan tidak setebal lambang sebelumnya.

nissan new logos

Perjalanan logo Nissan terbilang panjang, dan kisahnya pun menarik. Dimulai dari 1930-an, saat itu Nissan Motor Company melakukan ekspor Datsun. Ya, merek itu memang ditujukan untuk pasar ekspor, sementara Nissan hanya berkisar di domestic Jepang. Mereka pun membutuhkan emblem atraktif untuk ditunjukkan pada dunia. Munculnya simbol lingkaran merah dengan kotak biru dan tulisan Datsun. Sangat identik Jepang, sesuai julukan Negeri Matahari Terbit.

Baca Juga: Ada Logo Baru, Tanda Nissan Siapkan Penerus 370Z?

Namun, pada 1984 divisi Datsun dihentikan. Nissan pun mewarisi logo itu. Sampai akhirnya pada 1988, biru digantikan abu-abu, dan lingkaran merah berubah menjadi perak. Terjadi beberapa transformasi setelahnya, hingga pada akhir 1990-an, perusahaan diambil alih oleh perusahaan otomotif Prancis, Renault, terjadi pergantian simbol lebih tajam dan elegan. Lalu update terakhir terjadi pada 2012, dengan sedikit sentuhan gradasi pada kedua corak.

Logo nissan Z

Tampaknya, Nissan mengikuti langkah VW dan BMW dengan logo barunya. Kedua pabrikan asal Eropa itu kini pakai desain yang lebih sederhana. Diduga menjadi pertanda, bahwa Nissan bakal melakukan perubahan lineup pada masa depan, khususnya kendaraan elektrifikasi. Sebelumnya sudah pernah dipamerkan, lewat model konsep Ariya di Tokyo Motor Show 2019. Crossover elektrik itu mengusung teknologi otonom. Kabarnya, tengah diuji di Jepang, dan siap debut tahun depan.

Selain itu, logo Z yang mengacu pada model ikonik Nissan juga bakal diganti. Desainnya kembali ke gaya lama dengan Z yang ditulis dalam huruf Serif. Ini hampir mirip dengan emblem pada orisinal 240Z pada 1971. Tapi belum bisa dipastikan kapan bakal tersemat. Nissan sudah cukup lama tak menggantikan 370Z. Sebagai informasi, lini Z pertama kali dikenalkan pada 1969. Mobil sport itu telah berevolusi dalam berbagai model, seperti 240Z, 280Z, 300ZX, 350Z dan 370Z. Infonya, unit teranyarnya akan disebut 400Z dan mengusung mesin V6. (Hfd/Odi)

Sumber: Motor1

Baca Juga: Nissan Indonesia Siap Jual Mobil Listrik, Termasuk Kicks e-Power?