Penerus Nissan 370Z Mendebut 16 September

Penerus Nissan 370Z Mendebut 16 September

Strategi besar Nissan terus berjalan. Seperti pemberitahuan akhir Mei lalu, mereka sedang menyiapkan selusin produk baru. Memang belum semuanya langsung dipasarkan. Seperti halnya Nissan Ariya, salah satu model yang baru saja mendebut sebagai SUV listrik terbaru Nissan.

Bukan hanya jajaran mobil penumpang yang rencananya dirilis Nissan dalam setahun ke depan. Dalam video bertajuk Nissan Next: From A to Z, perhatian juga tertuju ke sebuah siluet coupe. Urutan terakhir dalam lini mengisyaratkan huruf Z. Jelas mengacu pada mobil sport Nissan Z-Car. Santer dikabarkan mengusung nama 400Z, dalam dua minggu ke depan bakal muncul batang hidungnya.

Nissan mengumumkan debut resmi pada 15 September. Lagi-lagi lewat video, menampilkan dulu sekelumit sejarah Z dan tentunya siluet teaser. Nama asli belum diungkap, hanya disebut Z Proto. Dapat dipastikan, benar ini adalah penerus 370Z yang tak kunjung tiba. Sedangkan Proto, mudah ditebak penyingkatan dari prototipe. Dengan kata lain, selangkah lebih dekat ke versi produksi kelak. Alias tidak berupa sketsa konsep yang masih rancu.

Tak banyak informasi diberikan dalam video berdurasi 58 detik. Cuma sekadar memberi tahu, Nissan Z kembali tak lama lagi. Sang pionir 240Z pun tampil beriringan bersama penerusnya hingga 350Z. Bayangan Z Proto pun muncul, tapi tidak sebanyak video awal. Jadi, belum bisa membayangkan wujud aslinya. Sorotan masih terpusat di lampu utama. Dua setengah lingkaran sekaligus gambaran logo anyar Nissan.

Baca Juga: Kesepakatan Kerja Baru, Nissan dan Indomobil Group Mesra Kembali

Nissan 370Z tidak tampak karena masih dijual hingga sekarang. Menjadikannya model tertua yang masih dipasarkan sejak pertama hadir 2009 silam. Butuh segera diganti, mengingat usia dan waktunya mencari pewaris mobil sport Nissan selain GT-R.

Belum bisa berbicara banyak soal teknis, namun kami percaya Nissan memegang teguh tradisi lama. Melihat sosok gelap Z Proto, terpancar format lawas mesin depan dan penggerak roda belakang (FR). Basis coupe bonnet panjang begitu mencirikan itu. Sesuai garis keturunannya selama ini, bakal makin keren lewat gaya retro-modern mirip 240Z dan 280ZX.

Nissan Z Proto TEASER

Profil mirip Toyota 86 dan Mazda MX-5 Miata. Tapi kemungkinan lebih dekat untuk melawan Toyota Supra. Tergantung kemampuan daya pacu sehebat apa nanti. Bila benar memakai nama 400Z, bisa mengacu penggunaan mesin. Enjin flagship keluarga Nissan saat ini mungkin dimanfaatkan. Tak lain VR30DTT V6 3,0-liter twin-turbo, tak lain adik dari VR38DETT milik Godzilla. Angka 400 mengarah pada output mesin. Ada unit VR30 dituning Infiniti Performance Line untuk Q60 Red Sport 400, memproduksi 400 hp. Cocok sekali.

Baca Juga: Nissan Magnite Concept Mendebut dengan Wajah Bernuansa Datsun

Nissan pernah mencoba memasangkan mesin ini ke dalam 370Z bertransmisi manual. Performa hasil uji lebih baik dibanding Infiniti Q60. Ekspektasi sprint 0-100 kpj di bawah 5 detik, pencapaian yang wajar. Diharapkan juga transmisi manual 6-speed tetap menjadi opsi standar selain opsi matik. Tentu akan jadi tamparan bagi Supra A90 yang tidak punya pilihan itu.

Auto Express sempat mewartakan, mobil ini tidak akan muncul sampai akhir 2022. Dikabarkan mengaspal untuk model tahun 2023. Munculnya pengumuman Nissan ternyata kontradiktif. Apalagi sudah berupa prototipe, diyakini masuk dalam rencana peluncuran 12 produk baru hingga akhir 2021. Patut dinanti perkembangannya, sembari menunggu foto mata-mata muncul. (Odi)

Sumber: Nissan, Motor, Carscoops, Auto Express

Baca Juga: Strategi Baru, Nissan Siap Luncurkan 12 Model Baru dan Fokus ke Elektrik

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store