Prestige Motorcars Boyong Sedan Termewah Toyota Century

Prestige Motorcars Boyong Sedan Termewah Toyota Century

Bukan Crown, sedan termewah yang dimiliki Toyota nyatanya adalah Century. Nama yang mungkin tak banyak diketahui. Wajar soalnya unit hanya dijual di negara asal, Jepang. Menjadikan mobil itu sangat eksklusif, mampu menggoda penggemar Toyota termasuk di Tanah Air. Ini pun mendorong importir umum Prestige Motorcars untuk memboyongnya.

Pertama kali debut pada 1967, sedan termewah merupakan bentuk perayaan ulang tahun ke-100 pendiri Group Toyota, Sakichi Toyoda. Pembuatannya tak dilakukan di pabrik massal Toyota. Melainkan di fasilitas yang menangani mobil-mobil khusus di Higashi-Fuji, Jepang, menggunakan tangan.

"Toyota Century merupakan implementasi komitmen kami untuk senantiasa menghadirkan aneka kendaraan terbaik bagi Indonesia. Desain dan konsep Century cukup khas dan berbeda dari supercar lainnya. Sebuah mobil Jepang cutting edge dengan style yang elegan; dan dilengkapi teknologi advance. Membuat Century memiliki nilai fungsionalitas tinggi. Prestige bangga bisa mendatangkan ke Indonesia," kata President Director Prestige Motorcars, Rudy Salim.

Toyota Century

Desain klasik terpancar kuat dengan banyak sudut mengotak. Aksen sama juga terselip pada bentuk grille besar dan lampu utama. Nuansa tak berbeda diimplementasi di belakang. Meski memang ada sedikit sentuhan modern. Terlihat dari lampu kombinasi yang menyatu dengan jembatan beraksen gelap. Gaya ini sangat mencerminkan tunggangan bagi kaum aristokrat. Dibuat dengan tangan, Century punya komponen menarik, yakni logo burung phoenix di wajah dan buritan. Ini dibuat dalam jangka waktu cukup lama sampai 6 minggu. Mengindikasikan betapa mewahnya sedan itu. Unit pun dibalut dalam beberapa pilihan warna, salah satunya Seika Radiant Silver Metallic. Cat ini lebih menarik lagi. Karena dilabur hingga tujuh kali, termasuk lapisan bening yang mengandung pewarna. Guna memberi kesan glossy.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Mengaspal Duluan di Jepang, Suguhkan Paket Aksesori Keren

Interior menjadi fokus, terutama area bangku belakang dengan konsep megah. Toyota menerapkan desain yang digunakan pada periode Heian. Era yang dikenal banyak menghasilkan karya seni, literatur dan puisi. Ruangnya dimaksimalkan sehingga sangat akomodatif. Jok individual dipisahkan armrest besar yang turut dilengkapi cup holder dan layar sentuh 7 inci. Berfungsi mengatur sistem audio, AC, pijatan pada jok dan tirai. Di hadapan penumpang belakang juga diperkuat sistem entertainment 11,6 inci yang terhubung ke 20 sepiker dan 12 channel amplifier.

Soal jantung mekanis, sangat bertenaga. Memanfaatkan teknologi hybrid. Enjin penenggak bensin berkonfigurasi V8 dengan kubikasi 5,0 liter. Berkode 2UR-FSE, secara independent dapat menghasilkan daya dorong hingga 381 PS di putaran 6.200 rpm. Torsi tercipta masif sebesar 510 Nm pada 4.000 rpm. Unit disokong motor listrik ber-output 224 PS dan momen puntir 300 Nm. Untuk menggerakkan dimanfaatkan baterai nickel-metal hydride. Total energi yang tersalur ke roda ketika dapur pacu konvensional dan dinamo bekerja mencapai 431 PS. Kombinasi ini tak hanya memastikan performa mumpuni, tapi juga efisiensi konsumsi bahan bakar terbaik. Berada di level 13,6 km per liter.

Interior Century

Untuk menunjang pengendalian dan perlindungan, sejumlah fitur dipasangkan. Century telah dilengkapi perangkat terbaru Toyota Safety Sense. Sebuah perpaduan gaya klasik dengan teknologi modern. Pertama ada Blind Spot Monitor yang mendeteksi datangnya kendaraan lain di jalur berdekatan. Kemudian Parking Support Alert, membantu proses parkir dengan membaca kondisi sekitar memakai sensor.

Lalu Sistem Lane Departure Alert (LDA) menggunakan buzzer peringatan. Untuk memperingatkan pengemudi ketika kendaraan menyimpang dari jalur. Fitur juga mencakup membantu kemudi sehingga mantap dikendalikan. Perjalanan lebih mudah bagi pengemudi karena diperkuat Radar Cruise Control. Melewati jalan gelap menggunakan lampu jauh juga tak merugikan pengemudi lain. Karena ditopang Adaptive High Beam System (AHS) yang mengontrol 24 lampu LED di tampang. Perlindungan aktif disokong Pre-Collision System (PCS), guna mencegah insiden tabrakan. Kenyamanan penumpang turut dioptimalkan, terutama dari kebisingan. Tingkat kekedapan Century sangat diperhatikan, bahkan ditambahkan sistem kontrol yang meminimalisir getaran dan noise saat mesin dihidupkan. Sementara suspensi mengandalkan udara yang punya fungsi adaptif.

Century

Lantas berapa harga jualnya? Sayang tak disebutkan Prestige Motorcars. Di Jepang sendiri Century dilego 19,6 juta yen atau setara Rp 2,8 miliaran. Kemungkinan ada kenaikan harga begitu melantai di Indonesia. Dan nominalnya tidak sedikit. Walau begitu, dikatakan sudah ada konsumen yang melakukan pemesanan. (Hfd/Tom)

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan New Toyota Yaris 2020 Dibanding Honda Jazz

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil