Porsche Siapkan Cayenne Bertenaga 639 HP, Saingi Urus dan Bentayga

Porsche Siapkan Cayenne Bertenaga 639 HP, Saingi Urus dan Bentayga

Coba simak spesifikasi Cayenne Turbo Turbo ini: Mesin twin-turbocharged and intercooled DOHC 32-valve V-8, aluminum block and heads, direct fuel injection. Kapasitas 3996 cc, tenaga 541 hp @ 6,000 rpm dan torsi 768 Nm @ 1,960 rpm. Angka-angka ini menjadikan Cayenne Turbo sebagai model paling kencang dan termahal di lini model SUV Porsche. Tapi rupanya pabrikan asal Stuttgart tersebut belum merasa cukup. Mengikuti persaingan di segmennya yang semakin kencang dan ganas, Porsche kabarnya sedang menyiapkan calon Cayenne terkencang. Tidak main-main, konon model baru ini akan dipakai untuk melawan Lamborghini Urus dan Bentley Bentayga Speed.

Bisa dibilang, dibuatnya varian tertinggi Cayenne ini praktis akan menciptakan perang saudara sendiri di dalam keluarga Volkswagen Group. Karena Porsche, Lamborghini dan Bentley adalah merek yang berada di bawah naungan Volkswagen. Bahkan beberapa modelnya memang juga berbagi platform di setiap kelasnya.

Dilansir oleh Autocar, target Cayenne Turbo versi lebih kencang jelas, adalah menandingi Lamborghini Urus dan Bentayga Speed sebagai SUV mewah berperforma ganas. Dan jadwal peluncurannya bahkan sudah dibocorkan, yaitu pada bulan Juni mendatang. Klaim Porsche, SUV ini akan menjadi Cayenne dengan mesin pembakaran paling buas yang pernah diproduksi.

Basis Cayenne Turbo yang menggendong mesin V8 4.0 liter turbo, kabarnya akan ditingkatkan outputnya sampai 639 hp. Belakangan ini bahkan sejumlah foto-foto telah beredar, yang menunjukkan bahwa Porsche sedang menguji mobil ini dengan basis Cayenne Turbo versi Coupe. Kemungkinan besar, format produk yang akan dibuat untuk Cayenne Turbo ini adalah seperti varian Competition atau CS pada model BMW M-Series.

Porsche Cayene Turbo Coupe

“Ada sejumlah keuntungan dalam memilih Coupe. Ini lebih ringan dan memiliki pusat gravitasi yang sedikit lebih rendah daripada SUV. Tujuan kami adalah untuk menghadirkan tidak hanya Cayenne yang paling kuat tetapi juga palign sporty hingga saat ini,” terang Rico Löscher, engineer yang in charge dalam pengembangan Cayenne baru, yang belum ada namanya.

Tidak hanya performa, Porsche juga akan memberikan opsi personalisasi alias bespoke untuk trim dari Cayenne Turbo lebih kencang ini. Mulai dari paket aerodinamika dengan material serat karbon, lalu perangkat aero aktif yang ditujukan untuk menghasilkan downforce lebih tinggi. Tidak hanya downforce, paket aerodinamika baru ini juga nantinya akan memberikan aliran udara lebih efisien untuk ruang mesin dan mendinginkan rem.

Beberapa foto spyshot yang telah beredar menunjukkan bahwa Cayenne Turbo rival dari Urus dan Bentayga Speed ini punya perbedaan penampilan di luar. Lip spoiler depan lebih menonjol layaknya splitter di mobil sport, disertai intake lebih besar. Kemudian roof spoiler juga dapat revisi dimensi lebih besar, sementara sayap belakang elektrik punya sudut lebih agresif di ujungnya. Tidak ketinggalan, diffuser juga lebih besar dan menonjol, yang di tengahnya menyembul dua pipa knalpot besar.

Baca juga: Porsche Taycan Turbo S 2020 Masuk Indonesia, Harga Mulai dari Rp 2,5 Miliar

Porsche Cayene Turbo Coupe

Kabarnya lagi, Cayenne varian teratas ini akan mengadopsi ragam komponen yang ditawarkan sebagai opsi Lightweight Sport pada Cayenne Turbo Coupe versi standar. Komponen yang dimaksud dalah satunya adalah panel atap karbon. Meski belum dipastikan benar, kemungkinan Porsche akan membuat bobotnya lebih ringan juga.

Detail modifikasi atau peningkatan spesifikasi teknis belum tersedia, namun Autocar menyebut bahwa Cayenne Turbo ini akan dapat knalpot titanium dan software baru pada sistem manajemen mesin. Revisi atau pembenahan juga akan diberikan pada transmisi otomatis 8-percepatan torque converter dan sistem all-wheel drive. Untuk kaki-kaki, suspensi udara akan punya ketinggian yang direndahkan, dengan optimalisasi handling dan kemudi.

Tidak hanya Urus dan Bentayga Speed, dengan platform yang seragam sebenarnya calon Cayenne Turbo yang lebih kencang ini juga akan melawan saudaranya yang lain, yaitu Audi RS Q8. Dengan eksistensi nama yang lebih lama dan waktu peluncuran yang lebih baru, tentu dimanfaatkan Porsche untuk membuat mobilnya satu ini lebih unggul dari para rival. (Why/Raju)

Sumber dan Foto: autocar

Baca juga: Perjalanan Porsche Boxster, Semula Hanya Jadi Show Car

Jelajahi Porsche Cayenne

  • Tampak Depan Bawah Porsche Cayenne
  • Tampak samping Cayenne
  • Tampak Depan Porsche Cayenne
  • Tampak belakang Cayenne
  • Tampak Grille Cayenne
  • Fog lamp depan Cayenne
  • Lampu depan Cayenne
  • lampu belakang Cayenne
Porsche Cayenne
Rp 3,43 - Rp 3,97 Milyar Cicilan : Rp 78,26 Juta

Model Mobil Porsche

  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne
  • Porsche Macan
    Porsche Macan
  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
Mobil Porsche

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Porsche Cayenne Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Porsche Cayenne

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang