• Wishlist

Porsche Cayenne Coupe Tantang BMW X6

Aslinya, coupe adalah jenis mobil dengan desain 2 pintu dan atap permanen menyambung hingga belakang. Dan kini, seperti wabah yang menjangkiti berbagai model mobil. Merasuki sedan, hatchback atau gaya atap coupe, sampai SUV. Sudah banyak pabrikan yang mengenalkan rancangan semacam ini. Tak kecuali Porsche lewat SUV terpopuler mereka, Cayenne.



Porsche Cayenne Coupe diposisikan sebagai keluarga baru dalam lini Cayenne. Revisi total pada buritannya, menghasilkan tampilan yang lebih atletis. “Garis atap yang lebih landai dibanding lurus saja membuat Cayenne Coupe terlihat semakin dinamis. Dan diposisikan sebagai model paling sporty di segmennya,” kata Michael Mauer, Vice President Style Porsche, melalui keterangan resmi. Kehadirannya menjawab tantangan SUV Coupe Jerman lain, seperti BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE Coupe.


Jika diperhatikan, ada benarnya juga. Setengah bodi ke depan persis model Cayenne standar. Namun atapnya mulai menukik ke belakang dan ditutup bokong ramping ciri khas coupe. Atap mulai melandai sejak pilar-A. Keseluruhan, lebih rendah 2 cm dibanding Cayenne biasa. Jadi, rombakan yang dilakukan terhitung banyak. Harus mendesain ulang lagi, termasuk pintu belakang dan garis bahu ke atas.


Buritan ditutup gaya coupe yang menyerupai Panamera Sport Turismo. Tapi lebih tegak dan pelat nomor berpindah ke bumper. Tujuannya untuk mendapat kesan lebih rendah ke aspal. Menandakan versi coupe ini lebih cocok melahap lintasan mulus.


Cayenne Coupe turut mengadopsi fitur adaptive roof spoiler, yang dilansir pertama kali oleh Cayenne Turbo. Kedua varian Cayenne Coupe dan Cayenne Turbo Coupe, dilengkapi roof spoiler dan adaptive rear spoiler sebagai bagian dari paket Porsche Active Aerodynamics (PAA). Spoiler mengembang 13,5 cm di atas kecepatan 90 km/jam untuk meningkatkan downforce.


 


Untuk pertama kalinya, lini Cayenne juga tersedia dengan pilihan atap serat karbon yang menjadi opsi khusus Coupe. Pilihan ini salah satu dari tiga paket pengurangan bobot. Antara lain paket Sport Design berupa pelek GT 22-inci, jok fabric, aksen Alcantara dan serat karbon di interior. Spesial untuk Cayenne Turbo Coupe, mendapat Sport Exhaust System.



Bentuk coupe biasanya mengorbankan kabin baris kedua. Ini juga terjadi pada Cayenne Coupe tapi penumpang masih diberi kenyamanan. Yaitu berupa jok individual, sehingga versi ini hanya bisa diduduki empat orang saja. Namanya saja coupe, sudah pasti untuk disetiri sendiri. Untuk apa membawa banyak-banyak penumpang. Namun bagi yang ingin kursi seperti Cayenne standar, disediakan tanpa perlu menambah biaya.


Hebatnya, ruang kepala penumpang belakang tidak terlalu dikorbankan atap rendah. Direndahkan 3 cm sehingga masih tersisi ruang banyak di atas kepala. Sementara luas kargo sebesar 623 liter dan membesar jadi 1.538 liter bila jok dilipat.


Mekanisme dapur pacu, transmisi dan lainnya sama seperti Cayenne. Cayenne Coupe paling dasar ditenagai mesin V6 3,0-liter turbo 335 hp dan torsi 450 Nm. Cayenne Turbo Coupe lebih beringas dengan mesin V8 4,0-liter twin-turbo yang menghasilkan 541 hp dan 769 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam secepat 3,7 detik dan kecepatan puncak 284,8 km/jam. (Odi/Van)


Sumber: Newspress


Baca Juga: Keren, Ini Dia Spesifikasi DFSK Glory 560

Jelajahi Porsche Cayenne

Porsche Cayenne Rp 3,43 - Rp 3,97 Milyar Cicilan : Rp 78,26 Juta

Bandingkan & Rekomendasi