• Wishlist

Porsche 718 Cayman T dan Boxster T, Tawarkan Kemurnian Berkendara

Porsche 718 Cayman T dan Boxster T, Tawarkan Kemurnian Berkendara

Porsche mulai menyebarkan varian T di lineup lain. Awalnya diperkenalkan oleh Porsche 911 Carrera T, lalu berlanjut ke Cayman dan Boxster seri 982 atau nama marketingnya Porsche 718. Huruf “T” bukan berarti “Turbo” seperti kebanyakan pabrikan menyematkannya. Maksud “T” dari Porsche adalah “Touring”, yang menekankan sensasi berkendara paling murni. Posisi varian T berada di tengah tipe standar dan S. Begitu pula karakter yang ingin ditawarkan, kompromi paling pas antara dua varian itu.

Singkatnya, Porsche Cayman T dan Boxster T merupakan kombinasi antara tipe standar dan S. Mesin menggunakan lini terendah. Sedangkan berbagai paket penunjang performa diambil dari Cayman S dan Boxster S. Jadi segalanya hanya soal impresi dan pengendalian. Porsche ingin menawarkan kedinamisan berkendara sesungguhnya. Jalanan penuh kelokan adalah tempat paling tepat untuk menikmatinya.

Tenaga mesin besar bukan suatu kebutuhan soal ini. Apa yang sudah diberikan oleh varian terendah sangatlah cukup. Semua lini Cayman/Boxster 718 telah mengadopsi mesin turbocharger. Untuk varian T, memakai mesin boxer flat-4 2,0-liter turbo yang mampu menghasilkan tenaga 300 PS (296 hp) dan torsi maksimum 380 Nm. Sudah cukup besar apalagi bukan diperuntukkan untuk adu sprint tercepat. Pilihan transmisi tersedia manual 6-speed dan PDK. Berkat rasio power-to-weight 4,5 (4,6) kg/PS, akselerasi 0-100 km/jam cukup 5,1 detik (manual) dan 4,7 detik (PDK). Sementara kecepatan puncak berhenti di 275 km/jam.

Porsche 718 T tawarkan banyak teknologi penunjang keasyikan ngebut di tikungan yang tidak ada di tipe standar. Seperti opsi Porsche Active Suspension Management (PASM) yang menurunkan ketinggian mobil hampir 2,5 cm lebih dekat ke aspal. Lalu ada Porsche Active Drivetrain Mounts (PADM) yang menjaga keseimbangan posisi bodi. Pun fungsi Launch Control serta Sport Response khusus untuk transmisi PDK.

Masih belum cukup, Porsche turut menambahkan dengan paket Sport Chrono. Isinya menawarkan mode berkendara Normal, Sport, Sport Plus dan model Individual. Ada juga differential belakang Porsche Torque Vectoring sebagai perlengkapan standar. Khusus transmisi manual, mengaplikasi perpindahan tuas pendek yang tentunya sangat mengasyikkan.

Tampilan luar tampak lebih agresif meski dibanding 718 Cayman/Boxster S sekalipun. Posturnya enak dipandang dari pemakaian pelek 20-inci berwarna titanium grey yang berpadu suspensi ceper berkat PASM. Emblem identitas dilabur warna agate grey semakin mempertegas kesan sport yang ingin ditonjolkan.

Porsche 718 Cayman T dan 718 Boxster T sudah dipasarkan di Jerman dengan banderol antara 63.047 euro (Rp 1,04 miliar) dan 65.070 euro (Rp 1,07 miliar). (Odi)

Baca Juga: Porsche Tingkatkan Performa Macan S Terbaru

Jelajahi Porsche 718

Porsche 718 Rp 1,5 - Rp 2,5 Milyar Cicilan : Rp 34,32 Juta

Bandingkan & Rekomendasi