Pilih Mana, Honda Mobilio Atau Wuling Confero?

Pilih Mana, Honda Mobilio Atau Wuling Confero?

Sejak pertama muncul di 2013, Honda Mobilio dua kali mendapat ubahan. Honda mengganti dashboard Mobilio di 2016 dan tampangnya di awal 2017 ini. Semua itu, dilakukan untuk membuat Mobilio tak kalah bersaing dengan kompetitor lainnya di segmen small Multi Purpose Vehicle (MPV).

Tapi di 2017, Mobilio mendapat dua pesaing baru, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Nama yang terakhir disebut, mobil Cina yang dirakit di Indonesia. Tak main-main, sebagai pendatang baru, Wuling Motors berani langsung mendirikan pabrik yang besar dan menyiapkan jaringan aftersales yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Apa saja keunggulan dan kekurangan Honda Mobilio dibanding pendatang barunya ini?

Mesin, Transmisi Dan Sistem Penggerak

Performa-Honda-Mobilio-RS-Wuling-Confero-S

Mobilio dan Wuling Confero sama-sama menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,5 liter. Walaupun begitu, ternyata mesin Mobilio menghasilkan performa yang lebih tinggi dibanding Confero. Mesin 1,5 liter 4-silinder Mobilio menghasilkan output tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm. Performanya melebihi mesin Confero yang bertenaga 108 PS ada 5.800 rpm dengan torsi puncak 142 Nm pada 3.800-4.400 rpm.

Selain memiliki mesin dengan performa yang lebih baik dibanding Confero, Mobilio juga menawarkan pilihan transmisi manual dan otomatis. Mobilio memakai pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis CVT (Continuous Variable Transmission). Confero saat ini baru tersedia dalam transmisi manual 5-speed saja.

Tapi Confero ternyata meniru langkah sukses Toyota Avanza yang menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD). Sistem gerak ini diklaim lebih kuat saat menanjak. Karena saat menanjak bagian belakang mobil memiliki grip yang lebih baik lantaran bobot kendaraan terdistribusi ke bagian belakang mobil. Honda Mobilio memakai sistem penggerak roda depan (FWD).

Rem Dan Fitur Keselamatan

FiturKeselamtan-Honda-Mobilio-RS-Wuling-Confero-S

 

Walaupun kalah performa, tapi Confero boleh berbangga hati karena dilengkapi fitur keselamatan dan keamanan yang cukup lengkap. Misalnya, Confero memakai rem jenis cakram baik untuk roda depan maupun belakang. Meski rem cuma ada di Wuling tipe tertinggi, setidaknya ini sudah lebih baik karena Mobilio RS (tipe tertinggi) sekalipun masih pakai rem tipe drum untuk roda belakangnya.

Rem Confero ini sudah berteknologi ABS (Anti-lock Brake System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Sebagai tambahan, ada kunci alarm dengan immobilizer, kursi ISOFIX, sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, sabuk pengaman hingga penumpang kursi baris ketiga hingga fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Untungnya, selain fitur TPMS, Mobilio dilengkapi seluruh sistem keselamatan yang dipunyai oleh Confero itu. Bahkan sistem keselamatan Mobilio RS didukung fitur Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Kelengkapan, Fitur Hiburan Dan Kenyamanan

Honda Mobilio VS Wuling Confero 3

Sistem hiburan keduanya mirip. Terdapat head unit layar sentuh yang dapat terkoneksi dengan Bluetooth, USB dan smartphone. Hanya bedanya, layar Confero lebih besar karena berukuran 8-inci sedangkan Mobilio hanya 6,8-inci. Keduanya dibekali tombol pengendali audio di lingkar kemudi.

Air Conditioner (AC) double blower menjadi kelengkapan standar Mobilio dan Confero. Uniknya, Mobilio punya tombol pengaturan AC dengan layar digital. Mobilio RS bahkan sudah ada fungsi automatic AC. Confero masih klasik, pakai tiga knob putar manual yang konvensional. Tapi Confero punya jam analog yang tertanam di dashboard di antara kedua lubang ventilasi AC bagian tengah. Pemilik Mobilio tak usah khawatir, kalau mau liat jam bisa liat digital clock yang lebih keren di layar sistem multimedia.

Tapi Confero punya cara lain untuk menarik konsumen, dengan menyediakan USB outlet untuk mengisi ulang baterai smartphone pada kursi baris kedua dan ketiga. Malahan untuk penumpang depan, Confero menyediakan dua USB outlet dan 1 outlet untuk car lighter. Ini yang tak dimiliki Mobilio.

Honda Mobilio VS Wuling Confero 2

Oh ya, Confero mengklaim kalau kursi baris ketiganya cukup lapang untuk diduduki 2 orang dewasa dan satu orang anak. Jadi Wuling menyebut Confero sebagai MPV 8-seater. Walaupun sebetulnya kursi baris ketiganya hanya menyediakan dua sandaran kepala saja. Untungnya anak yang duduk di bagian tengah kursi baris ketiganya tetap dibekali sabuk pengaman. Mobilio hanya menyediakan dua kursi dengan dua sabuk pengaman di kursi paling belakang.

Menariknya lagi, Confero menawarkan opsional captain seat pada kursi baris kedua. Jadi kapasitas angkutnya tetap 7-penumpang tapi memberi kenyamanan lebih pada penumpang di kursi baris keduanya. Fleksibilitas ini bukan hanya unggul dari Mobilio, tapi bahkan yang terbaik di kelasnya.

Harga

 

Sebagai pendatang baru, sepertinya Wuling Confero sadar dengan kapasitasnya. Itu sebabnya mobil ini dijual dengan harga yang paling murah dibanding para kompetitornya. Wuling Confero dijual mulai harga Rp 128,8 juta dan tipe tertingginya Rp 165,9 juta. Harga ini jauh lebih murah dari Honda Mobilio yang tipe terendahnya saja dijual Rp 189,5 juta. Sementara tipe termahalnya, Honda Mobilio RS CVT dijual Rp 243,5 juta.

Kesimpulan

DIMENSI-Honda-Mobilio-RS-Wuling-Confero-S

Singkat kata, Mobilio unggul dalam hal performa. Walaupun memakai sistem penggerak roda depan, tapi output tenaga Mobilio yang lebih baik dari Confero cukup dapat diandalkan. Fitur keselamatan dan keamanan, Mobilio unggul karena punya VSC dan HAS. Sedang Confero melengkapi fitur keselamatannya dengan rem cakram belakang, sensor parkir depan dan belakang, serta fitur TPMS untuk mengukur tekanan angin ban secara real time.

 

Untuk kelengkapan, fitur hiburan dan kenyamanan, Confero menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dibanding Mobilio atau bahkan dengan kompetitor lainnya di kelas small MPV. Ini karena Confero punya opsional captain seat dan outlet USB yang tersebar dari kursi baris depan hingga belakang.

Sulit memang menentukan siapa yang lebih layak dipilih. Tapi kalau biaya yang jadi perhatian utama Anda, Confero jelas menawarkan harga yang paling murah. Dengan catatan, produk ini masih harus dibuktikan durabilitasnya. Belum lagi ketersediaan suku cadang dan pelayanan purna jualnya. Tapi kalau Anda lebih suka berkendara dengan mobil bertransmisi otomatis, jelas Mobilio pilihannya. Karena Confero belum tersedia dalam transmisi otomatis.

Baca juga: Komparasi Toyota Avanza VS Wuling Confero

Komparasi Honda Mobilio vs Wuling Confero S

Honda Mobilio
  • Rp 197,6 - Rp 250 Juta
Wuling Confero S
  • Rp 165,8 - Rp 197,8 Juta
Mobilio vs Confero S

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Mobilio Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda Mobilio

Bandingkan & Rekomendasi