Peluncuran Lexus IS Batal Akibat COVID-19

Peluncuran Lexus IS Batal Akibat COVID-19

Hari ini (11/6), Lexus IS seharusnya meluncur agar bisa menyaingi BMW Seri 3 dan Mercedes C-Class. Namun kehadiran mobil tersebut harus mundur. Penyebabnya tak lain karena situasi pandemi COVID-19.

Sebelumnya, telah diumumkan bahwa generasi baru Lexus IS akan meluncur pada pekan ini, tepatnya pada tanggal 10 Juni 2020. Namun setelah melihat kondisi global yang belum benar-benar membaik, Lexus secara mendadak mengumumkan penundaan peluncuran.

Sejauh ini tidak disebut lebih spesifik alasan penundaan kecuali terkait wabah yang disebabkan virus Corona. Namun kemungkinan lain disebabkan karena situasi global yang tengah dirundung unjuk rasa anti rasisme, yang berlangsung dua pekan terakhir.

“Mempertimbangkan situasi global belakangan ini, Lexus dengan hormat telah menunda peluncuran perdana dari IS baru, yang awalnya dijadwalkan jam 8:00 pagi waktu Jepang, 10 Juni. Penjadwalan ulang akan segera diumumkan,” tulis pernyataan resmi Lexus.

Lexus IS 2017

Terkait peluncuran IS terbaru, Lexus hanya baru merilis foto teaser mobil ini, hanya satu foto, dan menampikan bagian belakang. Gaya desain baru Lexus yang dipelopori oleh UX, dibawa ke IS terbaru, lewat strip LED lampu belakang.

Baca juga: Lexus Indonesia Pasarkan LM 350, Lebih Mewah dari Alphard

Menurut Autocar, Lexus tidak akan menjual IS untuk pasar Inggris, bahkan Eropa secara keseluruhan. Kemungkinan besar Lexus akan menjangkau pasar domestik Jepang dan Amerika Serikat dengan sedan yang dulu juga dikenal sebagai Toyota Altezza ini.

Hal ini berkaitan dengan tren pasar di Eropa, yang menunjukkan bahwa 80% penjualan lexus berasal dari model SUV. Bahkan model sedan yang lebih mahal, ES, berhasil ungguli angka penjualan IS di Inggris.

Prediksi Spesifikasi

Teaser yang Lexus sebar untuk IS terbaru memang sejauh ini hanya satu foto menampilkan sisi buritan mobil. Karena itu, tidak banyak informasi yang bisa diungkap. Namun ada sejumlah prediksi dan spekulasi soal bagaimana IS terbaru nanti.

Kabarnya, IS bakal dibekali mesin V8 5.0 liter sebagai salah satu opsinya. Masih belum jelas apakah dibekali dengan twin-turbo seperti yang dikembangkan pada mobil balap LC500. Kemungkinan besar mesin ini akan dipakai pada varain terkencang IS.

Lexus IS Facelift

Opsi lainnya adalah Lexus akan mempertahankan mesin yang lebih kecil untuk varian IS 200t. Varian ini ditenagai oleh mesin 2.0 liter twin-turbo intercooler yang dipadankan dengan transmisi otomatis 8-speed. Mesin ini menghasilkan tenaga 241 hp pada 5.800 rpm atau torsi 350 Nm pada 1.650 hingga 4.400 rpm.

Kabar lain menyebutkan IS akan tetap menggunakan chassis lama, belum akan memakai platfom baru TNGA-L. Soal mesin, ada juga yang menyebut kemungkinan dipasangnya mesin 3.5L V6 dari LS 500. Mesin ini menghasilkan tenaga 416 Hp dan 600 Nm torsi.

Melihat tren yang berlangsung saat ini, jangan lupakan juga kemungkinan powertrain hybrid akan tersedia juga pada IS terbaru nanti. (Why/Ano)

Sumber: Autocar, Paultan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store