jakarta-selatan

Pabrik Baja Bikin Pusing Pabrikan Mobil Jepang

  • Okt 12, 2017
  • 898 Dilihat

Pemerintah Jepang, kini tengah melakukan pengetatan terhadap industri. Setelah pabrik Nissan yang dinyatakan menyalahi prosedur, kali ini Kobe Steel yang diberikan teguran keras oleh Kementerian Ekonomi Industri dan Perdagangan Jepang (METI).


Produsen baja terbesar di Jepang itu, mengakui melakukan kecurangan dalam hal sertifikasi kualitas baja. Akibatnya, beberapa klien Kobe Steel jadi korban dan harus dipusingkan lantaran hal itu. Sekadar info, beberapa pabrikan mobil Jepang seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, Nissan, Mazda dan Subaru menggunakan baja yang dibuat Kobe Steel.


Hasil penemuan yang diumumkan METI, mengungkapkan, alumunium serta baja yang dibuat Kobe Steel tidak sesuai sertifikasi yang seharusnya. Meski tidak disebut secara jelas bagaimana kualitas yang dimaksud, namun para klien ini menganggap hal yang dilakukan Kobe Steel sangat merugikan mereka.




AS20171009001458_comm
Direksi Kobe Steel Meminta Maaf

"Saya dengan tulus meminta maaf karena menciptakan ketidakpercayaan dan mendapat perhatian di antara banyak orang. Saat ini, prioritas tertinggi kami, melakukan cek ulang produk yang sudah dikirim. Kami gunakan semua upaya yang diperlukan untuk melakukan pengecekan," papar Presiden dan CEO Kobe Steel, Hiroya Kawasaki.


Kawasaki menambahkan, setidaknya dibutuhkan waktu dua minggu untuk melakukan investigasi ini. "Akibat hal itu, kepercayaan kepada Kobe Steel jadi berkurang, bahkan menjadi nol," sesal Kawasaki.


Sementara baja yang dianggap tidak sesuai dengan kualifikasi ini diproduksi mulai September 2016 hingga Agustus 2017. Tidak hanya digunakan oleh pabrikan mobil asal Jepang, produsen mobil asal Amerika Serikat seperti Ford dan General Motors (GM) juga menggunakan komponen yang diproduksi Kobe Steel. Bahkan, ada juga produsen motor dan pesawat terbang yang menggunakan bahan baja serta alumunium dari Kobe Steel.


Belum diketahui, apakah dampak kecurangan yang dilakukan Kobe bisa menyebabkan ditariknya produk-produk yang menggunakan baja Kobe Steel. Namun bila harus melakukan penarikan atau recall, maka kasus seperti airbag buatan Takata dapat terulang kembali, dengan melibatkan jutaan mobil di seluruh dunia.


Toyota mengaku menggunakan bahan yang dibuat oleh Kobe Steel untuk komponen bagian pintu belakang. Honda menggunakan bahan buatan Kobe pada pintu serta beberapa bagian belakang mobil buatannya.


Subaru dan Mazda, mereka menggunakan bahan alumunium buatan Kobe Steel. Namun keduanya memberikan dan melakukan konfirmasi lebih lanjut bagian apa yang menggunakan bahan material Kobe Steel.


Baca Juga: Toyota, Perusahaan Paling Populer di Indonesia


Sumber: Reuters, Nikkei, Paultan, Asahi

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer