Nissan Magnite Versi Produksi Tertangkap Basah

Nissan Magnite Versi Produksi Tertangkap Basah

Tampaknya Nissan Magnite merupakan sebuah proyek lama yang sudah siap gol namun tertunda. Pasalnya, foto model produksi bocor ke publik selang beberapa hari dari rilis resmi versi konsep. Memang belum menggambarkan rancangan keseluruhan, tapi setidaknya dapat dipastikan realisasi tak jauh dari hasil rendering.

Bocoran foto baru sebatas menampilkan fasad depan. Kendati begitu, terpampang jelas garis keturunan Datsun, sama seperti Magnite Concept. Grille oktagon siluet berlian mendominasi paras, lalu ditempelkan ornamen kromium seperti wadah. Mungkin agar identitas desain V-Motion tetap eksis sebagaimana produk Nissan. Wajah Magnite kemudian disudahi permainan desain lampu menyerupai Kicks: memanjang hingga ke samping.

Spied leaked Nissan Magnite production spec

Ada beberapa titik penyesuaian dari konsep. Paling kentara adalah garis kap mesin, seolah menjadi jembatan antara headlamp, membuat permukaan kap mesin tidak sebersih draf awal. Cladding hitam eksis, hanya saja lekuk dan peralihan ke bumper mengalir lebih elegan ketimbang gahar. Tapi tidak mengurangi nuansa SUV karena di sisi terbawah melekat skid-plate pemanis.

Paparazzi kemungkinan besar menangkap Magnite trim menengah ke bawah. Ciri ini diketahui sebab komponen DRL LED berbentuk huruf L absen dan diganti elemen kromium. Juga pada rumah lampu depan tampak mengenakan proyektor biasa. Terlihat moderat tanpa eksotisme binar mata LED. Nah, jika draf Magnite mengenakan sepatu bertapak kasar, hal itu pun disesuaikan. Jelas terlihat ban untuk permukaan aspal mengisi ruang sepatbor. Tapi kalau bicara ukuran, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar kakinya.

Baca juga: Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina Kena Recall, Pompa Bensin Berpotensi Masalah

Sebatas itu saja yang bisa diinterpretasi, sementara sisanya masih berupa bayang-bayang. Belum diketahui seperti apa Magnite versi produksi jika dilihat dari samping atau belakang. Arah penyesuaian di fasad depan bisa menjadi acuan. Untuk itu, wajar bila berpikir Nissan sedikit menyederhanakan rencana awal. Misal set over fender tidak dibuat terlalu tebal, atau cladding dan sill plate di belakang tidak didesain segahar konsep. Toh sudah biasa bila model produksi kemudian agak melenceng dari konsep. 

Fitur Premium dan Pemacu Turbo

Urusan fitur, diketahui Nissan bakal bersikap royal dalam mempersenjatai Magnite. Ini jadi pembeda dengan merek Datsun sebelumnya, meski Magnite seperti pemain substitusi. Contoh layar infotainment touchscreen berukuran 8 inci, tersemat ragam fitur konektivitas. Bahkan ia diyakini mengadopsi kamera 360 derajat dan cruise control. Tak lazim ditemukan pada segmen crossover subkompak. Varian tertinggi pun bakal menyuguhkan penerangan hemat energi dari sumber LED, ditemani LED DRL.

Nissan Magnite design

Dua opsi powertrain dipastikan tersedia untuk dipilih konsumen. Paling menarik merupakan unit tiga silinder 1,0 liter turbo. Sanggup mengail tenaga hingga 96 PS, tersalur ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan atau CVT. Di samping itu, hadir juga mesin tiga silinder 1,0 liter naturally aspirated dengan output 73 PS/96 Nm. Bedanya, unit non-turbo dikawin girboks manual lima percepatan atau AMT.

Melansir Autocar India, Nissan Magnite mulai didagangkan di India Januari 2021. Perkiraannya bakal punya banderol terjangkau. Mulai dari 525 ribu Rupee atau sekitar Rp 104 jutaan. Urusan kompetitor, Magnite disebutkan bakal menyerang SUV kompak lain seperti Maruti Suzuki Vitara Brezza, Hyundai Venue, Tata Nexon, Mahindra XUV300, Ford EcoSport, serta para calon pemain baru seperti Kia Sonnet dan Renault Kiger. (Krm/Tom)

Sumber: Autocar India, Cardekho

Baca juga: Nissan Juke Turbo Menyapa Hong Kong, Tawarkan Personalisasi bagi Pelanggan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store