jakarta-selatan

Mitsubishi Triton Terbaru Meluncur, Mukanya Mirip Xpander

  • 09 Nov, 2018
  • 871 Kali Dilihat

Mitsubishi Triton/L200 terbaru meluncur di Bangkok, Thailand, hari ini (9/11). Hadirnya pembaruan dari kendaraan bak terbuka dengan kapabilitas off road ini sekaligus menandai 40 tahun kiprahnya di kancah otomotif. Uniknya, tampang Triton kini mirip dengan Xpander yang sedang mewabah penjualannya di segmen Low MPV.


Mitsubishi Triton Terbaru Meluncur, Pakai Muka Xpander


"Model baru ini mendapatkan peningkatan dari segi durabilitas, keandalan dan kenyamanan yang dikembangkan lebih dari 40 tahun sejak seri ini diperkenalkan. Kami sangat yakin bahwa new Triton akan menjawab kebutuhan yang diidamkan pelanggan kami di seluruh dunia," terangnya Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors seperti dilampirkan Liputan6, yang hadir langsung di Bangkok.


Triton terbaru tetap dipusatkan produksinya di pusat perakitan Laem Chabang Plant yang dioperasikan oleh Mitsubishi Motors (Thailand) Co. Ltd. (MMTh), produsen dan distributor produk MMC di Thailand. Thailand tentu jadi negara pertama yang menjualnya, disusul distribusi ke Asia Tenggara, Oceania, Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Amerika Latin, dengan total jangkauan 150 negara.


Dari keterangan resmi yang diedarkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) disebutkan bahwa Triton teranyar dikembangkan dengan konsep keseluruhan “Engineered Beyond Tough.” Konon, berbagai elemen pada Triton dimaksudkan untuk lebih kompetitif secara signifikan. Baik di desain yang lebih tangguh, sistem off road yang lebih canggih dan penyempurnaan di sektor keamanan dan fitur penunjang pengemudi.


Jika ditelaah, desain yang lebih tangguh mungkin memang akhirnya sesuai dengan selera pasar khususnya pencinta Mitsubishi. Terbukti desain fasad dengan konsep Dynamic Shield yang digunakan Xpander memang membuat banyak khalayak jatuh cinta. Kenapa tidak mengulangnya pada kendaraan yang benar-benar tangguh, seperti Triton.


Karena ini merupakan New Triton, pantas jika disebut facelift alias ubahannya hanya di sektor tampilan saja. Soalnya tak ada perubahan signifikan pada basis bodi maupun rangka. Demikian juga di sektor mesin yang sering diperhatikan oleh peminat kendaraan off road.



Meski demikian, Mitsubishi justru meningkatkan dengan signifikan sektor pengendalian sistem 4WD dari Triton. Melengkapi Super-Select 4WD yang sebelumnya sudah ada, kini saat dalam mode Off Road, Triton dimungkinkan untuk memilih antara pengaturan Gravel, Mud/Snow, Sand dan Rock (hanya pada mode 4LLc). Ketika digunakan, mode Off-road secara integral mengontrol tenaga mesin, transmisi dan pengereman untuk mengatur jumlah slip roda dan dengan demikian memaksimalkan performa di semua medan dan kemampuan ekstraksi di lumpur atau salju. Apakah fitur ini akan dibawa ke tanah air? Belum tentu. Toh jenis medan yang ada di Indonesia masih sangat terbatas untuk penggunaan mode off road sebanyak ini. Daripada beresiko meningkatkan harga jual Triton nantinya, biasanya fitur seperti ini akan terpangkas.


Harga Mitsubishi Triton terbaru belum dirilis. Pasar Thailand saja masih harus menunggu hingga pekan depan. Indonesia? Belum ada kabar lebih lanjut mengenai peluncuran di Nusantara. Namun harusnya tak lama lagi, soalnya Asean merupakan kawasan yang pertama memulai distribusi Triton sebelum akhirnya ke seluruh dunia. (Van)


Foto: Liputan6, MMKSI


Baca Juga: Konsumen Mitsubishi Xpander Mulai Beralih

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Mitsubishi T120SS

Lihat video terbaru Mitsubishi T120SS untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Mitsubishi Pilihan

  • Populer
  • Komparasi