MG Sekarang Punya Pesaing sekelas Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, Kenali Lebih Dekat

Resmi satu model SUV teranyar MG dipasarkan di India. Adalah MG Gloster, menduduki kasta tertinggi SUV pabrikan. Dibangun dari basis body-on-frame dengan panjang nyaris 5 meter, di Anak Benua ia bersinggungan langsung dengan Toyota Fortuner. Bahkan boleh dikata lebih hebat. Apa saja yang ditawarkan? Mari berkenalan lebih dekat.

Basis Maxus D90

Secara global, MG Gloster bukanlah produk yang benar-benar gres. Basisnya merupakan Maxus D90, sudah mengaspal sekitar tiga tahun. Ya, Maxus dan MG memang berada di bawah satu payung grup otomotif Tiongkok: SAIC. Wajar bila akhirnya satu jenis bodi dipasarkan dengan merek berbeda. Sebagai contoh lain adalah market Australia, melekat merek komersial LDV untuk model sejenis.

Terlepas dari itu, dari segi penampilan belum terlihat usang. Masih pantas bila mengenalkan diri sebagai produk teranyar. Terlihat elegan sekaligus rugged. Eksekusi cenderung sederhana tanpa terlalu banyak basa-basi kontur permukaan. Contoh di depan, grille oktagon nan besar mendominasi tanpa ada pahatan bumper monyong mendahului grille. Tak ketinggalan elemen peningkat rasa premium lewat trim silver di sekujur tubuh.

MG Gloster

Urusan suka atau tidak tentu kembali sesuai selera. Yang jelas dari segi dimensi, Gloster menjanjikan ruang kabin ekstra lapang. Tergambar dari hasil pengukuran luar 4.985 x 1.926 x 1.867 mm (PxLxT). Unggul di kelasnya. Fortuner saja mencatatkan 4.795 x 1.855 x 1.835 mm. Jelas jauh juga bila dibanding Pajero Sport. Ditambah lagi ia memiliki wheelbase panjang 2.950 mm.

Bergelimang Fitur

Pada tubuhnya yang gambot itu bersemayam ragam fitur masa kini. Dari sektor penerangan sudah pasti LED menjadi bagian ekspektasi. Melekat di depan sebagai pencahayaan utama dan DRL, berikut menngemban tugas penerangan lampu kombinasi belakang. Fungsionalitas ditingkatkan. Tersemat fitur auto leveling sebagai standar dan Steering Assist Cornering Lamp spesifik trim tertentu.

Tambahan nilai berkelas pada MG Gloster adalah panoramic sunroof. Suguhkan pencahayaan alami ke dalam kabin sekaligus meningkatkan gengsi penampilan. Kemudahan akses melalui fitur smart entry turut masuk daftar kelengkapan. Dilengkapi pula oleh komponen kick sensor bersama power backdoor. Kalau tidak bisa dibilang begitu komplet, setidaknya ia mengikuti perkembangan teknologi terkini.

MG Gloster

Masuk kabin, Gloster menawarkan nilai eksklusif lewat layout bangku enam penumpang (captain seat). Atau, mau memaksimalkan akomodasi tujuh penumpang juga tersedia trim tersendiri. Pasti dibikin mewah. MG bungkus bangku dengan material leatherette premium. Tak hanya itu, terdapat pengaturan elektris untuk kursi depan – 12 arah pengemudi dan 8 arah penumpang. Menariknya ada fungsi pemijat khusus sang pilot.

Urusan sarana hiburan, bertengger layar besar 12,3 inci di permukaan dasbor. Mendukung konektivitas gawai melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Terbaik di segmennya, telinga bakal dimanja oleh sound system 12 speaker pada trim tertinggi. Semua rasa menggugah dari interior dan kemampuan sarana hiburan dihiasi oleh ambient lighting 64 warna.

Safety lengkap plus kecanggihan ADAS (Advanced Driver Assistance System)

Pertama di pertarungan SUV ladder frame, Gloster bawa satu geng asisten berkendara canggih ADAS. Punya ragam fitur bantuan semi otonom. Misal Adaptive Cruise Control, menjaga kecepatan konstan sekaligus jarak dengan kendaraan di hadapan. Mitigasi risiko celaka dilakukan oleh Forward Collision Warning, memberikan peringatan kepada pengemudi jika berpotensi terjadi tabrakan. Kalau respons pengereman kurang mumpuni, Automatic Emergency Braking mengambil alih upaya menghela laju secara otomatis.

MG Gloster

Menariknya, di samping asisten selama perjalanan, untuk parkir juga ada petugasnya: Automatic Parking Assist. Berguna mempermudah manuver parkir paralel atau seri dengan kendali setir otomatis. Kecanggihan sistem keselamatan disudahi Blind Spot Detection dan Lane Departure Warning.

Hebat memang, dan tentunya punya dasar peranti keselamatan yang lengkap. Kantung udara bakal muncul dari hadapan dan samping penumpang depan serta curtain airbag melindungi area jendela. Lalu, garda keselamatan handling diisi oleh peralatan seperti Electronic Stability Program, Traction Control System, Hill Hold Control, dan Hill Descent Control. ABS+EBD+BA tak perlu ditanya.

Potensi Hebat Mesin Diesel Twin Turbo

Dorongan datang dari unit diesel 2.000 cc dengan settingan berbeda. Kasta tertinggi bakal disokong twin turbo demi ekstraksi output berlimpah. Total 218 PS dimuntahkan pada 4.000 rpm sementara torsi fantastis 480 Nm sudah mencapai klimaks sejak 1.500 rpm. Khusus mesin twin turbo, penyaluran terlaksana menuju empat roda melalui girboks otomatis delapan percepatan. Ada tujuh seleksi mode traksi offroad.

MG Gloster

Spek terendah kebagian turbo juga hanya saja berperan sendiri tanpa teman. Dibikin lebih loyo tapi tidak payah juga. Hadirkan tenaga 163 PS ketika rotasi mesin 4.000 rpm, diawali torsi puncak 375 Nm pada 1.500-2.400 rpm. Distribusi putaran berlangsung ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8 speed.

Harga

Lebih besar, canggih, dan punya kelengkapan komplet mungkin berekspektasi dibanderol tinggi. Terbagi atas empat varian, MG Gloster dibanderol mulai dari 28,98 – 35,38 lakh Rupee (setara Rp 582,6 – 711,3 jutaan). Ternyata ketika dibandingkan kompetitor, harga ini lumayan kompetitif mengingat segala keunggulan yang dibawa Gloster. Terutama di varian termahal. Sebagai perbandingan, kasta tertinggi Toyota Fortuner di sana saja diberi label 36,88 lakh Rupee, sekitar Rp 741,2 jutaan. (Krm/Tom)

Sumber: Cardekho

Baca juga: MG HS Versi Plug-in Hybrid Segera Mengaspal di Thailand

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store