MG Motor Indonesia Siapkan Kejutan di GIIAS, Peluncuran MG Gloster?

MG Motor Indonesia Siapkan Kejutan di GIIAS, Peluncuran MG Gloster?

MG Motor Indonesia tampaknya bakal semakin meramaikan pasar otomotif Indonesia di tahun ini. Setelah MG ZS dan HS, kemungkinan besar ada satu produk baru diluncurkan pada gelaran GIIAS 2020. Bisa dipastikan. Namun, seperti apa jenisnya?

Informasi kedatangan produk anyar dipaparkan oleh Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin. "Ke depan kita bicara yang paling dekat adalah autoshow, GIIAS. Ada apa di MG, atau apa yang akan dikeluarkan oleh MG? itu ada." Jelas Arief. "Akan ada satu hal baru yang akan kami berikan informasinya, atau kami luncurkan, di GIIAS 2020," imbuhnya.

Kendati begitu, belum ada lanjutan terkait modelnya. Bahkan masih tanda tanya, produk anyar berupa mobil atau bukan. Ia pun berkomentar singkat, ”nanti, tunggu di GIIAS.” Untuk sekadar menerka, sebenarnya ada satu model SUV sedang menanti tanggal main. Ialah Gloster yang tak lama lagi rilis di India. Secara dimensi tampak berusaha menyasar ring tinju SUV ladder frame sekelas Toyota Fortuner. Senjata utamanya? Set fitur canggih.

Panjang mencapai 5 meter

Baru-baru ini dipajang teaser video Gloster spek India. Ditampilkan beberapa titik terobosan teknologi dalam segmen SUV besar. Ambil contoh asistensi parkir otomatis dengan kemampuan mengendalikan, minimalnya, setir. Lalu, ada kemungkinan cruise control adaptif tambah kemampuan Gloster. Dan satu lagi menjadi sorotan adalah fitur pengereman aktif saat mendeteksi adanya risiko celaka. Di ranah SUV ladder frame, barang-barang seperti itu bisa dibilang baru ketika nanti kontestan MG resmi meluncur.

Pada dasarnya, Gloster merupakan rebadge dari Maxus D90. Sudah mengaspal kurang lebih dua tahun di Cina – juga tersedia di Australia dan market lain. Maxus sendiri kepunyaan raksasa grup otomotif SAIC, begitu pula MG. Dengan demikian, sah-sah saja bila jenama Inggris ini menjadi jalur pemasaran di beberapa regional.

Baca juga: Beli MG HS Tidak Perlu Inden dan Dibungkus Promo Menarik

Secara dimensi, Gloster bertubuh lebih besar dari kebanyakan produk sejenis. Tercatat panjang 5.005 mm, lebar 1.932 mm, dengan tinggi 1.875 mm. Sebagai perbandingan, Fortuner diukur 4.795 x 1.855 x 1.835 mm (PxLxT). Ukuran tubuh hingga 5 meter dikombinasikan jarak antarsumbu 2.950 mm menjanjikan kelapangan kabin.

Bagian wajah tampak menawan tanpa membuatnya terlalu berlebihan. Grille Octagonal mengisyaratkan bingkai delapan sudut pada lambang MG. Tidak jadi membuatnya ‘norak’ finishing metalik tak mengilap tampak mengisi permukaan grille. Guratan keseluruhan pun sederhana dan bersih. Apa adanya, subjektif memang namun cukup sedap dipandang.

SUV ladder frame baru MG Gloster

Waktu perdana meluncur di India Auto Expo 2020, MG belum menginformasikan detail terkait pemacu. Diekspektasikan ada dua opsi. Pilihan pertama adalah jantung bensin 2,0 liter turbo dengan ekstraksi tenaga 220 PS dibarengi momen puntir 365 Nm. Satu lagi merupakan unit diesel 2,0 liter. Konon bakal dibekali dua turbocharger agar kompetitif. Siapkan 220 PS disokong torsi puncak 480 Nm.

Output berlimpah kemudian tersalur ke roda lewat transmisi otomatis ZF 8 percepatan. Diyakini berlaku untuk dua pemacu tadi. Di market India pun diekspektasikan hadir pilihan dua model penggerak: RWD atau 4x4.

Di segi fitur, spek Cina terbilang sudah komplet. Contoh di eksterior menganut penerangan LED headlamp dan DRL dan tersemat panoramic sunroof. Begitu masuk kabin, automatic climate control 3 zona menyapa bersama instrument cluster dan sistem infotainment digital. Garda kemudahan pengaturan turut diisi oleh bangku elektris.

Fitur keselamatan tak kalah menarik. Alat kontrol stabilitas elektronik, Hill Hold Control, dan Hill Descent COntrol siap menjaga handling. Kamera 360 derajat eksis sebagai bantuan pemantau. Lalu, bila celaka tak terelakkan, penumpang akan dilindungi oleh airbag enam titik. Semua tadi baru sebatas ekspektasi. Nantinya bisa jadi ada penyesuaian ketika meluncur di India. Juga dapat diekspektasikan penyesuaian lain jika ia benar merupakan kandidat baru MG di Indonesia. (Krm/Tom)

Baca juga: Mau Beli MG HS, Varian Mana yang Direkomendasikan?

Model Mobil MG