Mercedes-Benz Luncurkan A-Class Sedan dan GLA Rakitan Lokal, Harga Turun Hingga 10 Persen

Mercedes-Benz Luncurkan A-Class Sedan dan GLA Rakitan Lokal, Harga Turun Hingga 10 Persen

Mercedes-Benz Distributor Indonesia (MBDI) kenalkan dua mobil baru yang dirakit di dalam negeri. Yaitu New A-Class Sedan Progressive Line dan New GLA 200 AMG Line. Keduanya diluncurkan bersamaan dengan digelarnya Mercedes-Benz Star Drive 2021 di Senayan City, Jakarta, mulai hari ini 3 Juni 2021, sampai dengan akhir pekan.

Nah, menariknya, efek dari rakitan lokal, kedua unit itu mengalami penurunan harga sekira 8 hingga 10 persen. Masing-masing kini dijual Rp 751 juta dan Rp 761 juta off the road. Keduanya sudah bisa dipesan dan mulai dikirimkan ke konsumen pada Juli 2021.

Kedua mobil kompak itu sebetulnya sudah dirilis pada Oktober 2019 (A-Class Sedan) dan September 2020 (GLA 200 AMG Line). Mereka diluncurkan kembali dengan status baru yakni dirakit secara lokal di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Kehadirannya memperluas portfolio kendaraan premium rakitan Indonesia. Sebelumnya sudah ada C-Class dan S-Class di segmen sedan, GLC, GLE serta GLS di kelas SUV.

Dalam kegiatan Star Drive 2021, President Director MBDI Choi Duk Jun dengan bangga mengumumkan dua kendaraan kompak rakitan lokal dari Mercedes-Benz. "Dengan hadirnya New A-Class dan New GLA 200 AMG, kami terus berkomitmen untuk melayani serta memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia. Produk Mercedes Benz tetap dibuat dengan kualitas tinggi. Kemudahan lain tentunya dari segi harga yang lebih kompetitif,” katanya, Kamis (3/6).

Mercedes-Benz A-Class Sedan

A-Class Progressive Line

Sebagai varian entry level dari seluruh varian sedan Mercy, bekalan fiturnya tidak bisa dianggap remeh. Compact sedan alias sedan terkecil dari keluarga Mercedes ini punya kombinasi desain atraktif dan modern dengan teknologi canggih. Sebagian besar mobil ini masih relatif sama seperti versi CBU sebelumnya, kecuali desain velg 17 inci 5-twin spoke.

Mobil bernama lengkap A-Class Progressive Line ini memiliki tingkat keamanan tinggi berkat sistem bantuan mengemudi canggih seperti yang digunakan di S-Class, dan sistem infotainment intuitif dari MBUX (Mercedes-Benz User Experience). Dengan fitur unik artificial intelligence, sistem mampu mempelajari preferensi pengguna kendaraan. Sanggup menyesuaikan diri dengan pengguna. Lalu menciptakan hubungan emosional antara kendaraan, pengemudi dan penumpang.

A-Class dibekali Expanded Active Brake Assist sebagai standar. Pada situasi tertentu, sistem secara efektif membantu mengurangi kecepatan. Terdapat penginderaan pada objek bergerak lambat, berhenti, pejalan kaki yang menyebrang dan pengendara sepeda. Fungsinya sebagai pencegahan risiko kecelakaan. Kemudian ia dipasang fitur Driving Assistance Systems. Termasuk cruise control, Active Parking Assist dan kamera mundur.

Ia juga dilengkapi berbagai airbag. Misal untuk pengemudi dan penumpang depan, bantalan lutut pengemudi dan di jendela sebagai fitur standar. Kantong udara di jendela A-Class juga berfungsi menutupi pilar-A untuk perlindungan penumpang yang lebih maksimal.

Di entry-level, sedan ini sudah memiliki beragam fitur standar premium. Rangkaiannya berupa kursi depan mewah elektrik adjustable, dengan fungsi memori dan 4-way lumbar support. Ada pula pengatur suhu otomatis Thermotronic dan Advanced Sound System (sembilan speaker plus satu subwoofer dengan output 225 watt). Bagi penumpang, dimanjakan oleh sandaran kursi belakang lipat easy pack dengan split 40:20: 40 yang begitu praktis.

Mesin pun tetap dengan varian empat silinder 1.3 liter turbo, yang menghasilkan tenaga 163 hp dan torsi 250 Nm. Transmisi otomatis dual clutch 7G-DCT menjadi penghubung mesin dengan roda depan. Selain itu, sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) juga menjadi salah satu keunggulan yang tersedia pada A 200 Sedan Progressive Line.

Baca juga: Mercedes-Benz EQS Versi AMG Tengah Disiapkan, Gayanya Kemungkinan Tidak Banyak Beda

Mercedes-Benz GLA

GLA 200 AMG Line

Selain New A-Class, MBDI juga merilis New Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line rakitan Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Generasi kedua model crossover berbasis A-Class Hatchback ini diluncurkan di Indonesia pada September 2020 lalu bersamaan dengan GLB. Proporsi tampilan GLA menjadi lebih gagah dan tangguh dibandingkan A-Class, untuk kemampuan jelajahnya yang lebih fleksibel.

Dari segi tampilan, ia mengalami penyegaran. Tampilannya kini lebih sporty berkat penggunaan gril radiator khusus AMG dengan kontur bawah lebih lebar. Serta pelek AMG 19 inci dengan 5 twin spoke light allow wheels. Body cladding hitam mengelilingi body juga menjadi ciri khas GLA sebagai sebuah crossover, sebagai pelindung saat seandainya diajak melahap medan off road.

Untuk interior kini tempat duduk pengendara dapat disesuaikan secara elektrik dan memiliki fungsi memori. Ruang kaki bagian belakang lebih luas, meski GLA sekarang lebih penden satu setengah sentimeter. Sistem infotainment MBUX dengan layar 10,25 inci, Apple CarPlay dan Android Auto serta empat opsi mode mengemudi.

New GLA memberikan langkah lebih jauh dalam hal keselamatan berkat sistem bantuan mengemudi dengan dukungan pengemudi yang kooperatif. Perlengkapan standar seperti Driving Assistance Systems termasuk Active Brake Assist, Active Parking Assist, dan Attention Assist. Fitur perdananya ada Blind Spot Assist dengan exit warning function yang mengingatkan pengemudi saat ada kendaaraan lain mendekati.

Urusan jantung mekanis, keduanya masih bertahan dengan mesin 1.332 cc 4-silinder dengan tenaga 163 Hp pada 5.500 rpm dan torsi 250 Nm di putaran 4.000 rpm. Tenaga mesin disandingkan transmisi 7G-DCT ke roda depan.

Guna memberi layanan terbaik para pelanggannya, setiap pembelian sebuah unit baru diberikan fasilitas 5-year StarService. Mencakup layanan pemeliharaan kendaraan gratis selama 5 tahun dan garansi resmi Mercedes-Benz selama 3 tahun tanpa batasan jarak tempuh. Dimulai sejak hari pertama kendaraan Mercedes-Benz Anda terdaftar (tanggal Bukti Penyerahan Kendaraan Baru). (Bgx/Raju)

Baca juga: Mercedes-Benz S-Class Generasi Terkini Mendarat di Indonesia

Jelajahi Mercedes Benz GLA-Class

Model Mobil Mercedes Benz

  • Mercedes Benz CLS-Class
    Mercedes Benz CLS-Class
  • Mercedes Benz AMG GT
    Mercedes Benz AMG GT
  • Mercedes Benz G-Class
    Mercedes Benz G-Class
  • Mercedes Benz V-Class
    Mercedes Benz V-Class
  • Mercedes Benz A-Class
    Mercedes Benz A-Class
  • Mercedes Benz GLC-Class
    Mercedes Benz GLC-Class
  • Mercedes Benz GLA-Class
    Mercedes Benz GLA-Class
  • Mercedes Benz GLS-Class
    Mercedes Benz GLS-Class
  • Mercedes Benz S-Class
    Mercedes Benz S-Class
  • Mercedes Benz C-Class Sedan
    Mercedes Benz C-Class Sedan
  • Mercedes Benz E-Class
    Mercedes Benz E-Class
  • Mercedes Benz Vito
    Mercedes Benz Vito
  • Mercedes Benz GLB-Class
    Mercedes Benz GLB-Class
  • Mercedes Benz C-Class Coupe
    Mercedes Benz C-Class Coupe
  • Mercedes Benz AMG A35
    Mercedes Benz AMG A35
  • Mercedes Benz C-Class Cabriolet
    Mercedes Benz C-Class Cabriolet
  • Mercedes Benz CLA-Class
    Mercedes Benz CLA-Class
  • Mercedes Benz GLE-Class
    Mercedes Benz GLE-Class
  • Mercedes Benz Sprinter
    Mercedes Benz Sprinter
  • Mercedes Benz C-Class Estate
    Mercedes Benz C-Class Estate
  • Mercedes Benz A-Class Sedan
    Mercedes Benz A-Class Sedan
  • Mercedes Benz B-Class
    Mercedes Benz B-Class
Mobil Mercedes Benz

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mercedes Benz GLA-Class Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mercedes Benz GLA-Class

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang