Mazda BT-50 Dikenalkan, Pakai Platform dan Mesin Isuzu D-Max

Mazda BT-50 Dikenalkan, Pakai Platform dan Mesin Isuzu D-Max

BT-50 telah menjadi kebanggaan Mazda cukup lama di segmen pikap. Hadir pertama kali pada 2006, masih terus diperbarui walau bukan berasal dari rahim asli mereka. Tahun ini adalah momen perkenalan versi terbaru. Transformasinya signifikan. Lantaran tak hanya rupa dan fitur, platform yang dipakai juga berubah. Bukan lagi berpaku punya Ford, melainkan Isuzu. Basis yang juga bisa ditemukan di D-Max.

Gaya Bahasa desain khas Kodo-Soul of Motion tersirat di wajah. Terlihat dari aksen tajam, terutama pada mata. Grille masif dengan kisi horizontal bercelah besar terpampang. Dihiasi bingkai kromium membentang sepanjang lebar mobil. Bumper dengan sudut tegas menjadi rumah untuk foglamp vertikal di kedua ujung. Bila diperhatikan, seperti meminjam struktur rupa CX-9, yang kemudian dirombak sedikit. Sisinya tampak tangguh. Berkat penggunaan pelek 18 inci two-tone berpalang tebal yang sederhana. 

Mazda BT-50 2021 rear

Sebatas dikenalkan, belum diketahui varian dan fitur apa saja ditawarkan. Namun, secara dimensi, panjangnya 5.280 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.790 mm dengan jarak sumbu roda 3.125 mm. Berdasarkan keterangan media yang dirilis, kapasitas angkut bak untuk double cabin mencapai 1.065 kg. Kemampuan towingnya juga mumpuni, hingga 3.500 kg. Memaksimalkan kebutuhan konsumen untuk membawa barang berat maupun banyak.

Baca Juga: Detail Mazda CX-9 All-Wheel Drive, Mirip Varian 2WD dengan Sentuhan Ekstra

Jantung mekanis ikut diganti. Tak lagi menganut teknologi Ford. Ya sebelumnya BT-50 disuguhkan dalam dua versi mesin diesel. 2,2 liter yang mengeluarkan daya 150 PS dengan torsi 375 Nm, dan versi 3,2 liter bertenaga 200 PS dan momen puntir 470 Nm. Layaknya platform, dapur pacu Isuzu dibenamkan. Berkubikasi 3,0 liter yang menghasilkan 190 PS di putaran 3.600 rpm, dan 450 Nm sejak 1.600 sampai 2.600 rpm. Spesifikasi itu sama dengan mesin D-Max berkode 4JJ3-TCX.

2021 Mazda BT-50 interior

Meski tak diungkapkan detail, fitur canggih tetap ada. Teknologi keyless yang dipadukan start/stop button menempel di dasbor. Kemungkinan perangkat ini bakal ditemukan pada varian atas. Sisi hiburan ditopang head unit 9 inci berkonektivitas tinggi, termasuk Apple CarPlay. Di bawahnya terpajang pengontrol AC model tombol dengan layar digital. Sudah ada fungsi Auto untuk mempermudah proses penyesuaian suhu kabin. Sementara di kemudi, berbaris banyak tombol. Sebelah kiri merupakan audio steering switch, dan kanan adalah pengatur cruise control.

Pengemudi juga disuguhkan panel instrumen masif. Perpaduan analog dengan multi information display digital. Segala informasi terkait kendaraan ditampilkan di situ. Untuk keselamatan, kantung udara diduga banyak. Bahkan ada yang tertanam dalam jok sebagai perlindungan samping.

Unit pikap anyar Mazda dipastikan mulai dipasarkan pada paruh kedua 2020 di Australia. Belum diketahui kapan negara lain menyusul. Mengingat BT-50 telah dijual di berbagai regional di seluruh dunia, yakni Oceania, Asean, Amerika Pusat dan Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Begitu pula harganya, masih belum dibuka sepenuhnya. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Mazda6 Generasi Terbaru Beralih ke Layout RWD dan Mesin Inline-6

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store