Makin Sporty, Ini Ubahan Teknis MINI John Cooper Works Clubman dan Countryman

Makin Sporty, Ini Ubahan Teknis MINI John Cooper Works Clubman dan Countryman
Gambar
Review Pengguna

Mini rilis model terkini John Cooper Works (JCW) untuk Clubman dan Countryman. Mendapat berbagai ubahan agar menyodorkan pengalaman berkendara berbeda. Karakter sport sudah pasti tujuan utama pada mobil seharga Rp 1,130 miliar (off the road) untuk Clubman dan Rp 1,170 miliar untuk Countryman. Lantas apa saja yang berubah? Berikut detailnya.

Mini JCW clubman

Mesin

John Cooper Works Clubman dan Countryman mengusung dapur pacu baru yang dirancang ulang. Berkonfigurasi 4 silinder, ia punya kubikasi 2,0 liter dan didukung TwinPower Turbo. Adapun ubahannya meliputi air intake yang kini vaporasinya semakin halus, sehingga pembakaran lebih bersih dan efisien. Tak hanya itu, turbocharger yang terintegrasi dalam exhaust manifold dengan katup pembuangan dioptimalkan.

Guna menyamai peningkatan tekanan, rasio kompresi diubah dari 10,2:1 menjadi 9,5:1. Hasilnya, output tenaga melonjak 32 persen menjadi 310 PS (306 hp). Menjadikan mesin paling bertenaga dalam sejarah MINI. Momen puntir pun turut naik 29 persen ke 450 Nm. Ini memastikan akselerasi lebih liar.

Baca Juga: Bermain di Pasar Niche, Siapa Saja Pesaing Mini Cooper Clubman?

Knalpot

Suara dikeluarkan knalpot JCW Clubman dan Countryman diklaim jauh lebih intensif. Sistem pembuangan kembar kini dengan tekanan balik gas buang menjadi lebih rendah. Dan ini memberi keuntungan dalam pengiriman daya spontan dari mesin.

Mini JCW countryman

Mekanis Penyalur Daya

Generasi anyar dari transmisi 8-speed menghubungkan mesin yang posisinya melintang. Kemiringan sumbu kemudi diperpanjang, sehingga mempengaruhi kontribusi putaran mesin yang lebih rendah ketika berkendara di gigi tinggi. Bukan cuma performa terkena dampaknya, konsumsi bahan bakar juga lebih hemat. Steptronic Sports 8-speed makin menawarkan keseruan berkendara, karena dilengkapi Launch Control. Tersedia pula kunci differensial terintegrasi yang dibantu sistem Dynamic Stability Control (DSC). Berfungsi membantu mobil mendapatkan traksi terbaik di berbagai kondisi jalan. Manuver tak hanya mudah, tapi juga semakin cekatan.

Sasis dan suspensi

Performa sporty disuguhkan turut didukung sasis baru. Terdapat penguatan struktur bodi dan koneksinya. Kedua model diberikan penyangga (strut) yang dikembangkan untuk kompartemen mesin. Ia menghubungkan kubah sprint strut kanan dan kiri. Sementara penopang ujung depan berupa arrow struts khusus, serta strut dome-bulkhead di bagian bawah.

Ini masih didukung sistem suspensi yang disetel ulang. Hasilnya karakter gesit didapat ketika bermanuver. Keseluruhan performa juga didukung penggunaan sasis baru. New MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman dilengkapi sasis adaptif dengan damper yang dikontrol secara otomatis.

Pengereman

Rem cakram fix caliper diimplementasikan dengan konfigurasi 4-piston pada roda belakang. Ia memastikan kekuatan penghelaan laju, bahkan dalam kondisi ekstrem. Berpadu disk besar 360 x 30 mm di depan dan 330 x 20 mm di belakang, keduanya dikombinasikan geometri saluran pendingin yang makin optimal. Bukan hanya mempercepat deselerasi, tapi turut berkontribusi dalam kemampuan manuver. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Penuh Aksen British, Mini Cooper Clubman 2020 Dipasarkan Rp 700 jutaan di Indonesia

Jelajahi MINI Clubman

MINI Clubman Rp 869 Juta - Rp 1,35 Milyar Cicilan : Rp 19,83 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store