jakarta-selatan

Lima Fakta Penting dari Suzuki SX-4 S-Cross Di GIIAS 2016

  • Agt 15, 2016
  • 8332 Dilihat

Tangerang: PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan secara resmi line up terbarunya SX4 S-Cross dalam pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) tanggal 11/8 kemarin. Strategi mendatangkan kembali keluarga SX4 ini rupanya dibekali dengan beberapa 'strong point' agar dapat bersaing di kelasnya. Ya, segmen Sport Utility Vehicle (SUV) memang akhir-akhir ini sedang naik daun dan SIS tidak mau melewatkan kesempatan ini.


Lalu apa saja yang termasuk ke fakta penting dibalik SX4 S-Cross? Berikut ulasannya.


Mesin Sama, Beda Performa Dibalik bonnet S-Cross, tertanam depot tenaga berkode M15A dengan kapasitas 1.5L DOHC VVT yang sanggup mengeluarkan daya maksimal 109 PS dan menyajikan momen puntir sebesar 138 Nm. Nah, jika diperhatikan kode tersebut serupa dengan suksesornya yang diniagakan oleh SIS sejak tahun 2007 silam. Hal ini pun diakui oleh pihak Suzuki Indonesia.



“Mesin SX4 yang lama dan yang baru memang sama-sama berkode M15A, tetapi yang sekarang sudah naik tenaganya 9 daya kuda. Perubahannya terdapat pada piston displacementnya, lebih besar dan membuat tenaga naik signifikan. Untuk bore and stroke tetap sama,” jelas Endang Johari selaku 4W Product Development SIS.


Bertugas sebagai pemindah daya, Suzuki membenamkan dua pilihan transmisi yakni manual 5-percepatan dan otomotis 6-percepatan dengan peranti paddle shift dibalik lingkar kemudi.


Dimensi Compact, Kabin Luas Angka dimensi yang tercatat oleh SX4 S-Cross ini lebih panjang 5 mm, lebih ramping 5 mm, atap lebih rendah 5 mm dan sumbu roda lebih singkat 10 mm dibandingkan rivalnya, HR-V. Akan tetapi, jarak putarnya hanya 5,2 meter. Artinya, kemampuan crossover ini saat bermanuver tergolong lincah di kelasnya.



Tak hanya radius putar, pasalnya ground clearance yang disajikan dalam kondisi dengan dan tanpa penumpang terbilang tinggi. Menurut data, jarak ketinggian bodi dari permukaan tanah yakni 190 mm ketika tanpa penumpang dan 170 mm saat dipenuhi penumpang.


Bagaimana dengan kabinnya? Meskipun dikategorikan compact, namun Suzuki merancang mobil ini dengan hip point dan head room yang lebih tinggi, sehingga interiornya lebih lapang.


Fitur Istimewa Disandingkan dengan mobil crossover lain, SIS telah mengintalasi beberapa fasilitas yang tergolong istimewa. Mulai dari fitur cruise control yang ditemukan di kolom kanan stir, “Cruise controlnya belum adaptive jadi bila kendaraan di depan melambat, kita harus menginjak rem untuk membatalkan fitur ini. Batasan kecepatan minimum untuk menggunakannya di 40 km/jam. Fitur ini terbilang jarang digunakan oleh Suzuki,” imbuh Harold Donnel.



Selain pengatur laju otomatis, ada auto rain sensor wiper yang membantu pengemudi untuk mengaktifkan pembasuh kaca saat hujan dan lampu utama yang didukung HID serta LED.


Produk Global, CBU dari India Crossover Suzuki terbaru ini merupakan produk global yang dikirimkan secara utuh dari India.“Mobil ini rakitan dari India dan dibawa dalam bentuk Completely Built-Up Unit (CBU). Dan SIS menjualnya di seluruh Indonesia. Selain di Indonesia secara global mobil ini berbasis di Hungaria untuk disebarkan ke negara Eropa dan India untuk negara di Asia dan kawasan Asia Pasifik,” jelas Harold.



Perbedaan model SX4 pasar Eropa dan yang ada dijual di Indonesia terdapat pada sistem penggeraknya yang AWD dan panoramic roof sedangkan di sini hanya berpenggerak roda depan (FWD) dan tanpa kaca diatas atap.


Varian dan Pilihan Warna Di Tanah Air, SIS meniagakan SX4 S-Cross dalam satu varian saja namun berbeda transmisi. Banderol harganya yakni Rp 246,9 Juta untuk manual dan Rp 259,9 Juta untuk versi otomatis. Perihal kelir bodi yang ditawarkan terdapat 4 pilihan yakni Urban Blue Pearl Met, Prima Artic White, Met Premium Silver 3 dan Granite Grey Met.


Baca Juga: Kumpulan crossover di GIIAS

Shares

Video Suzuki SX-4 S-Cross

Lihat video terbaru Suzuki SX-4 S-Cross untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer