Menengok Pembaruan Suzuki SX4 S-Cross Terbaru

Menengok Pembaruan Suzuki SX4 S-Cross Terbaru

Suzuki baru saja memperkenalkan produk terbaru All New S-Cross. Produk terbaru ini menawarkan pembaruan total dari SUV crossover Suzuki tersebut yang sayangnya saat ini ditujukan untuk pasar Eropa. S-Cross terbaru akan dibuat di pabrik Suzuki Magyar, Hungaria.

KEY TAKEAWAYS

  • Varian S-Cross

    MT dan AT
  • Harga SX4 S-Cross MT

    Rp 321.000.000
  • Harga SX4 S-Cross AT

    Rp 337.900.000
  • Lantas apa saja ubahannya yang membuat iri masyarakat di Indonesia? S-Cross menjadi salah satu nama yang dikaitkan dengan kemunculan produk crossover pertama kali. Hadir sejak 2013, SX4 S-Cross dikenal dengan desain SUV dan kenyamanannya. Pada produk terbaru ini Suzuki menawarkan desain konsep bertema Bold, Sophisticated dan Versatile untuk menjawab selera terbaru masyarakat Eropa.

    "All New S-Cross dikembangkan dengan keahlian dan pengalaman kami di kendaraan SUV. Di Eropa dengan pendekatan pada lingkungan, seluruh kendaraan penumpang kami menggunakan teknologi hybrid dan kami akan terus menambah lini kendaraan hybrid pada tahun-tahun mendatang," ucap Tohihiro Suzuki, Presiden Suzuki Motor Corp dalam keterangannya.

    Suzuki S-Cross

    Tampilan depannya kini berubah dengan penggunaan grille lebih besar, sentuhan warna piano black dengan headlamp yang menggunakan fitur LED tiga titik. Garis tebal di model lama hilang berganti dengan penempatan lampu dan kap mesin yang lebih tinggi untuk tampilan agresif SUV.

    Bagian belakangnya juga meletakkan posisi stop lamp dan bumper sedikit lebih tinggi yang bertujuan menghadirkan tampilan SUV yang tangguh. Bagian sampingnya, body moulding hadir untuk kesan kendaraan yang kuat.

    Bagian interiornya, Suzuki menggunakan desain tiga dimensi untuk memperkuat karakter SUV. Head unit layar sentuh berukuran 9 inci dapat terkoneksi dengan telepon genggam dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Selain itu terdapat fitur MID dan kamera untuk kenyamanan berkendara.

    Suzuki S-Cross

    Soal teknologi, S-Cross terbaru hadir dengan penggerak empat roda serta fitur AllGrip Select. Sebuah dial memungkinkan pengemudi untuk memilih mode berkendara sesuai dengan kondisi jalanan yang nantinya berpengaruh pada efisiensi bahan bakar dan mengoptimalisasi performa mesin.

    Sistem hybrid Suzuki dikenal dengan sebutan mild hybrid. S-Cross menggunakan abaterai 48 volt SHVS mild hybrid system yang membantu mesin berakselerasi dengan menambahkan motor torsi pada mesin. Manajemen baterai ini juga dapat terisi saat melakukan pengereman.

    Fitur keselamatan lain yang ada di S-Cross terbaru adalah kehadiran pengereman darurat otonom, traffic sign recognition, lande departure prevention serta fitur adaptif cruise control dengan sensor stop & go. Tambahan kenyamanan, S-Cross hadir dengan kamera 360 derajat untuk kemudahan parkir serta rear cross traffic alert yang memudahkan keluar dari area parking dengan aman.

    Baca juga: Daftar LCGC yang Pasti Dapat Diskon PPnBM 100 Persen Sampai Akhir Tahun

    Suzuki S-Cross

    Beberapa informasi lain yang hadir soal S-Cross ini, Suzuki menjanjikan kemudahan berkendara untuk perjalanan jauh. Mobil ini menawarkan tempat untuk lima orang penumpang dengan kapasitas bagasi sebesar 430 liter. Suzuki juga menawarkan S-Cross dengan panoramic sunroof untuk rasa lega di dalam interior.

    Soal dimensi, S-Cross terbaru memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.585 mm. Ukuran wheelbasenya sepanjang 2.600 mm. Soal mesin, S-Cross terbaru hadir dengan mesin 1.4L DITC yang menghasilkan tenaga sekitar 127 hp pada putaran 5.500 rpm dengan output motor listrik sebesar 13 hp serta torsi 235 Nm pada putaran 2000 sampai 3000 rpm serta tambahan torsi motor listrik sebesar 50 Nm.

    Sistem hybrid Suzuki ini menggabungkan mesin konvensional dengan sebuah Motor Generator Unit (MGU) dan transmisi Auto Gear Shift (AGS). Kombinasi teknologi ini diklaim Suzuki menawarkan konsumsi bahan bakar yang minim.

    Baca juga: Suzuki Karimun Wagon R Stop Produksi di Indonesia, Siapkan Model Elektrifikasi

    Suzuki S-Cross

    Dari paparan SX4 S-Cross terbaru di atas, jelas bikin iri calon konsumen di Indonesia. Model yang hadir saat ini jelas kalah jauh dibanding model terbaru. Harapannya fitur yang ditawarkan di atas tidak berkurang saat nantinya S-Cross terbaru ini diputuskan hadir di Indonesia. Saat ini S-Cross ditawarkan dengan banderol harga Rp 321 jutaan dan Rp 337 jutaan, semoga jika benar masuk ke Indonesia, hadir dengan fitur lengkap dan harga yang kompetitif.

    Langkah Suzuki Eropa ini sejalan dengan kabar terbaru Suzuki Indonesia yang ingin menghadirkan model hybrid di Tanah Air. Setelah pengumuman penghentian produksi Karimun Wagon R, Suzuki Indonesia tengah berencana menghadirkan model hybrid sebagai langkah ikut dalam tren elektrifikasi di Indonesia.

    "Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari beragam pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid," ucap Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

    Soal model apa yang akan mendapatkan sentuhan hybrid, belum ada bocoran. Namun berkaca dari beberapa produk hybrid yang sudah hadir di India seperti Ertiga, Ciaz, S-Cross, Baleno, XL6 serta Vitara Brezza, kemungkinan besar produk pertama adalah Ertiga. Ini karena beberapa tahun sebelumnya, Suzuki sempat memperlihatkan Ertiga Hybrid dalam pameran terbatas. Namun tidak menutup juga kemungkinan model lain yang akan dibawa terlebih dulu sesuai dengan strategi pemasaran Suzuki Indonesia. (Sta/Raju)

    Baca juga: Suzuki Siap Hadirkan Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau

    Jelajahi Suzuki SX4 S Cross

    Model Mobil Suzuki

    • Suzuki Ertiga
      Suzuki Ertiga
    • Suzuki XL7
      Suzuki XL7
    • Suzuki Jimny
      Suzuki Jimny
    • Suzuki Carry
      Suzuki Carry
    • Suzuki Baleno
      Suzuki Baleno
    • Suzuki Ignis
      Suzuki Ignis
    • Suzuki APV Luxury
      Suzuki APV Luxury
    • Suzuki APV Arena
      Suzuki APV Arena
    • Suzuki Karimun Wagon R GS
      Suzuki Karimun Wagon R GS
    • Suzuki Karimun Wagon R
      Suzuki Karimun Wagon R
    • Suzuki SX4 S Cross
      Suzuki SX4 S Cross
    Mobil Suzuki

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Suzuki Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Suzuki

    Bandingkan & Rekomendasi