jakarta-selatan

Suzuki SX4 S-Cross: Transformasi Crossover Pertama di Indonesia

  • Mar 17, 2017
  • 1573 Dilihat

Menarik, saat kami dengar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana memperkenalkan SX4 terbaru di Indonesia. Event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016 dimanfaatkan Suzuki untuk perkenalkan mobil yang diklaim jadi crossover pertama di Indonesia.


Disebut pertama, karena SX4 hadir lebih dulu, tepatnya pada 2007. Mobil ini mendahului mobil crossover lain layaknya Honda CR-V, Mitsubishi Outlander Sport, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva dan mobil crossover lain yang kini baru bermunculan seperti Honda HR-V dan Chevrolet Captiva.


Bila ditelisik dari sejarahnya, Suzuki SX4 pertama kali diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2006. Untuk lokasi produksi mobil ini berada di Magyar Suzuki di Esztergom, Hungaria, Jepang dan Manesar, India. Sementara PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendatangkan mobil SX4 secara utuh (Completely Built Up) dari Jepang dalam bentuk hatchback. Model ini merupakan pengganti Suzuki Aerio (hatchback) dan Neo Baleno I (sedan).



Setahun kemudian mobil ini dirakit secara terurai (Completely Knock Down) dengan peningkatan fitur seperti rem cakram pada keempat roda, audio terintegrasi dan lain-lain. Bersamaan dengan itu, dirakit pula versi sedan yang dinamakan Neo Baleno II dengan model dan fitur yang serupa dengan versi hatchback/crossover.


Karena penjualannya yang kurang baik, SX4 versi sedan dihentikan penjualannya. Sementara hingga 2012, model crossover SX4 telah 2 kali mengalami perubahan desain atau facelift. Nah, baru di 2016 Suzuki benar-benar melakukan perubahan total desain, fitur dan teknologi pada mobil yang kini dikenal SX4 S-Cross.


Ya, tampilan desain SX4 S-Cross menurut kami memang menarik dan lebih sedap dipandang dibanding model sebelumnya. Namun tak puas hanya melihat tampilannya, kami juga penasaran seperti apa fitur, kemampuan handling serta performa dari generasi kedua SX4 ini. Maka kami melakukan pengujian pada SX4 S-Cross bertransmisi matik untuk merasakan lebih jauh seperti apa menikmati berkendara menggunakan crossover pertama di Indonesia ini.



Desain


Seperti yang dikatakan tadi, tampilan generasi kedua SX4 S-Cross ini terbilang lebih menarik dibanding model sebelumnya. Secara dimensi mobil ini terbilang proporsional untuk sebuah mobil crossover dengan ground clearence mencapai 180 mm. Angka ini termasuk ideal untuk melintasi jalanan Indonesia yang terkadang konturnya tidak begitu sempurna.


Road test - Suzuki S-Cross (18)


Pada bagian depan Suzuki SX4 S-Cross di sisi kepala lampu terlihat mendominasi dengan ukuran yang terbilang besar. Di bagian dalamnya, sudah tersemat HID Projector heamlamp dengan LED sebagai penerangan utamanya. Selain itu, masih disematkan juga foglamp di bagian bawah penerangan utama yang dapat membantu bila Anda berkendara saat hujan atau kabut tebal.


Di bagian tengah desain grille tampak hadir dengan sporty serta dibubuhi lapisan krom. Selain itu, aura sporty juga terpancar berkat adanya front skid plate dengan aksen silver. Pada bagian sisi, khususnya untuk lampu sein, dibuat dengan desain yang aerodinamis dan juga ukuran velg berukuran 16 inci dengan warna silver. Di bagian atas juga sudah dilengkapi dengan roof rail.


Road test - Suzuki S-Cross (5)


Buritan mobil ini, dibubuhi empat sensor parkir yang dapat membantu Anda saat memarkir. Sensor parkirnya terbilang sensitif serta sudah terkoneksi dengan bagian MID. Lantas terdapat pula mount stop lamp, yang bisa memberikan informasi pada pengendara di belakang bila Anda melakukan pengereman. Kemudian rear upper spoiler yang dapat berfungsi untuk membantu sistem aerodinamika mobil ini.



Interior


Di kabin, mobil yang dapat ditumpangi hingga 5 orang ini terbilang lapang. Adanya beberapa fitur seperti front center armrest, utility console, adjustable rear seatback serta front door pocket dapat memanjakan pengendara maupun penumpang saat berkendara jarak jauh.


Road test - Suzuki S-Cross


Pada bagian hiburan, mobil ini dipusatkan pada layar sentuh berukuran 7 inci. Layar ini terbilang aktraktif dan memiliki beragam fitur serta terkoneksi dengan smartphone, Bluetooth Connention, Dual USB dan HDMI. Jadi dengan adanya koneksi antara head unit dan smartphone, Anda bisa menerima panggilan masuk di telepon genggam tanpa harus memegangnya.


Dari segi pengemudi bagian kursi juga terbilang nyaman, sudah didesain secara ergonomis yang mengikuti lekuk tubuh manusia. Terdapat juga pengaturan untuk tinggi, rendah, maju mundur bangku. Saat kami melakukan pengujian, dengan tinggi 178 cm, jok serta jarak pandang terbilang lapang sehingga memberikan pandangan yang luas saat mengemudi. Panel seperti rem tangan, pengaturan air conditioner (AC) juga terbilang mudah dijangkau.


Road test - Suzuki S-Cross (12)


Kemudi juga dapat diatur karena sudah dilengkapi teknologi tilt & telescopic steering. Untuk memberikan kenyamanan, Suzuki sudah menyematkan audio switch control yang berfungsi mengatur sistem hiburan pada head unit. Nilai tambah lain pada SX4 S-Cross yakni adanya paddle shift yang terbilang mudah kami kendalikan jika ingin mengubah sistem transmisi ke mode manual. Selain itu, terdapat juga cruise control.


Bagian kursi baris kedua juga terbilang lapang, Suzuki memberikan row armrest untuk menaruh minuman saat berkendara jarak jauh ataupun sekadar jadi tempat sandaran tangan. Untuk menampung penumpang dewasa hingga tiga orang, baris kedua Suzuki SX4 S-Cross juga terbilang nyaman, namun jika berkendara dengan jarak cukup jauh, dengan posisi tiga orang di belakang tampaknya terasa pegal juga.


Road test - Suzuki S-Cross (22)


Kapasitas bagasi belakang dapat menampung hingga 430 liter. Artinya, Anda bisa menaruh beragam barang bawaannya seperti sepeda lipat, koper dan juga beragam lain.



Fitur Keamanan dan Keselamatan


Puas menyelami bagian eksterior dan kabin dari Suzuki SX4 S-Cross, kali ini kami menelisik seperti apa fitur keamanan dan keselamatan pada mobil ini. Di atas kertas, fitur yang disajikan terbilang lengkap. Mobil ini sudah tersedia fitur ABS with EBS, ada juga Dual SRS airbag yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang depan jika terjadi benturan.


Road test - Suzuki S-Cross (11)


Selain itu, fitur keselamatan lain yang ada pada SX4 S-Cross ialah safety belt with pretentioner dan force limiter. Sementara untuk fitur keamanan, Suzuki sudah melengkapi dengan Immobilizer serta security alarm system. Menariknya, pada bagian handle pintu depan baik di sisi pengendara dan penumpang, terdapat tombol kecil yang berfungsi mengunci seluruh pintu mobil tanpa menggunakan remote yang ada pada anak kunci.



Performa


Untuk urusan dapur pacu, Suzuki SX4 S-Cross hadir dengan 4-silinder 1.491cc M15A berteknologi DOHC dan VVT dengan dikatakan Suzuki memiliki tenaga hingga 109 PS dan torsi 138 Nm. Lantas seperti apa ketika merasakan performa dan kemampuan dari mesin itu?


Road test - Suzuki S-Cross (23)


Harus kami akui, tenaga dan putaran yang dihasilkan mesin Suzuki SX4 S-Cross terbilang responsif. Saat dari diam hingga mobil melaju dalam putaran rendah sampai 3.000 rpm, mesin terbilang responsif sesuai dengan pijakan gas yang dilakukan. Perpindahan transmisi yang menggunakan jenis kopling torque conventer juga terbilang halus. Begitupun saat kami melaju dalam putaran tinggi hingga kecepatan 120 km/jam, putaran mesin masih terbilang halus.


Tidak puas hanya itu, kami menjajal kemampuan handling mobil dengan bobot kosong 1.165 kg itu. Untuk bermanuver di jalanan perkotaan yang terbilang padat, mobil ini termasuk enak untuk melaju di perkotaan meski memiliki dimensi panjang 4.300 mm dan lebar 1.765 mm.


Road test - Suzuki S-Cross (6)


Saat melaju di jalanan yang konturnya tidak rata, suspensi juga terasa halus, mobil ini menggunakan jenis MacPherson strut dengan per keong di bagian depan dan belakang Torsion beam juga dengan per keong.


Lantas seperti apa konsumsi bahan bakar jagoan Suzuki di kelas crossover seharga harga Rp 259.900.000 ini? Saat kami melakukan pengujian bahan bakar, untuk dalam kota konsumsi BBM Suzuki SX4 S-Cross mencapai 12,6 km/liter. Sementara untuk melaju di perjalanan luar kota, mobil ini bisa hingga 16,4 km/liter. Untuk bahan bakar yang kami gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Dalam menguji bahan bakar itu kami melihat dari average yang terdapat pada MID mobil ini.


Foto: Herry Mulyamin

Shares

Video SX-4 S-Cross

Lihat video terbaru Suzuki SX-4 S-Cross untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer