Lexus Sukses Besar

Jakarta: Pernahkah Anda bertanya-tanya sebenarnya mobil-mobil mahal itu laku atau tidak? Jawabannya adalah, Ya. Mobil-mobil itu memiliki pangsa pasar yang luas baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain. Salah satu yang patut diperhatikan di sini adalah Lexus yang sukses menjual 652.000 unit di seluruh dunia, tahun 2015 lalu.

Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya, terutama di beberapa pasar negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Lexus mencatat kenaikan terbesar di pasar Eropa yang mencapai 20 persen dibanding sebelumnya, dengan jumlah 64.000 unit. Sedangkan di pasar China, Lexus mengalami kenaikan penjualan sebesar 14 persen dengan 88.000 unit mobil.

Lexus RC

Suburnya jualan Lexus ini dipicu oleh hadirnya model baru seperti SUV Lexus NX, yang merupakan kendaraan SUV entry level dari Lexus, dan juga kehadiran coupe Lexus RC. Selain itu penyegaran desain pada ES, RX, dan LX juga berkontribusi terhadap kemajuan ini. Dari semuanya, model Lexus bertenaga hybrid menyumbangkan kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 23 persen dari total penjualan, atau 149.000 unit.

"2015 adalah tahun yang luar biasa bagi Lexus International,” kata Mark Templin, Executive Vice President Lexus. “Selain tambahan model baru di keluarga Lexus, kami juga mulai memperkenalkan Lexus Safety System plus, serta memulai produksi Lexus ES di Amerika Utara. Semua desain produk kami bergerak kearah yang lebih berani dan emosional. Kami berterima kasih kepada pelanggan Lexus yang telah membuat kami mengalami pertumbuhan penjualan selama empat tahun berturut-turut.”

Lexus ES

Memang, beberapa hal baru terjadi di Lexus. Seperti ES350 yang mulai diprodusi di pabrik Lexus di Georgetown, Kentucky, Amerika Serikat sepertinya banyak diminati pasar di negeri tersebut. Selain itu, mereka juga untuk pertama kalinya memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) di Uni Emirat Arab, setelah sebelumnya memiliki 17 dealer.

Di Indonesia, Lexus juga cukup sukses. Menurut data Gaikindo, anak perusahaan Toyota ini mencatatkan penjualan hingga 648 unit sepanjang tahun 2015, dengan kelas SUV menjadi yang paling dominan. Lexus NX200 menjadi yang paing laris dari semua line-up, dengan jumlah 331 unit. Urutan kedua ditempati oleh RX200 dengan angka 124 unit. Sedangkan flagship SUV Lexus LX570 tercatat terjual 87 unit.

Lexus RX