• Wishlist

Land Rover Siapkan Mobil Murah, Terinspirasi Bentuk Defender

Land Rover Siapkan Mobil Murah, Terinspirasi Bentuk Defender

Belum lama meluncurkan Defender anyar, Land Rover kembali menyiapkan model baru. Pabrikan asal Inggris itu, bahkan berencana menawarkan beragam produk dalam lima tahun mendatang. Model paling dekat peluncurannya dan paling menjadi sorotan versi entry-level yang terinspirasi dari Defender. Ini sudah lama jadi wacana pabrikan, berniat tawarkan mobil berbanderol lebih terjangkau.



Konon dibanderol mulai $ 33 ribu atau Rp 462 jutaan seperti ditulis autocar.co.uk (11/12). Dipercaya mobil lima pintu itu berkode L860 dan meluncur pada 2021. Seperti dikatakan sebelumnya, desain tubuhnya mengambil gaya Defender anyar, dan sedikit sentuhan model lama ikonik Land Rover. Namun, tak ada sudut kotak terlihat, layaknya model konsep DC100 yang dipamerkan pada 2011. Hal ini juga berlaku untuk interior. Tapi bila melihat harganya, kemungkinan ada fitur atau komponen direduksi.


Tak diketahui pula L860 masuk keluarga Land Rover mana. Sulit memasukkannya ke lini Defender, mengingat segmen itu punya banderol yang lebih tinggi. Sedang keluarga Discovery sudah disokong oleh model Discovery Sport. Dugaannya membawa label sendiri. Bisa jadi sederhana seperti Land Rover 80. Ini mereferensi jarak sumbu roda dari Series 1 lawas, yang secara posisi model berada di bawah badge New Defender.


Upaya memproduksi model terjangkau, jelas bukan usaha mudah. Land Rover harus menemukan strategi untuk mereduksi ongkos produksi. Salah satu caranya diperkirakan berasal dari penggunaan platform baru. Land Rover menyebutnya D10 dan dijuluki perusahaan induk, Tata sebagai Omega-Arc (Optimal Modular Efficient Global Advanced Architecture).


Platform itu sudah digunakan Tata Harrier yang meluncur awal 2019 lalu. Inilah versi modernisasi dari baja D8 Land Rover, yang juga digunakan pada Evoque dan Discovery Sport. Menariknya, basis itu juga bisa diselipkan sistem plug-in hybrid. Urusan jantung mekanis, opsi tiga silinder 1,5 liter Ingenium dengan turbocharged atau mild hybrid ditawarkan. Ia disandingkan bersama sistem penggerak roda depan (FWD). Opsi lebih bertenaga punya peluang diproduksi, dengan mesin empat silinder berpenggerak all-wheel drive (AWD).


Namun, Land Rover perlu berhati-hati bila menyajikan model berdapur pacu lebih mumpuni, karena bisa bersinggungan dengan pasar Discovery Sport. Dirinya pun dipastikan bersaing di segmen yang diisi oleh BMW X1 dan Audi Q3.



Guna menekan biaya produksi, L860 diproduksi di pabrik baru Land Rover di Slovakia. Bukan di negara asalnya. Di sini upah pekerjanya lebih rendah ketimbang di Inggris. Selain itu, juga dekat dengan suplier komponen dari Eropa Timur. Jika tak ada halangan, kita sudah bisa melihat bentuknya (spy shot) pada awal 2020.


Upaya menyajikan produk entry level, atas dorongan pasar. Bukan pertama kali pabrikan berusaha penetrasi pasar SUV kompak mainstream yang sangat ramai pemain. Diharapkan, dengan model baru nanti bisa lebih bersaing. Selain itu, dorongan regulasi untuk mereduksi emisi gas buang. Khususnya di Eropa yang kian ketat hingga 2025. 


Selain model murah, Land Rover berencana menambah lini Defender yang lebih mewah. Diperkirakan berbanderol mulai $ 100 ribu atau Rp 1,4 miliaran. Ia dipasarkan empat tahun lagi. Infonya, desain yang diusung lebih tajam dan sleek, serta ditenagai motor listrik sepenuhnya. Interior juga diklaim bakal supermewah, patut bersaing dengan Aston Martin DBX terbaru dan Bentley Bentayga. (Hfd/Tom)


Sumber: Autocar UK


Baca Juga: Land Rover Defender 2020 Mendebut, Modern Banget!