Oto
jakarta-selatan

Land Rover Defender Terbaru Meluncur Tahun Ini

  • 20 Apr, 2019
  • 2592 Kali Dilihat

Defender, punya nilai histori cukup tinggi. Ia merupakan mobil terlama yang bentuknya tak kunjung berubah, hingga produksinya dihentikan pada 2016. Teknologinya juga cenderung old-school. Namun, itulah yang membuat penggemarnya rela menggelontorkan banyak uang untuk memilikinya.



Kabar pembaruan Defender sudah lama tersiar. Untuk Anda yang menunggu-nunggu, kini mulai ada titik terang. Pihak Jaguar-Land Rover buka suara soal peluncuran Defender baru. “Defender diluncurkan September tahun ini. Tapi para konsumen, baru bisa mendapatkannya pada awal 2020. Mengenai lokasi peluncuran, mungkin dilaksanakan di Frankfurt (Jerman). Entah di sebuah pameran mobil atau bukan, kami sedang dalam proses menentukannya.” ucap Tim Krieger, General Manager Komunikasi dan Humas, Jaguar-Land Rover.


Sebelumnya, bocoran foto kendaraan 4x4 legendaris besutan Land Rover ini, semakin banyak bertebaran. Dari mulai pengetesan di Nurburgring hingga kini di Utah. Mengenai foto kolong mobil yang beredar di internet, Krieger pun turut berkomentar. "Ia sangat cekatan bisa memotret bagian kolong mobil. Saat itu kami sedang melakukan uji coba prototipe versi produksi di Moab, Utah (Amerika Serikat).”


Orang yang dimaksud adalah Laurens de Smet, seorang penggemar Defender. Dengan sangat jelas, foto itu menunjukkan konstruksi kaki-kaki Defender, yang serupa dengan Discovery generasi teranyar. Seperti suspensi belakang independen, anti-rollbar dan paling menarik suspensi udara. Ya, ini sebuah pembuktian atas pernyataan Land Rover, mengenai Defender yang “ramah” aspal, tanpa kehilangan kodratnya.



Satu per satu spesifikasinya mulai bisa ditebak. Tapi untuk mesin dan bentuknya, belum pernah bocor. Foto yang ada di internet, versi konsep atau hasil render seseorang. Setiap kedapatan di jalan, selalu terbungkus stiker kamuflase. Namun kontur bodinya tersimak jelas. Bagian belakang memiliki sudut mengotak, ditemani pintu bagasi yang sangat khas pendahulunya. Konfigurasi stoplamp juga terlihat menyerupai sang legenda penggaruk tanah.


Agak berbeda di depan, dalam bayangan kami aura Defender bakal hilang. Tak lagi mengotak tajam. Alurnya lebih menyerupai Discovery, SUV Land Rover yang memiliki tampang modern. Bukan hanya itu, beberapa foto cukup memberikan informasi, Defender hadir dengan pilihan Short-Wheelbase (90) dan Long Wheelbase (110).


Melihat versi konsep dan bocoran informasi tadi, rasanya Defender tampil menarik. Tapi dengan pembaruan secara menyeluruh, benarkah ia dapat mempertahankan tajinya? Karena bentuk dan rasa mengemudi tradisionallah yang menjadi alasan penggemarnya tergila-gila. Bagaimana menurut Anda? (Hel/Odi)


Sumber: Caradvice, Motor1


Baca Juga: Jaguar Land Rover Pastikan Discovery Mesin 2,0 Liter dan Evoque Terbaru Meluncur Tahun Ini

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi