Lamborghini Sian Roadster Langka Harganya Fantastis, Langsung Habis Dipesan

Lamborghini Sian Roadster Langka Harganya Fantastis, Langsung Habis Dipesan

Salah satu mobil super langka di era modern, Lamborghini Sian meluncur. Jumlahnya cuma 63 unit di antero dunia. Untuk menambah kelangkaan, 19 unit tambahan malah dibuat dengan atap terbuka (roadster). Varian inilah yang akhirnya diburu konglomerat di luar sana.

Konon harganya tak main-main. Meski tak ada nominal pasti yang disebut, atas dalih personalisasi material dan pajak di masing-masing negara, tak kurang Rp 50-70 miliar harus dikeluarkan tiap pembeli. Uang sebanyak itu, untuk menebus mobil yang tak punya selembar pun serat karbon atau bahkan kanvas untuk menutup atap terbukanya. Tapi biarlah, kami tak akan kaget jika pembeli nanti cukup angkuh untuk tak meninggalkan mobilnya di ruang terbuka. Atau bahkan terlalu malu untuk tidak menembus jalanan saat hujan.

Sian Roadster

Lantas bagaimana spesifikasinya? Tentu juga tak sembarang. Di atas Lamborghini Aventador yang kerap jadi senjata eksistensi prestisius kaum royal Tanah Air. Kapasitas mesin di buritan cuma 6,5 liter berkonfigurasi V12. Mirip dengan yang ada di tubuh Aventador, dengan sedikit peningkatan. Istimewanya, imbuhan sistem hybrid 48-Volt yang mendongkrak tenaga dari 784 hp menjadi 818 hp.

Imbuhannya memang sedikit, cuma 33 hp. Bahkan sumber tenaga yang dicangkok pada girboks ini, disebut memang bukan demi memberi performa pada kecepatan tinggi. Paling tidak, pemiliknya bisa merasakan keasyikkan khas mobil listrik saat parkir. Bergerak dalam senyap.

Baca juga: Lamborghini Luncurkan Huracan Evo Spyder RWD, Varian Anyar Berpenggerak Roda Belakang

Mendengar skema hybrid, tentu asumsi keberadaan baterai lithium sudah terbayang. Lamborghini tak mau ambil risiko memadatkan bobot hypercarnya demi bongkahan sel-sel kering baterai. Demi tujuan tersebut, komponen berupa superkapasitor ditempatkan. Konon peranti ini punya daya simpan dengan dimensi yang lebih kecil dan output yang lebih singkat ketimbang baterai. Pasokan listriknya pun tak membutuhkan soket untuk dicolok, melainkan cukup memanfaatkan energi deselerasi yang dipanen saat pengereman.

Lamborghini Sian Roadster body photo 3

Implikasi skema ini membuat performa Lamborghini Sian Roadster yang ketambahan beban 34 kg dari hybrid jadi tetap tangkas. 2,9 detik saja yang dibutuhkan untuk mencapai akselerasi 0-100 kpj dari kondisi diam. Demi pembatasan, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai pun sesuai dengan kebanyakan supercar, 349 kpj.

Desain Sian Roadster tentu lebih keren dari Lambo-lambo sebelumnya. Seperti yang sudah-sudah, para desainer dari Sant'Agata selalu punya garis menawan untuk membuat tiap mobil barunya tampil lebih kencang. Permainan garis tegas dan tekukkan tajam berupa sirip. Padu padan warna yang kontras, sukses membuat daya tarik yang kuat pada Sian Roadster.

Konon ada peranti aerodinamika tercanggih yang dipasangkan. Demi menjaga keefektifan antihambat angin di mobil tanpa atap, embusan pun diarahkan ke splitter depan. Melewati kap depan menusuk ke intake samping dan terbuang di spoiler belakang. Disebutkan juga, ada bilah ventilasi aktif yang bereaksi pada panas knalpot. Entah di mana komponen ini berada dalam proses menjaga suhu kendaraan secara efisien.

Sian Roadster

Tampilan buritan tampak lebih nyeleneh lagi. Bak mobil balap, ia punya sayap yang sangat lengkap dengan pengatur aerodinamika aktif. Kami suka pancaran lampu buritannya, seolah siap menjadi samar seiring Sian Roadster melesat jauh meninggalkan siapapun di belakangnya.

Oh ya, warna di gambar diidentifikasi dengan Biru Uranus. Nama yang sedikit aneh, namun bukan cuma kelir ini yang bisa dipilih oleh para juragan. Ada 19 warna wajib yang disediakan secara spesifik bagi mobil ini. Padu padannya adalah Oro Electrum sebagai penanda klasifikasi mobil listrik Lamborghini. Tertarik? Sayang sekali. Seluruh 19 unitnya sudah dibeli. (Van/Tom)

Sumber: Top Gear, Motor1

Baca juga: Empat Nama SUV Jadi-jadian yang Meramaikan Lansekap Mobil Tangguh

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil