9 Supercar Ini Gunakan Nama Tokoh, Diambil dari Pendiri Sampai Cucu

9 Supercar Ini Gunakan Nama Tokoh, Diambil dari Pendiri Sampai Cucu

Pemilihan nama mobil tentu ada arti dan makna yang terkandung di dalamnya. Ada yang melambangkan kekuatan, keindahan, dan sebagainya. Penggunaan nama hewan bukan hal yang aneh. Memilih nama tempat juga sering dilakukan. Demikian juga dengan penggunaan nama orang. Tapi tentunya tak semua nama bisa diambil atau digunakan.

Ada beberapa brand mobil yang menggunakan nama pembalap untuk produknya. Tujuannya sebagai bukti bahwa ada korelasi antara kendaraan tersebut dengan sang pembalap. Bahkan demi tujuan yang lebih mulia, yakni sebagai penghormatan. Tidak jarang pula, mobil-mobil yang menggunakan nama tokoh biasanya diproduksi secara terbatas agar menjaga ekslusifitasnya.

Berikut ini kami ulas beberapa supercar yang menggunakan nama tokoh berpengaruh di belakang nama produknya.

Ferrari Enzo 2002

1. Ferrari Enzo

Diluncurkan pada 2002, Ferrari Enzo langsung menjadi hypercar yang eksentrik. Dinamai dari sang pendiri Enzo Ferrari. Banyak pengamat otomotif setuju bahwa ini adalah mobil paling canggih yang dibuat oleh Ferrari. Pasalnya penerus dari F50 ini memiliki desain eksterior yang terinspirasi dari mobil Formula 1.

Ferrari Enzo bodi karbon fiber, menggendong mesin V12 6,5-liter yang dipasang di tengah mobil dan menggunakan rekayasa yang lebih rumit dari F40 maupun F50. Teknologi kontrol traksi, aerodinamika aktif serta rem karbon keramik sudah diaplikasikan pada Enzo. Lebih mengesankan lagi, penggunaan transmisi manual 6-percepatan yang mampu berpindah dalam 150 milidetik.

Ferrari Enzo hanya diproduksi 400 unit di seluruh dunia dalam rentang 2003-2005 dan tentu saja harganya sangat mahal. Hingga eksklusif dan ikoniknya mobil ini juga dimiliki oleh orang-orang terkenal di dunia, di antaranya adalah Floyd Mayweather Jr., vokalis grup Jamiroquai, Jay Kay dan aktor Hollywood, Nicolas Cage.

McLaren Senna 2018

2. Mclaren Senna

Fakta menarik nama Aryton Senna di mobil Mclaren karena Mclaren Automotive terlah memegang hak eksklusif atas nama keluarga Senna. Instituo Aryton Senna dan Mclaren bahkan sudah menandatangani perjanjian untuk tidak menggunakan nama Senna di perusahaan lain.

Hal tersebut dilakukan karena ingin memberikan penghormatan pada Senna yang memberikan gelar juara pada tim Formula 1 Mclaren di musim 1988 sampai 1993. Senna berhasil memenangkan 3 gelar juara, 35 kemenangan, serta segudang prestasi lain yang disumbangkan Aryton Senna bersama tim Formula 1 McLaren.

Mobil ini tampil pertama kali di Geneva Motor Show 2018. Mclaren Senna adalah mobil paling ekstrem yang legal untuk dikendarai di jalan raya. Desain eksterior yang sangat agresif dibuat untuk menghasilkan downforce saat mencapai kecepatan maksimal 335 km/jam. Mclaren Senna dibekali dengan mesin V8 4,0-liter yang menghasilkan tenaga 789 hp dan torsi maksimal 800 Nm.

Baca juga: Kini Diburu Kolektor Kelas Kakap, 5 Mobil Legendaris ini Lahir atas Rayuan Saudagar

GMA T50s Niki Lauda

3. GMA T50s Niki Lauda

Secara gamblang Gordon Murray mempersembahkan GMA T50S ini untuk mendiang sahabatnya Niki Lauda. Diproduksi secara terbatas 25 unit dengan banderol 3,1 Juta Poundsterling, mahakarya ini ditujukan untuk melahap trek balap. Anda akan merasakan kembali mesin V12 3,9-liter melengking dari belakang knalpotnya yang akan mengingatkan kita pada masa kejayaan Formula 1 di era Lauda.

Konfigurasinya hanya untuk satu penumpang dengan fitur-fitur pengaturan serupa dengan jet darat F1. Menggunakan Struktur serat karbon dan desain agresif pada eksteriornya, mobil ini mengutamakan aerodinamika dan downforce. Profesor Gordon Murray sendiri menyampaikan bahwa ini adalah hypercar dengan kemampuan balap yang mumpuni walau tak serumit mobil balap sesungguhnya.

Fakta lain pada GMA T50S Lauda ini adalah akan diukir nama tempat kemenenangan Niki Lauda sepanjang karirnya. Misal, model contoh ini mendapat ukiran nama Kyalami yang merupakan sirkuit di Afrika Selatan tempat Lauda menjuarai salah satu Grand Prix F1. Niki Lauda adalah pembalap Formula 1 Austria. Ia merupakan juara dunia 3 kali yaitu 1975, 1977, dan 1984. Ia juga menjadi satu-satunya pembalap yang juara di bawah bendera Ferrari dan McLaren.

Pagani Huayra BC

4. Pagani Hyuara BC

Mobil yang diproduksi fokus untuk digunakan di lintasan balap ini pertama kali diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2016. Inisial BC di belakang nama Pagani Hyuara ini adalah singatan dari Benny Caiola. Ia adalah kerabat baik Horacio Pagani sekaligus pembeli pertama mobil Pagani.

Sedikit penjelasan tentang Benny Caiola, ia juga dikenal sebagai pengusaha properti dan kolektor mobil mewah. Bahkan untuk menyandingi kehebatan sang kerabat, Pagani Hyuara BC ini dibekali tenaga 789 hp yang bersumber dari mesin V12 6,0-liter Twin-Turbocharged. Sedangkan torsi yang dihasilkan mencapai 1.100 Nm yang dialirkan melalui transmisi manual X-trac 7-percepatan.

Pagani Hyuara BC memiliki bobot kosong 1.218 kg dan memiliki power to weight ratio 1.62 kg per hp. Angka ini dicapai berkat penggunaan material serat karbon. Material serat karbon yang digunakan Pagani untuk mobil ini diklaim lebih ringan 50 persen tapi 20 persen lebih kuat dari karbon pada umumnya. Hyuara BC juga memiliki bumper depan dengan splitter dan winglet. Selain itu Hyuara BC juga melengkapi eksteriornya dengan side skirt, air diffuser di sepanjang bumper depan dan wing di bagian belakangnya. Intinya kendaraan ini memang siap balap dan mencengkram aspal sirkuit dengan performa maksimal.

Lamborghini Gallardo P550-2 Balboni

5. Lamborghini Gallardo P550-2 Balboni

Rasanya cukup unik menempatkan nama test driver pada model legendaris Lamborghini Gallardo. Namun inilah bentuk penghormatan untuk Valentino Balboni, pengemudi penguji yang bekerja di Lamborghini. Balboni bergabung dengan Lamborghini sejak 1968 hingga pensiun pada Oktober 2008. Ia direkrut langsung oleh sang pendiri, Ferrucio Lamborghini. Makanya namanya cukup harum di dalam perusahaan.

Lamborghini Gallardo Balboni merupakan yang pertama kali menggunakan penggerak roda belakang menggantikan Gallardo berpenggerak AWD. Lamborghini Gallardo Balboni dibekali dengan mesin V10 5,2-liter yang menghasilkan tenaga 552 hp dengan torsi maksimal 539 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan melalui transmisi manual atau otomatis 6-percepatan. Klaimnya menyebutkan edisi ini mampu berlari 320 km/jam. Sedangkan kemampuan sprit 0-100 km/jam dilakukan dalam 3,9 detik.

Lamborghini memproduksi secara terbatas sebanyak 250 unit dengan banderol US$ 289 ribu sekitar Rp 4,15 miliar. Jelas saat ini semua model tersebut sudah ludes dan pabrikan tidak memproduksi ulang.

Baca juga: Rekomendasi City Car di Bawah Rp 200 juta, Mana yang Paling Sesuai Kebutuhan?

Lotus Elise Elisa Artioli di depan Lotus Elise yang menggunakan namanya

6. Lotus Elise

Ketika Elise diluncurkan pada pertengahan 1990-an, pabrikan Inggris, Lotus, dimiliki oleh seorang pengusaha Italia bernama Romano Artioli. Ia juga yang memiliki brand Bugatti yang super mewah dan kencang itu. Tapi tahukah Anda kalau nama Elise merupakan nama cucu sang pemilik. Lengkapnya, Elisa Artioli. Saat peluncurannya di Frankfurt Motor Show 1995 si cucu bahkan belum genap lima tahun. Ia sempat terkenal dengan foto bersama sang mobil.

Sekarang sang bayi sudah beranjak dewasa dan masih mengendarai Lotus Elise keluaran 1997 di Italia. Lotus Elise 1997 saat itu ditenagai oleh mesin 4-silinder 1,8 Rover K-Series yang menghasilkan tenaga 179 hp. Tenaga tersebut dialirkan ke roda belakang dengan transmisi manual 5-percepatan. Ia diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal di angka 240 km/jam.

Sayangnya, pada 2021 ini Lotus mengumumkan akan menghentikan produksi Elise bersama dengan Exige dan Evora. Mereka akan digantikan dengan model lain yang benar-benar baru.

Koenigsegg Jesko

7. Koenigsegg Jesko

Saat memulai bisnis otomotif, Christian von Koenigsegg baru berusia 22 tahun dan menggunakan nama keluarganya sebagai brand. Christian memberikan penghargaan pada ayahnya dengan meluncurkan Koenigsegg Jesko. Sang ayah, Jesko begitu berarti bagi bisnis Koenigsegg dan dianggap sebagai inspirasinya. Oleh karena itu, nama sang ayah dianggap pantas untuk disandingkan di sebuah hypercarnya.

Ada unik soal mobil ini, Christian pernah menginstruksikan tim PR untuk membuat rilis palsu demi menutupi kehadiran kendaraan ini. Namun terlanjur bocor, detailnya sudah diketahui banyak orang sebelum peluncurannya.

Koenigsegg Jesko dibekali dengan mesin V8 5.0-liter Twin Turbo yang menghasilkan tenaga 1.281 hp dan torsi maksimal yang mencapai 1500 Nm. Tenaga dan torsinya dialirkan ke roda belakang melalui transmisi LST 9-percepatan. Sayangnya ini adalah kendaraan super bertenega yang dibuat khusus lintasan balap saja secara terbatas hanya 125 unit. Saat peluncurannya di Geneva Motor Show 2019 produknya langsung terjual 40 unit. Setahun berselang, seluruh unit tersedia sudah ludes terjual ke seluruh dunia.

Baca juga: Mengenal 5 Keluarga Honda dengan Emblem RS, Satu Segera Dicoret

Mercedes-Benz SLR Mclaren Stirlling Moss

8. Mercedes-Benz SLR Mclaren Stirlling Moss

Mercedes-Benz dan Mclaren pernah membuat supercar tanpa kaca depan pada 2009 silam. Ya, benar Mercedes-Benz SLR Mclaren Stirlling Moss. Lengkapnya, Sir Striling Craufurd Moss OBE, pembalap Formula 1 asal Inggris. Ia memenangkan 212 dari 529 berbagai balapan yang ia diikuti. Dijuluki pembalap hebat yang tak pernah juara dunia. Selama karirnya di F1 pada 1955 dan 1961, ia menjadi runner-up sebanyak empat kali dan posisi ketiga sebanyak tiga kali.

Nah, Mercedes-Benz SLR McLaren ini, inspirasinya datang dari Mercedes-Benz 300SLR yang dikendarai Sir Stirlling saat memenangkan kejuaran Mille Miglia pada 1955. Mobil ini dirancang desainer Korea, Yoon Il-Hun, tak ada atap dan juga kaca depan. Sedangkan interior didesain Sarkis Benliyan dari Belanda.

Mobil ini dibekali mesin V8 5,4-liter Supercharged yang mampu menghasilkan tenaga 617 hp dengan torsi maksimal 780 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan melalui transmisi otomatis 5-percepatan. Disebutkan mampu mencapai kecepatan maksimal 350 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam bisa didapatkan dalam 3 detik. Hanya ada 75 unit di dunia. Sebagai informasi, saat memproduksi SLR Mclaren Stirlling Moss, Mercedes-Benz masih memiliki 40% saham Mclaren.

Ferrari Dino 246 GT

9. Ferrari Dino

Kalau supercar yang ini sangat sensasional dan cukup populer pada masanya. Ferrari Dino terinspirasi dari nama anak Enzo Ferrari, yaitu Alfredo Dino Ferrari. Mirisnya, nasib malang menimpa pewaris tahta pabrikan Maranello tersebut. Pada 1956, Dino meninggal dunia karena sakit di usia masih 24 tahun. Selang sepuluh tahun kemudian namanya diabadikan sebagai salah satu model legendaris Ferrari.

Ferrari Dino di desain oleh Aldo Brovarone dan Leonardo Fioravamti dari Pininfirina. Ia dibangun di rumah modifikasi terkemuka saat itu, Carrozzeria Scaglietti. Menggunakan mesin 2.0 liter 65 derajat V6 dengan dual overhead camshaft. Mesin ini menghasilkan tenaga 180 ps di 8000 rpm dan torsi 187 Nm di 6500 rpm. Dibuat dengan bodi alumunium ringan, suspensi independen, dan all around disc brake. Total ada 152 unit yang dibuat selama 1967 dan 1969.

Selain itu, Ferrari Dino hadir dalam versi lain yakni 246 GT dan 246 GTS. Model ini berbekal mesin V6 2.4-liter yang dipadukan ke transmisi manual 5-percepatan. Selama masa produksi antara tahun 1967 sampai 1974, model ini dibangun sebanyak 3.761 unit.

Pada masanya, Dino mendapat banyak penghargaan. Pada 2004 Sport Car International menempatkanya di peringkat 6 sebagai Top Sports Cars of the 1970s. Sedangkan Motor Trend Clasic menyebut 206 dan 246 dalam 10 besar Greatest Ferraris of all time. Tak salah jika hingga saat ini Ferrari Dino masih menjadi model paling ikonik dan terus gencar diburu kolektor mobil klasik berkelas. (Ndo/Raju)

Baca juga: 8 Pilihan Low MPV dengan Harga Pengurangan Pajak PPnBM 0 Persen

 

Alvando Noya

Alvando Noya

Pria lulusan IISIP Jakarta ini memulai karir sebagai wartawan otomotif di majalah Motor Trend Indonesia pada 2012 silam. Sempat menarik diri dari dunia jurnalistik selama beberapa tahun, kemudian pada 2021 akhirnya kembali dan bergabung bersama oto media group. Alvando Noya is a reporter for otomedia group with 8 years experienced as automotive journalist. He graduated from Institute of Social and Political Science Jakarta with a bachelor degree in Faculty of Communication Science. He started as an intern in one of national TV station in 2010. Prior to joining Oto Media Group, Alvando was working in Motor Trend Magazine and Carvaganza Magazine.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
  • Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
    Lebih dekat dengan GWM Haval Jolion HEV, Bakal Produksi di Indonesia
    15 Jul, 2024 .
  • Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
    Chery Tiggo 8 Jadi Opsi Lebih Murah, Berapa Harganya?
    15 Jul, 2024 .
  • BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
    BAIC X55 II, Lawan Baru HR-V & Almaz Cocoknya Harga Berapa?
    10 Jul, 2024 .
  • Mercedes-Benz EQE SUV, Mobil Listrik Premium Buat Offroad
    Mercedes-Benz EQE SUV, Mobil Listrik Premium Buat Offroad
    26 Jun, 2024 .
  • Aion Y Plus, Harga dan Fitur Senggol BYD Atto3 Hingga Omoda E5
    Aion Y Plus, Harga dan Fitur Senggol BYD Atto3 Hingga Omoda E5
    26 Jun, 2024 .
  • Resmi Dijual Mulai Rp249 Juta, Ini Plus Minus Chery Tiggo 5X Jajal Jakarta-Surabaya
    Resmi Dijual Mulai Rp249 Juta, Ini Plus Minus Chery Tiggo 5X Jajal Jakarta-Surabaya
    20 Jun, 2024 .
  • Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    13 Jun, 2024 .
  • NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    13 Jun, 2024 .
  • Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    13 Jun, 2024 .
  • Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    13 Jun, 2024 .
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Red Bull RB17 Akhirnya Unjuk Diri, Hypercar Buatan Adrian Newey Setara Performa F1
    Red Bull RB17 Akhirnya Unjuk Diri, Hypercar Buatan Adrian Newey Setara Performa F1
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • TGRI Kuasai Podium Setiap Kelas di Seri Ke-2 Kejurnas Slalom 2024
    TGRI Kuasai Podium Setiap Kelas di Seri Ke-2 Kejurnas Slalom 2024
    Wahyu Hariantono, Hari ini
  • Semester 1 2024, HR-V dan WR-V Jadi SUV Honda Favorit Konsumen Indonesia
    Semester 1 2024, HR-V dan WR-V Jadi SUV Honda Favorit Konsumen Indonesia
    Setyo Adi, Hari ini
  • Tepati Komitmen, VinFast Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Subang
    Tepati Komitmen, VinFast Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Subang
    Eka Zulkarnain H, Hari ini
  • Baru Start, Lotus Evija X Langsung Cium Tembok di Goodwood
    Baru Start, Lotus Evija X Langsung Cium Tembok di Goodwood
    Alvando Noya, Hari ini

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Kia Memperkenalkan Seltos Facelift 2024 dengan 2 Pilihan Mesin
    Kia Memperkenalkan Seltos Facelift 2024 dengan 2 Pilihan Mesin
    Setyo Adi, Hari ini
  • Bertemu Neta X, Calon Rival Hyundai Kona Electric
    Bertemu Neta X, Calon Rival Hyundai Kona Electric
    Wahyu Hariantono, Hari ini
  • Ditawarkan dalam 2 Varian, All New Hyundai Kona Electric Siap Meluncur di GIIAS 2024
    Ditawarkan dalam 2 Varian, All New Hyundai Kona Electric Siap Meluncur di GIIAS 2024
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • GAC Aion Menyiapkan ES untuk Mengisi Segmen Sedan Listrik
    GAC Aion Menyiapkan ES untuk Mengisi Segmen Sedan Listrik
    Alvando Noya, Hari ini
  • MG Memperkenalkan HS Generasi Terbaru
    MG Memperkenalkan HS Generasi Terbaru
    Setyo Adi, Hari ini
  • Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
    Habis Road Trip, Periksa Komponen Penting Mobil Ini
    Setyo Adi, 24 Jun, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Bangkit Jaya Putra, 07 Jun, 2024
  • First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    Anjar Leksana, 30 Mei, 2024
  • Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Anjar Leksana, 29 Mei, 2024
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Muhammad Hafid, 10 Jun, 2024
  • Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Setyo Adi, 27 Mei, 2024
  • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Setyo Adi, 22 Mei, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*