9 Kelebihan Lamborghini Urus yang Tak Barang Orang Tahu

9 Kelebihan Lamborghini Urus yang Tak Barang Orang Tahu

Badai pandemi Covid-19 memang belum usai, namun beberapa pabrikan mulai memperbaiki diri. Seperti Lamborghini sudah mencatat penjualan yang gemilang pada kuartal pertama 2021. Berdasarkan data yang dirilis oleh pabrikan asal Italia ini, mereka sudah berhasil menjual sebanyam 2.422 unit kendaraan mulai Januari sampai Maret 2021. Dengan penjualan tersebut, maka persentase penjualan Lamborghini mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020.

"Lamborghini terus menanggapi permintaan pasar yang kuat dengan daya tarik yang berkembang, meskipun tantangan dan ketidakpastian pasar yang sedang berlangsung," kata Presiden dan CEO Lamborghini, Stephan Winklemann, mengutip carscoops.

Sebagai salah satu pendompleng keberhasilan brand ini, SUV andalan mereka, Urus, berhasil menjadi kontributor terbesarnya. Menurut data yang mereka rilis, Lamborghini Urus berhasil terjual sebanyak 1.382 unit. Diikuti Lamborghini Huracan yang menyumbangkan sebanyak 753 unit, kemudian disusul oleh Aventador yang terjual sebanyak 287 unit pada kuartal pertama.

Lambogrhini Urus menjadi model yang banyak diminati. Pertama diperkanalkan pada 2018 dan masih eksis hingga kini. Ia dijual mulai US$ 218 ribu atau sekitar Rp 3 miliar di Eropa sana. Lamborghini Urus bahkan lebih mahal dibanding Bentley Bentayga, Aston Martin DBX, BMW X6 M dan Porsche Cayenne. Tapi yakinlah, selain lebih mahal Anda tak akan menemui kesan berkendara supercar khas mobil-mobil Lamborghini di SUV lainnya itu.

Bukan hanya itu, ada banyak hal dari Lamborghini Urus yang membuatnya begitu sangat diminati banyak konsumennya di seluruh dunia. Apalagi versi terbarunya untuk tahun 2021 yang mendapat sejumlah penyempurnaan. Apa saja itu?

Lamborghini Urus 2019

1. Pilihan Warna Baru

Lamborghini ditawarkan dalam paket Pearl Capsule yang menghadirkan beberapa pilihan warna baru yang ekstrim, seperti oranye, kuning dan hijau. Kalau pilih warna-warna ini, nanti warna interiornya pun akan dibuat senada. Sebagai tambahan, beberapa komponen eksteriornya seperti sayap belakang, diffuseer dicat hitam untuk memberi kesan sportif yang lebih kental. Warna mencolok yang juga ikut melekat pada tepian velg berdiameter 23 inci membuat mobil ini terlihat semakin menarik perhatian.

Selain warna-warna cerah tadi, Lamborghini juga tetap menawarkan pilihan warna metalik standar. Tetapi tentu saja, seperti layaknya Lamborghini lainnya, pilihan yang paling laris adalah warna abu-abu dan kuning.

2. Sound Sistem Menggetarkan

Sebagai mobil sport, uniknya Lamborghini ditawarkan dalam opsional paket audio premium, 17 speaker 730 watts yang dentumannya akan menghujam jantung. Memang tak banyak juga konsumen Lamborghini yang suka aksesoris semacam ini. Karena kalau saya sih, lebih suka membiarkan suara mesin V8 yang khas mengirigi perjalanan.

Baca juga: Lamborghini Essenza SCV12 dan Huracan STO jadi Bintang Panggung di Shanghai Auto Show

Lamborghini Urus 2019

3. Bisa Parkir Sendiri

Layaknya mobil-mobil mewah terbaru saat ini, Urus juga datang dengan sekelumit fitur bantuan berkendara. Semua itu tentunya didukug oleh kombinasi sensor dan kamera yang tersebar di sekujur tubuh SUV berotot ini. Tambahan paling esensial untuk model tahun 2021 adalah fitur Intelligent Park Assist. Fitur ini tak hanya membantu, tapi juga memarkir kendaraan secara otomatis untuk pengemudinya. Ya, Urus bisa melakukan parkir paralel maupun seri di lahan parkir dengan cara mengatur kemudi, gas dan rem secara independen.

4. Kabin lapang dan praktis

Sebagai satu-satunya SUV Lamborghini, tentu saja Urus memiliki ruang kabin yang paling lega. Ruang kaki dan ruang kepala sangat lapang bagi kelima penumpangnya. Betul, Urus mampu menampung 5 penumpang meski kenyamanan akan terasa lebih hakiki bila hanya dihuni 4 orang saja. Di belakang kursi baris kedua, tersedia ruang kargo yang sangat besar. Maklum, biasanya pemilik Lamborghini tak pernah mendapat hadiah bagasi luas di mobilnya. Intinya, urusan kelapangan kabin, kenyamanan dan kepraktisan, Urus tidak akan mengecewakan.

Lamborghini Urus 2019

5. Ban Performa Tinggi

Tersedia dalam dua pilihan velg, yakno 21 inci dan 23 inci. Kedua pilihan dibalut oleh si karet bundar, ban Pirelli yang mampu memberikan grip sangat baik ke permukaan. Pirelli menjadi suplayer ban utama bagi Lamborghini. Untuk pilihan standar tersedia Pirelli P-Zero yang cukup nyaman. Kalau ingin turun di sirkuit, ada pilihan ban Pirelli Corsa. Ya, Lamborghini Urus memang bisa digunakan sebagai track car di akhir pekan. Saat turun di lintasan offroad, ada pilihan ban Scorpions yang bertahan di kondisi jalan yang lebih menantang.

6. Sistem Hiburan Canggih

Lamborghini Urus memiliki dua layar sistem infotainment, satu di balik kemudi satunya lagi tertanam di dashboard. Tentu saja layar di depan pengemudi punya fungsi utama sebagai panel instrumen, tempat segala indikator berkendara bisa dibaca. Satunya lagi berfungsi sebagai layar multimedia sekaligus media informasi berkendara. Sistem multimedianya sudah mendukung konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, Bluetooth dan lainnya. Sebagai tambahan, ada opsional fitur traffic management system higga kamera 360.

Baca juga: Lamborghini Urus Dicuri dengan Modus Matikan GPS

Lamborghini Urus 2019

7. Interior Sesuai Pesanan

Meski bukan sedan sport dua pintu, Lamborghini Urus tetaplah Lamborghini. Artinya, interiornya yang terlihat sangat sportif ini dibalut oleh material yang sangat mewah dan fitur-fitur yang canggih. Material interior yang digunakan, baik Alcantrara maupun Q-Citura, semuanya punya kualitas terbaik. Beberapa komponen di dalam juga terbuat dari material serat karbon yang ringan tapi kokoh dan disaat yang bersamaan menambah kesan sportif. Tapi paling menarik dari Urus, jelas kenyamanan kabin. Bukan hanya kabin lapang dan dibekali sistem multimedia yang menghibur saja, tetapi ada beberapa fitur kenyamanan lain seperti ventilated and heated seats.

8. Mobil Sport yang Nyaman

Tidak berhenti sampai di situ, Urus dibekali suspensi udara yang memungkinkan Urus bisa menari dalam enam pilihan mode berkendara. Mode berkendara bisa membuat mobil beradaptasi dengan kondisi jalan. Jadi bukan hanya nyaman, Urus juga SUV yang mudah beradaptasi. Sebagai mobil berperforma tinggi, jangan khawatir kesulitan mengemudikannya. Sebagai penunjang kemampuannya, Urus juga dibekali teknologi four-wheel steering yang membuat pengemudinya dapat menjinakkan mobil ini dengan baik. Tapi kalau Anda ingin bersenang-senang dengan SUV beringas ini, tinggal pindah mode berkendara ke mode yang lebih agresif. Seketika Urus berperilaku seperti yang diharapkan pemiliknya.

Lamborghini Urus 2019

9. Twin-Turbo V8

Terakhir dan yang paling penting, ini dia kelebihan Urus yang sering dilupakan orang. Di bawah bonet, tertancap jantung mekanis gahar, V8 twin-turbo 4.0 liter. Mesin yang meminum bensin beroktan minimal RON 95 ini, mampu melecutkan daya 650 Hp pada 6.800 rpm dan torsi 850 Nm pada 2.250 rpm. Tenaga besar itu disalurkan melalui transmisi otomatis 8-speed. Mereka menjanjikan kesenangan berkendara dengan gearbox elektro-hidraulik yang ringan dan efisien. Sistem disetel untuk memberikan rasio gigi rendah yang sangat pendek dan gigi tinggi yang lebih panjang.

Jadi mudah saja baginya untuk berakselerasi kencang. Untuk melesat dari 0-100 km/jam dalam tempo 3,6 detik dan 0-200 km/jam cuma 12,8 detik. Namun demi keselamatan, kecepatan tertinggi dibatasi hanya sampai 305 km/jam. Pengereman juga tidak kalah mengesankan. Urus mampu berhenti dari 100 km/jam sampai diam, hanya dalam jarak 33,7 m.

Tak seperti model sedan, banteng muda besutan Lambo dilengkapi enam mode pengendaraan: Strada, Sport, Corsa, Sabbia, Terra dan Neve. Atau dalam bahasa Inggris disebut Street, Sport, Track, Sand, Land (Off-Road) dan Snow. Lambo mengklaim, sistem penggerak four wheel drive Urus, memberikan dinamika berkendara yang aman dan sangat responsif di setiap permukaan jalan dan segala cuaca. Itu berkat central self-locking differential, yang menyediakan kontrol dan kelincahan dalam semua kondisi berkendara, terutama jalan off-road. (Rzk/Raju)

Baca juga: 8 Mobil Karya Desainer Italia Marcello Gandini, Dari BMW Sampai Lamborghini

Jelajahi Lamborghini Urus

Model Mobil Lamborghini

  • Lamborghini Aventador
    Lamborghini Aventador
  • Lamborghini Huracan
    Lamborghini Huracan
  • Lamborghini Urus
    Lamborghini Urus
Mobil Lamborghini

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang