• Wishlist

Kia Seltos Meluncur Awal Pekan Depan, Siap Ganggu Honda HR-V dan Mazda CX-3

Kia Seltos Meluncur Awal Pekan Depan, Siap Ganggu Honda HR-V dan Mazda CX-3

Satu tambahan portofolio segar segera melengkapi daftar menu Kia. Pasalnya kurang dari seminggu Kia Seltos dipastikan resmi menyapa publik. Bila tidak ada halangan, PT Kreta Indo Artha sebagai APM bakal melangsungkan peluncuran perdana Seltos pada 20 Januari mendatang.

New Kia Seltos depan

Keberadaan Seltos boleh jadi mengganggu ketenangan Honda HR-V atau Mazda CX-3. Di situlah kemungkinan segmen yang bakal digeluti lantaran secara dimensi berukuran serupa. Seltos sendiri mencatatkan panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.645 mm. Sebagai perbandingan, HR-V diukur 4.295 x 1.772 x 1.508 mm, sementara CX-3 berdimensi 4.275 x 1.765 x 1.535 mm. Tergambar sedikit lebih besar dari calon rival bukan?

Ada ciri khas ditawarkan Seltos saat nanti resmi bermain di segmen small SUV/Crossover. Rupa keseluruhan ditampilkan bak SUV sepenuhnya, tergambar melalui komposisi kepala empat pilar. Hal ini membuat para pesaingnya tampil bagai peninggian model hatchback ketimbang SUV. Terpancar pula penekanan aura tangguh melalui dominasi pahatan mengotak.

New Kia Seltos

Penampilan Seltos tidak jauh dari versi konsep SP Signature. Penyesuaian desain pun perlu dilakukan pada wajah dan buritan. Di bagian fasad, permainan lampu dieksekusi dengan model lebih tebal meski berkomposisi serupa. Pendar cahaya berasal dari crown jewel LED dengan Heartbeat DRL. Di bagian bawah terdapat indikator multi layer. Di India, ini merupakan kelengkapan trim atas. Melengkapi rancangan, terpampang grille hidung macan khas Kia diapit dua lampu utama.

Lampu LED turut mengisi buritan, diberi nama Heartbeat Shaped Tail Lamp. Gaya lampu dengan penekanan bagian luar menciptakan imaji kuda-kuda tangguh sang SUV.

Masuk ke kabin, Seltos menawarkan akomodasi untuk lima penumpang. Konon, kemewahan menjadi nilai utama untuk bergumul di segmen sekelas. Material kulit bisa jadi membungkus setir, door trim, jok, dan shift knob. Sokongan berkelas dapat pula ditunjukan melalui ambient lighting dalam kabin. Kombinasi ini ditemui pada trim teratas. Meski begitu, belum diketahui secara pasti jumlah variasi trim saat nanti dipasarkan.

New Kia Seltos interior

Belum banyak juga beredar informasi fitur apa yang disematkan. Bila berkaca pada India, terdapat tiga pilihan sistem informasi: 2 DIN, Touchscreen 8.0 inci, dan Touchscreen 10.25 inci lengkap navigasi. Sistem layar sentuh ini disokong kemampuan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Beberapa trim bahkan didukung perangkat audio premium dari Bose.

Jangan dulu kecewa, ada satu bocoran terkait harga, jantung pacu, dan mesin. Akun Instagram @tedi.ms mengunggah foto harga Seltos pada 9 Januari silam. Ditunjukan tipe EX dilego Rp 320 juta, sementara EX+ Rp 355 juta. Tidak ada informasi mendetail mengenai daftar kelengkapan. Mungkin untuk kedua tim ini pembeda terletak di sunroof.

Namun, kami dapat memastikan Seltos menggendong jantung Kappa 1.4 liter turbo. Ekstraksi daya mencapai 140 PS dengan momen puntir 240 Nm. Jantung turbo ini akan bersanding dengan girboks Dual Clutch Transmission (DCT). Otomatisasi transmisi manual oleh DCT biasanya menjanjikan transisi perpindahan gigi semulus dan sepresisi mungkin, membuat kami semakin penasaran. (Krm/Odi)

Baca Juga: Jualan 4 Model, Kia Kini Dinaungi Indomobil Group