Jeep Wrangler dan Gladiator Model 2021 Akhirnya Masuk Tanah Air di Tengah Kelangkaan Chip Semikonduktor

Jeep Wrangler dan Gladiator Model 2021 Akhirnya Masuk Tanah Air di Tengah Kelangkaan Chip Semikonduktor

Sedikit angin segar seakan bisa dirasakan DAS Indonesia Motor dan penikmat Jeep anyar di minggu ketiga Agustus 2021. Agen Pemegang Merek (APM) Jeep itu baru saja mengumumkan penerimaan pengiriman pertama model 2021 setelah tertunda cukup lama. Pun itu belum semua, tapi setidaknya bisa diekspektasikan Wrangler dan Gladiator versi termutakhir segera mengaspal.

Ya, berbagai kesulitan tengah dihadapi industri otomotif secara global. Di samping pandemi, produsen kini sedang ditantang oleh kelangkaan chip semikonduktor. Membuat distribusi produk cukup tersendat. Dalam kasus DAS Indonesia Motor sendiri sampai tertahan empat bulan untuk bisa menerima kiriman model teranyar dari Stellantis. Itu juga baru 40% dari total unit yang seharusnya dikapalkan ke sini.

Wrangler dan Gladiator

Menurut Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor, Dhani Yahya, hal ini disebabkan kelangkaan pasokan komponen chip ke pabrik. Berimbas pada pengurangan hasil barang jadi untuk disuplai ke seluruh dunia. Belum lagi kondisi Covid-19 yang memaksa beberapa pelabuhan untuk lockdown atau tidak beroperasi maksimal.

Baca juga: Jaguar Land Rover Hadir Lagi di Indonesia, Gandeng Indomobil Group

“Sudah sejak awal tahun ini Stellantis menginformasikan adanya kekurangan dalam suplai chip semikonduktor yang digunakan untuk fitur elektronik dari roda kemudi ke sistem infotainment,” papar Dhani dalam keterangan resmi. Kendati begitu, ia menambahkan bahwa pabrikan terus bekerja sama dengan para pemasok untuk mengurangi dampak lebih jauh akibat terganggunya rantai pasokan dalam perakitan kendaraan ini.

Seperti dilansir dari Bloomberg (27/3/2021), Stellantis sempat menutup sementara lima pabriknya. Efektif dari awal sampai pertengahan April 2021. Kala itu beberapa model milik grup terpengaruh dan termasuk di dalamnya dua seri Jeep yakni Cherokee buatan Belvidere, Illinois dan Compass kelahiran Toluca, Mexico.

Wrangler dan Gladiator

Tapi tidak selesai sampai di situ. Berdasarkan laporan lain dari Car and Driver yang mengutip dari Automotive News, Grand Cherokee terkena dampak penyesuaian waktu produksi di Detroit dari akhir April hingga pertengahan Mei. Gladiator juga tidak luput dari kekacauan, seperti diberitakan The Drive. Awal Agustus ini proses kelahiran dari fasilitas perakitan Toledo, Ohio dihentikan sementara selama seminggu. Meski begitu, kontestan paling menguntungkan seperti Jeep Wrangler disebut tidak terpengaruh.

“Kami memohon maaf jika total kuota ketersediaan unit yang ada di Indonesia belum dapat terpenuhi sepenuhnya dan hal ini diprediksi akan berlanjut sampai dengan akhir tahun 2021”, jelasnya lagi. Atas beberapa hambatan yang sedang dihadapi, Dhani berharap pelanggan dapat setia menunggu kedatangan unit sesegera mungkin.

Wrangler dan Gladiator

Well, bukan hanya Wrangler dan Gladiator, DAS Indonesia Motor juga punya rencana ekspansi produk di sini. Ke depannya juga bakal ada Jeep Compass facelift 1.4L dan All New Jeep Grand Cherokee. Diharapkan mereka ini dapat bantu meningkatkan pertumbuhan merek secara signifikan. Cepat atau lambat, kita tunggu saja kehadirannya. (Krm/Tom)

Sumber: Bloomberg, Car and Driver, The Drive

Baca juga: Jeep Wrangler 80th Anniversary Edition Meluncur, Sayang Hanya Dijual di Inggris

Jelajahi Jeep Wrangler

Model Mobil Jeep

  • Jeep Wrangler
    Jeep Wrangler
  • Jeep Cherokee
    Jeep Cherokee
  • Jeep Gladiator
    Jeep Gladiator
  • Jeep Compass
    Jeep Compass
Mobil Jeep

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Jeep Wrangler Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Jeep Wrangler

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang