Jajaran Mobil Konsep yang Cuma Mejeng di IIMS 2022

Jajaran Mobil Konsep yang Cuma Mejeng di IIMS 2022

Ajang IIMS Hybrid 2022 yang berlangsung mulai 31 Maret hingga 10 April 2022 mendatang menjadi tempat pemegang merek untuk menampilkan beragam produk baru. Selain produk yang sudah bisa dibeli secara langsung, ada juga produk-produk yang masih berupa kendaraan konsep. Ada juga kendaraan yang sudah jadi namun masih dalam proses studi untuk pasar Indonesia.

KEY TAKEAWAYS

  • Mobil konsep di IIMS 2022

    Gelaran IIMS kali ini juga menampilkan mobil konsep atau yang cuma mejeng dan tidak dijual
  • Chery di IIMS 2022

    Chery memamerkan banyak mobil di booth termasuk di antaranya mobil konsep
  • Produk-produk ini menghadirkan sisi menarik tersendiri pada pameran otomotif tahunan tersebut. Ini menjadi kesempatan baik untuk pengunjung melihat produk masa depan yang kemungkinan akan dapat dibeli dan dirasakan bergerak di jalanan Indonesia.

    Oto.com coba mengumpulkan beberapa model kendaraan konsep atau kendaraan yang hadir tapi belum dijual hadir di IIMS 2022.

    DFSK Seres SF5

    DFSK Seres SF5 IIMS 2022

    DFSK membawa produk elektrifikasi miliknya dengan nama Seres SF5. Produk ini bukan pertama kali diperlihatkan pada publik. Sebelumnya DFSK memperlihatkan Seres SF5 di ajang pameran otomotif daerah tahun lalu.

    Soal SF5, ini merupakan produk elektrifikasi dengan mengusung dua mesin yakni konvensional maupun motor listrik. Produk ini memiliki sebutan, Seres SF5 EV Range Extender. Apa maksudnya?

    Spesifikasinya, SF5 menggunakan penggerak all wheel drive (AWD) yang dipasangkan pada high performance dual electric motor. Terdapat dua motor listrik SEP200AC dengan produksi aliran tenaga tembus hingga 255 kW (347 ps) di depan dan HW150 dengan tenaga 150 kW (204 ps) di bagian belakang. Di atas kertas, SF5 diklaim dapat menempuh 0 sampai 100 km per jam hanya dalam 4,7 detik.

    Kedua motor listrik ini didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH. Pengguna SF5 bisa memanfaatkan charging station dengan kemampuan fast charging mengisi daya baterai dari 20 persen hingga 80 persen kurang dari 1 jam.

    Jika kesulitan menemukan stasiun pengisian daya listrik, maka SF5 akan menggunakan fitur Extended Range Technology. Mesin motor bakar akan berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai saat tenaga baterai ini tersisi 20 persen. Klaim DFSK, SF5 bisa melaju hingga 1.000 kilometer bekat kemampuan ini.

    Fitur konektivitas atau internet of vehicle (IoV) hadir pada produk ini berkat dukungan Huawei Intelligence Car (HICar). Fitur ini dihadirkan untuk meningkatkan keamanan hingga konektivitas tidak akan terganggu dengan perangkat lain. Smart connection buat penumpang cukup satu kali menghubungkan ponsel pintarnya, Resource Sharing yang memungkinkan kendaraan dan ponsel saling berbagi hardware hingga Seamless Experience.

    Chery

    Omoda 5

    Selain menawarkan model yang sudah diperkenalkan di awal 2022 yakni Tiggo Pro series, Chery memperlihatkan tidak hanya satu tapi tiga model kendaraan untuk menjajaki pasar Indonesia.

    Pertama ada Chery Omoda 5. Bentuk Omoda 5 cukup modern dengan desain crossover modern yang banyak menampilkan garis tegas serta bentuk mengotak. Model ini ditawarkan dalam dua varian yakni Comfort dan Luxury. Comfort sebagai varian terendah dibekali dengan mesin 1.5 liter TCI. Mesin ini menghasilkan tenaga 155 tk dan torsi maksimal 230 Nm. Luxury menggunakan mesin 1.6 liter TGDI yang menghasilkan tenaga 195 tk dan torsi maksimal 290 Nm.

    Perbedaan kedua varian ini hadir pada fitur keselamatannya. Terdapat fitur keselamatan aktif yang terdiri dari Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Blind Spot Detection, Front Collision Warning, dan kamera parkir 360 derajat.

    Sky Tour

    Model kedua adalah Chery Sport Tour. SUV yang sekilas menyerupai duo Rush Terios ini memiliki varian Comfort, Luxury dan Premium. Mesinnya serupa yakni 1.5 liter dan 1.6 liter. Varian Comfort ditawarkan dengan mesin 1.5 liter. Luxury terdapat pilihan mesin 1.5 liter atau 1.6 liter. Varian teratas yakni Premium hanya satu mesin yakni 1.6 liter. Sport Tour juga mendapatkan pilihan fitur keselamatan aktif.

    Dalam kategori kendaraan dengan energi terbarukan atau kendaraan listrik, Chery memiliki EQ1. Kendaraan listrik ini dilengkapi dengan motor berdaya 55kW atau sekitar 40 tk dan torsi 120 Nm. Kemampuan berakselerasinya cukup cepat. Di atas kertas, waktu akselerasi 1-50 kilometer per jam kurang dari 5 detik. Kendaraan ini dibekali baterai lithium ion berkapasitas 30,6 kWH.

    EQ1

    EQ1 memiliki kecepatan maksimum 120 kilometer per jam, dan menjadi satu-satunya jenis kendaraan listrik yang dibangun dengan konstruksi aluminium. Selain itu, EQ1 juga menerapkan teknologi mutakhir yang terdiri dari tiga komponen listrik canggih, yaitu baterai, motor, dan e-management system, yang dilengkapi dengan konfigurasi keselamatan aktif dan pasif, berkarakter ekonomis, praktis, dan cerdas. Ini terlihat dari waktu pengisian daya yang hanya perlu 5 sampai 7 jam untuk mengisi penuh baterai. Dalam mode fast charging, dari 30 persen hingga 80 persen hanya memerlukan waktu 30 menit.

    Mitsubishi MiniCab MiEV

    Minicab Miev

    Hadir di booth Mitsubishi, MiniCab MiEV menunjukkan kemampuan Mitsubishi untuk menghadirkan kendaraan listrik di segmen niaga. Model yang telah terbukti ketangguhan dan kehandalannya di Jepang sebagai kendaraan operasional logistik ini kini sedang dalam tahap studi di Indonesia. Beberapa perusahaan yang bekerja sama antara lain PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek dan DHL Supply Chain Indonesia.

    Kerja sama studi dan pemanfaatan Minicab-MiEV ini dilakukan atas kesamaan visi dan misi terhadap aktivitas operasional perusahaan yang mengarah pada kelestarian lingkungan tanpa emisi, terutama pada aktivitas logistik. Minicab-MiEV adalah kendaraan dengan empat tempat duduk, berpenggerak dua roda dan memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 150 kilometer berkat baterai berukuran 16 kWh. Motor listriknya memberikan tenaga sekitar 30 kW atau 41 ps pada putaran 2.500 rpm sampai 6.000 rpm dan torsi sekitar 196 Nm pada putaran 0 sampai 300 rpm.

    Honda SUV RS Concept

    SUV RS

    Ini adalah kendaraan konsep yang pertama kali hadir tahun lalu. Kini kembali diperlihatkan Honda untuk mengingatkan bahwa mereka masih punya rencana besar tahun ini menghadirkan produk baru di segmen SUV kompak.

    Mobil konsep yang dikembangkan sebagai kolaborasi antara Honda R&D Asia Pacific CO., Ltd dan tim Honda di Indonesia ini menampilkan eksterior sporty sesuai DNA Honda. Bodinya ramping, dengan garis tajam, kokoh dengan grille yang menyatu dengan bodi yang memperkuat karakter sporty. Belum ada bocoran spesifikasi detail untuk produk masa depan Honda ini. Kemungkinan akan mengusung mesin kecil dengan fitur turbo yang kini banyak digunakan pada rival di segmen yang sama.

    Toyota Kijang Innova EV

    Toyota Kijang Innova EV Concept

    Ada juga model Kijang Innova EV. Ini merupakan model konsep kendaraan listrik dari MPV populer Toyota. Sayangnya, model ini hanya hadir di hari pertama pembukaan IIMS 2022 dan setelah itu tidak terlihat lagi. Konsep EV ini menjawab kemungkinan-kemungkinan produk yang saat ini hadir bisa menggunakan penggerak motor listrik. Namun Toyota sendiri sudah mengungkapkan produk kendaraan listrik masa depan mereka bukan Kijang Innova EV ini. Ada produk lain yang tengah disiapkan karena Innova EV benar-benar bernasib kendaraan studi.

    IIMS 2022 masih berlangsung hingga 10 April mendatang. Jangan lewatkan kesempatan melihat dan mencoba produk kendaraan terbaru baik roda empat dan roda dua di pameran tahunan ini. (Sta/Tom)

    Baca juga: Ini Deretan Mobil Baru yang Meluncur dan Bisa Dibeli di IIMS Hybrid 2022

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature