jakarta-selatan

Ini Alasan Suzuki SX4 S-Cross Diesel \'Hybrid\' Tak Dijual di Indonesia

  • Nov 13, 2017
  • 497 Dilihat

Suzuki belum berniat memasarkan SX4 S-Cross diesel di Indonesia. Padahal di India, mobil bermesin picu kompresi ini sudah dijual, Maruti Suzuki menjadikan pilihan ini sebagai varian mesin selain bensin. Sayang unit pendongkrak daya itu tak diboyong ke Indonesia, padahal, S-Cross yang dijual di Indonesia datangnya juga dari India (CBU).


Suzuki S-Cross 2017 (04)


Hal ini dijelaskan Donny Saputra, Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menurutnya, saat ini, S-Cross bermesin bensin sudah cukup memenuhi permintaan di pasar dalam negeri. Ia bilang masih belum ada potensi memasarkan S-Cross diesel di Indonesia. Meski Donny tidak menutup kemungkinan, suatu saat nanti ada S-Cross diesel, karena pihaknya masih terus mengkaji.


"Hingga kini kami masih melihat dan melakukan studi, kesempatannya seperti apa pasar Suzuki SX4 S-Cross diesel smart hybrid itu. Bila memungkinan nanti bisa saja. Tunggu saja kejutannya dari kami," terang Donny di sela peluncuran S-Cross terbaru di Jakarta, Jumat (10/11).


Donny menambahkan, secara produk, memang Suzuki memiliki Ertiga Diesel SHVS yang mereka pasarkan. Sehingga menurutnya, tidak terlalu sulit untuk mendatangkan S-Cross diesel. Ditambah lagi, mesin yang digunakan pun persis sama, DDiS berkapasitas 1.3 liter. Mesin ini mampu menghasilkan daya 88 Hp dengan torsi 200 Nm. Namun ia menyatakan, saat ini Suzuki Indonesia lebih fokus dengan S-Cross bermesin bensin 1.5 liter.


"Memang di India mobil dengan mesin diesel dominan penjualannya. Makanya Suzuki memasarkan S-Cross diesel. Tapi di Indonesia, kan berbeda. Dan kita pasti lakukan survei dulu sebelum meluncurkan satu produk, jadi memang saat ini fokus dulu untuk yang bermesin bensin," ungkap Donny.


"Setiap negara itu punya kebutuhan yang berbeda. Regulasi yang ada di India dan Indonesia juga kan berbeda. Seperti di India menggunakan standard BS4 (Bharat Stage 4) atau setara dengan Euro 4, sementara di Suzuki SX4 S-Cross Indonesia masih menggunakan Euro 2," imbuh Donny.


 Selain dari segi mesin, fitur yang diusung diungkapkan Donny juga berbeda. "Fitur, regulasi dan lainnya juga tentu ada perbedaan, dari segi BBM (Bahan Bakar Minyak) juga berbeda. Karena seleranya juga berbeda. Tapi tentu kami menghadirkan produk yang memiliki keunggulan masing-masing, dengan memperhatikan kenyamanan serta desain," tambah Donny.


Terkait regulasi, Donny menyatakan memang saat ini S-Cross yang dipasarkan masih mengadopsi tingkat kualitas emisi mencapai Euro 2. "Sekarang S-Cross yang kita pasarkan masih standar Euro 2, tapi jangan khawatir, kalau tahun depan sudah berubah kita sudah persiapkan," ungkap Donny.


Di India, S-Cross mengadopsi mesin diesel mild hybrid, diklaim lebih hemat bahan bakar dibanding model sebelumnya. Bahkan mereka mengklaim, hanya dengan satu liter bahan bakar, S-Cross diesel mampu melaju sejauh 15,1 km, dengan menggunakan transmisi manual 5-speed. Sekadar catatan, Maruti Suzuki tidak memasarkan varian dengan transmisi otomatis di sana.


Sementara di tanah air, new SX4 S-Cross dijual dengan menggunakan mesin bensin berkode M15A. Kapasitasnya 1.5L DOHC VVT, sanggup mengeluarkan daya maksimal 109 PS dan menyajikan momen puntir sebesar 138 Nm. Untuk transmisi tersedia dua pilihan, manual lima percepatan atau otomatis enam speed. (Ald/Ddn/Van)


Baca Juga: Swift Baru Tak Meluncur di Indonesia, Malah di Thailand

Shares

Video Suzuki SX-4 S-Cross

Lihat video terbaru Suzuki SX-4 S-Cross untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer