Hyundai Ioniq 5 Sudah Dipamerkan di Indonesia, Kapan Mau Dijual ke Konsumen?

Hyundai Ioniq 5 Sudah Dipamerkan di Indonesia, Kapan Mau Dijual ke Konsumen?

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) sudah membawa mobil listrik fenomenalnya, Ioniq 5 dalam pameran The Future Ecosystem for Indonesia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Selasa (26/10). Sebelumnya mobil bebas polusi ini sudah resmi dijual untuk pasar Australia dan mendapat respons luar biasa dari konsumen di sana.

Dalam pameran yang diselanggarakan HMID ini, mereka juga turut memboyong Kona Listrik, dan Genesis G80 Electric yang jadi merek otomotif mewah dari Hyundai Motor Group. Selain itu, fokus pameran ini juga menjelaskan bagaimana cara Hyundai membangun ekosistem mobil listriknya, terkhusus di pasar domestik.

Ioniq 5

Nah dengan sudah hadirnya Hyundai Ioniq 5 di Tanah Air, kapan sebenarnya HMID akan menjual mobil listrik canggih ini? Sayangnya saat dikonfirmasi, Makmur selaku Chief Operating Officer Hyundai Motor Indonesia masih belum mau mengafirmasinya.

"Nanti, ya. Kita tunggu tanggal mainnya saja. Belum tahun kapan," ungkap Makmur kepada media di pameran tersebut.

Baca juga: Modal Cukup Rp 5 Juta, Bisa Antre Pesan Hyundai Creta

Pun saat ditanya apakah mungkin Hyundai Ioniq 5 akan diproduksi secara lokal di Indonesia, dirinya memilih irit bicara. Seperti kita ketahui, pabrik Hyundai di bilangan Cikarang, Kota Deltamas disebutkan bakal memproduksi mobil listrik di 2022 mendatang.

Hyundai Ioniq 5 dibangun dengan platform paling baru yakni Electronic Global Modular Platform (E-GMP). Dengan konstruksi anyar ini pengembangan atau peluang dipasang di produk lain Hyundai ke depan bisa lebih cepat dan mudah.

Ioniq 5

"Nanti tunggu tanggal mainnya (lokalisasi). Soal E-GMP ini adalah platform untuk EV (electric vehicle) yang akan kita pakai pada semua mobil listrik (Hyundai). Dan ini jadi salah satu edukasi juga ke masyarakat bahwa EV itu stabil dan juga sangat ringkas,” lanjut dia.

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

Lantas spesifikasi apa yang ditawarkan dari mobil listrik ini? Di pasar Australia, Hyundai Ioniq 5 dihadirkan dalam 2 varian berbeda, tipe paling bawah dengan satu motor penggerak (2WD roda belakang) memiliki tenaga maksimal sampai 214 daya kuda dan torsi puncak 350 Nm.

Sementara untuk trim paling tinggi atau all-wheel-drive-nya punya tenaga sampai 301 daya kuda dan torsi puncak sampai 605 Nm. Kedua varia sama-sama dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 7,6 kWh.

Ioniq 5

Lebih lanjut, rangkaian kelistrikan sudah menganut multi charging yang memungkinkan berganti dari sistem 400 V menjadi 800 V tanpa perlu adapter tambahan. Klaim pabrikan, dari posisi baterai 10 persen menuju 80 persen bisa dituntaskan dalam waktu 18 menit dengan menggunakan perangkat DC fast charging 350 kW.

Bicara banderolnya di negara kangguru, Hyundai Ioniq 5 diniagakan dengan harga AUD$71.900 atau sekitar Rp 751 jutaan untuk versi satu motor. Varian AWD diberi harga AUD$75.900 atau setara Rp 792 jutaan. (Kit/Tom)

Baca juga: Cuma 2 Jam, Hyundai Ioniq 5 Langsung Ludes di Australia!

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil