Honda Dipercaya Sedang Menyiapkan Compact SUV Adik HR-V

Honda Dipercaya Sedang Menyiapkan Compact SUV Adik HR-V

Pasar SUV mungil tampaknya sedang digandrungi oleh pabrikan besar. Sudah banyak kontestan hadir dan beberapa siap melantai di masa mendatang. Salah satu yang belum ikut meramaikan adalah Honda. Namun beredar indikasi pabrikan berlogo H itu tengah menyiapkan SUV kompak guna ikutan melahap porsi di bawah HR-V.

Tak salah bila menilai market entry-level SUV ini dibilang ramai dipenuhi kontestan. Bahkan belum selesai berkembang dan wujudnya berbeda-beda tergantung pasar – regional atau internasional. Dari pabrikan Korea Selatan sudah ada Hyundai Venue dan Kia Sonet. Lalu ambil contoh di India, eksis dua model berbagi tubuh serupa. Maruti Suzuki Vitara Brezza dan versi rebadge Toyota Urban Cruiser yang segera meluncur. Aliansi Nissan-Renault juga bakal punya pemain bernama Nissan Magnite dan Renault Kiger. Semua mungil dan diukur sepanjang 4 meter atau kurang.

Di tengah meningkatnya pamor SUV, tak mengherankan bila Honda mau ikut meramaikan. Disinyalir mereka sedang menyiapkan line-up dengan nama ZR-V. Persis diposisikan di bawah HR-V dan mungkin menggantikan WR-V si keturunan Jazz. Jadi benar-benar sebuah crossover mungil bukan sebatas hatchback yang ditinggikan. Eksistensinya bisa saja dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan banyak negara berkembang seperti India, Thailand, Filipina dan area Asia Tenggara lain.

Honda WR-V

Kabarnya sang pemain baru Honda berdiri di atas platform City. Bukan Jazz/Fit lantaran mereka telah berganti basis di generasi teranyar. Andai demikian, besar kemungkinan pula dibuat untuk meramaikan market negara berkembang sebagaimana City. Lalu, wajar bila diukur kurang dari 4 meter seperti kebanyakan kontestan terjangkau di ranah SUV mungil. Intinya adalah dimensi kompak agar tidak bersinggungan dengan sang kakak HR-V. Kendati begitu, detail masih simpang siur dan belum ada kepastian resmi.

Bila benar dibangun di atas platform City, harapkan saja dibekali set mekanikal berikut kelengkapan fitur serupa. Sebagai gambaran, sedan kompak Honda itu dibekali setidaknya tiga pemacu berbeda. Di Thailand terdapat opsi tiga silinder 1,0 liter turbo dengan output tenaga 122 PS dibarengi momen puntir 173 Nm.

Lain cerita di India, unit bensin mengusung komposisi empat silinder 1,5 liter Naturally Aspirated. Ekstraksi dicatatkan 121 PS bareng torsi 145 Nm. Pilihan lain adalah diesel iDTEC 1,5 liter turbo yang sanggup melontarkan torsi kuat hingga 200 Nm namun tenaganya tidak terlalu besar, 100 PS. Penyaluran daya ditugaskan kepada girboks manual 6 percepatan atau pilihan CVT.

Entah seperti apa posisi dan siapa lawan ZR-V sebenarnya nanti. Semua detail masih bersifat bumbu dugaan. Bahkan kehadirannya baru sebatas indikasi sehingga belum dapat dipastikan sepenuhnya. SUV mungil Honda ini konon bakal mendebut kali pertama di Jepang pada 2021. Baru setelah itu ditugaskan ke luar.

rendering Honda HR-V baru

Akan Masuk Indonesia?

Tidak menutup kemungkinan bila akhirnya ZR-V diboyong masuk ke Tanah Air. SUV juga sedang digandrungi di sini. Kendati begitu, pihak Honda Prospect Motor masih melihat dan menunggu pengembangan pasar. Namun dari survey yang telah dilakukan, diungkapkan ada peningkatan tren pada SUV kompak yang merupakan ranah ZR-V.

"HPM melihat kalau peluncuran produk baru, timing, dan line up-nya seperti apa, kami melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen. Mau small SUV atau model lain, pasti kita bisa menghadirkan. Tapi semua kembali kepada kebutuhan pasar dan konsumen. Kita juga melakukan survey, dan demand itu memang ada. Sekarang sudah terlihat tren small SUV," jelas Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT HPM. (Krm/Tom)

Sumber: Gaadiwaadi

Baca juga: Honda Umumkan Pemenang Brio Virtual Modification Terapik dari 789 Rancangan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store