Honda Civic Turbo dan Hatchback RS Jadi Mobil Official ISSOM

Gambar
Review Pengguna

Pada Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2020, akhir pekan lalu (29 – 30 Agustus) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Honda Civic Hatchback RS Turbo dan Honda Civic Turbo menjadi Official Car event balap bergengsi tersebut. Hadirnya dua model unggul Honda ini merupakan bagian dari kerjasama antara PT Honda Prospect Motor dan Sirkuit Sentul.

Pada balapan ISSOM tersebut, Honda Civic Hatchback RS berperan sebagai Fast Doctor. Tugasnya adalah turun ke lintasan balap dalam keadaan darurat jika terjadi kecelakaan di sirkuit. Sedangkan Honda Civic Turbo akan berperan menjadi Safety Car yang bertujuan untuk mengawal peserta balap jika terjadi kecelakaan.

honda civic ISSOM

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Sejak tahun 2012, Honda terus berkomitmen untuk mendukung aktivitas balap di Indonesia, salah satunya dengan menjadikan Honda Civic Hatchback RS Turbo dan Honda Civic Turbo sebagai Official Car ISSOM 2020 yang kami yakin memiliki karakter yang sesuai dengan perannya dalam mendukung kegiatan balap.”

Performa Civic Turbo

Honda Civic Hatchback RS Turbo mengadopsi mesin 1.5 liter VTEC Turbo yang menyemburkan tenaga 171 hp pada 5500 rpm dan torsi maksimal 220Nm / 1.700 – 5.500rpm. Dipadukan dengan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology. Perpaduan tersebut menghasilkan performa yang responsive namun irit bahan bakar. Honda Civic Turbo pun menyandang mesin yang sama dan tenaga serta torsi juga sama. Girboks yang dipakai pun sama.

Keduanya juga didukung oleh teknologi terdepan seperti struktur rangka bodi yang menggunakan teknologi G-Force Control (G-CON). Dalam sejarahnya, teknologi G-CON (G-Force Control Technology) ini adalah hasil adopsi dari pengembangan teknologi balap di Formula 1 (F1) yang berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan. Di dalam perkembangannya, pabrikan Honda mengembangkan lagi G-CON tersebut dikombinasikan dengan struktur canggih ACE (Advanced Compability Engineering).

Kalau teknologi G-CON berfungsi meredam dan menyalurkan energi benturan apabila terjadi tabrakan. Sedangkan struktur ACE dapat melindungi kabin meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran.

Civic dirancang dengan konstruksi berteknologi G-CON untuk meredam dan menyalurkan energi benturan apabila terjadi tabrakan yang tak dapat dihindari. Struktur canggih ACE™ dapat melindungi kabin meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Serta Side Impact Beam yang dapat meredam benturan saat terkena tabrakan dari samping.

Selan itu didukung juga oleh fitur Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA) serta Brake Override System. Dengan teknologi tersebut, kedua model Civic itu layak menjadi official car.

Review Efisiensi dan Handling Civic Turbo

Banyak yang mempertanyakan kinerja bersama antara turbo dan CVT. Nyatanya kami tak menemukan kendala yang berarti. Akselerasinya terasa responsif, tentu masih ada turbo lag. Dan itu bukan halangan untuk menikmati mesin baru Civic ini.

Tenaganya dibangun progresif dan CVT-nya bekerja melebihi ekspektasi. Tanpa kompromi. Baik untuk penggunaan harian dalam kota, apalagi saat keluar kota.

Fitur ECON membantu fungsi turbo dalam menjaga efisiensi bbm. Saat diaktifkan, performa mobil ini masih bisa Anda nikmati. Sehingga untuk pengemudian sehari-hari, fitur ini bisa terus aktif tanpa mengorbankan performa dan kesenangan berkendara.

Uji konsumsi kami gunakan fitur ECON dan metode full-to-full, hasilnya untuk luar kota tercatat 18,32 km/liter, sementara untuk rute dalam kota nya 11,2 km/liter.

Pindahkan tuas transmisi ke posisi S dan matikan fitur ECON, putaran akan terjaga setingkat di atas standar, sekitar 1.000 rpm. Dengan itu, kinerja turbo bisa dipercepat dan hasilnya responsifitas lebih bisa didapat.

Paddleshift hadir menambah kesenangan berkendara dan sporty feel. Meski tanpa itu pun, Anda masih bisa dihibur performanya. Dan cruise control, memberi kemudahan serta membantu menekan angka konsumsi bbm saat perjalanan ke luar kota.

Ride and Handling

Kami menyetujui klaim performa sporty. Ditambah kenyataan bahwa ini sedan medium, menghasilkan keseimbangan antara kenyamanan dan sportiness pada Civic baru ini.

Posisi mengemudi sangat mudah diatur dan joknya mendukung kenyamanan. Bahkan untuk pengemudian jarak jauh dan durasi yang lama.

Mobil ini terasa mudah dikemudikan. Bobot putar palang kemudinya ringan namun berisi, presisi dan memberi feedback yang baik. Suspensinya pun dibuat lebih sporty dan ketika diajak menikung kencang gejala understeernya terasa minim. Meski begitu, tak mengorbankan kenyamanannya saat digunakan harian. (Eka/Tom/Van)

Baca Juga: Prototype BMW M3 yang Unik dan Tak Pernah Diproduksi Massal

Jelajahi Honda Civic

Honda Civic Rp 536,5 Juta Cicilan : Rp 12,24 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store