• Wishlist

Honda Breeze, Paduan CR-V dan Accord Akhirnya Mendebut

Honda Breeze, Paduan CR-V dan Accord Akhirnya Mendebut

Breeze, SUV kompak baru GAC-Honda mendebut di Cina (25/9). Perusahaan langsung membuka pesanan. Harga pra-penjualan mulai 180.000 yuan atau sekitar Rp 358 jutaan. Mobil blasteran CR-V dan Accord ini punya diferensiasi. Sedangkan CR-V diproduksi oleh Dongfeng Honda di sana. Perbedaan terletak pada dimensi, wujud fisik dan fitur. Tapi pakai mesin sama: 1.5L turbo dan 2.0L PHEV.


Honda breeze PHEV


Mungkin karena parasnya baru, jadi unit lebih terasa gres. Dibanding model prototipe, Breeze alami rombakan ulang di seluruh wajah depan, sisi samping, pelek dan buritan. Kalau Anda amati, bahasa desain mirip dengan Honda Avancier dan Accord. Strip kromium melintasi dua lampu depan LED yang ramping. Bagian bawahnya, grille trapesium terbalik dan bumper. Ada bukaan lubang kecil di kedua sisi, yang bikin terlihat sporty.


Di bagian belakang, yang paling disoroti lampu LED. Berbentuk L ramping jua tajam, menambah tampilan modis. Dalam jajaran produk, versi 1.5L turbo tanpa lencana. Ada dua lubang knalpot datar dan pelindung bawah berkelir hitam. Sedangkan versi 2.0L PHEV menggunakan lencana hybrid, knalpot tersembunyi di satu sisi dan pelindung bawah dilapis cat perak.


Urusan daya pacu, Honda Breeze memiliki kombinasi kekuatan yang sama seperti Honda CR-V di pasar Cina. Mesin bensin 1.5L 4 silinder L15BT embuskan tenaga 193 PS dan torsi 240 Nm. Dipadu via gearbox CVT, opsi penggerak 2WD atau 4WD. Menarik, ia juga ditenagai engine 2.0L PHEV. Sama seperti CR-V dan Accord HEV, datang tanpa transmisi konvensional. Namun digantikan sistem i-MMD, yang dikombinasikan dua dinamo dengan mesin Atkinson cycle. Gabungan kekuatan itu mencapai 215 PS.



Sekilas tampak sama. Namun ada yang berbeda. Honda Breeze lebih panjang. Berdimensi 4.634 mm x 1.855 mm x 1.679 mm dan wheelbase: 2.660 mm (4WD) atau 2.661 mm (2WD). Sedangkan CR-V berukuran 4.585 mm x 1.855 mm x 1.679 mm dan sumbu roda 2.660 mm. Panjangnya bertambah karena bentuk bumper depan dan belakang. Namun rentang sumbu roda sama.


Kenapa ada dua model yang berbeda? Di pasar Cina, Honda memiliki terlalu banyak kendaraan yang saling bersaudara. Semisal Honda Accord + Spirior dan Inspire, Odyssey + Elysion, Avancier + UR-V, Vezel + XR-V, City + Greiz dan Crider + New Envix. Yang sedang hangat, Honda CR-V generasi ke-5 juga dijual dengan saudara kandung, Breeze.


Hubungan keduanya, untuk menguntungkan dua usaha patungan Honda di Cina. Sebab segmentasi produk di sana amat rapat. Mereka ingin menyasar lapisan itu, dengan menerapkan pembaruan strategi dua mobil, satu platform. Konsumen mendapat banyak pilihan. Sementara perusahaan mobil juga mendapat pangsa pasar. Jadi, situasi yang saling menguntungkan. (Alx/Odi)


Sumber: Chinapev


Baca Juga: Honda Kenalkan CR-V Hybrid Model 2020 Tanpa Transmisi

Jelajahi Honda CRV

Honda CRV Rp 467,9 - Rp 543,7 Juta Cicilan : Rp 10,68 Juta

Bandingkan & Rekomendasi