• Wishlist

GIIAS Surabaya 2020 Resmi Ditunda Agar Tidak Memperburuk Penyebaran Virus Corona

GIIAS Surabaya 2020 Resmi Ditunda Agar Tidak Memperburuk Penyebaran Virus Corona

Gelaran Gaikindo Indonesia International Motor Show 2020 Surabaya resmi ditunda. Patut diapresiasi dan tidak perlu kecewa, menimbang merebaknya kasus Virus Corona secara global dan khususnya di Indonesia. Agar tidak memperparah penyebaran, langkah seperti ini pun mau tidak mau dilakukan.

Keputusan lockdown belum dilaksanakan sebagai tindak preventif menahan penyebaran Covid-19. Padahal di luar sana, langkah ini sudah diambil oleh para pihak terkait. Kendati begitu, setidaknya tiap daerah dan penyelenggara acara sudah memiliki inisiatif masing-masing agar tidak malah merugikan banyak orang. Seperti Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunda pameran di Surabaya 20 – 29 Maret mendatang.

Dalam keterangan resmi disebutkan, “Keputusan ini diambil, berdasarkan pertimbangan matang GAIKINDO sebagai bentuk upaya dan langkah konkrit untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19, yang merupakan bagian dari force majeure nasional. Saat ini, GAIKINDO berkomitmen untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum.”

gIIAS surabaya ditunda

Hal ini didasari oleh banyak pertimbangan terkait. Misal status Covid-19 yang telah ditetapkan sebagai pandemi global. Pun pemerintah juga menetapkan bahwa penyebaran virus ini disebutkan sebagai bencana non-alam. Selain itu turut didasari bermacam arahan kementerian terkait: melarang untuk mengadakan perjalanan ke luar kota serta menghadiri acara dengan banyak pengunjung. Di Jawa Timur, kegiatan sekolah bahkan sudah diliburkan. Mengingat GIIAS Surabaya 2020 melibatkan banyak orang, tim penyelenggara menunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Langkah seperti ini diamini oleh Mitsubishi sebagai salah satu anggota pameran. Tak ada kekecewaan dan mendukung keputusan penyelenggara. Seperti diujarkan oleh Head of PR & CSR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Aditya Wardani, "So far kami mengikuti ketentuan pemerintah dan keputusan pihak penyelenggara karena sekarang prioritas untuk keselamatan dan kesehatan, jadi kami mengikuti saja.”

Toyota mengapresiasi tindakan ini. Dituturkan Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor, Dimas Aska, "Pada dasarnya appreciate ke Gaikindo dan juga penyelenggara atas keputusan. Apakah ini sebagai bentuk dibatalkan atau akan dibikin lagi pada dasarnya untuk kondisi saat ini kami mengapresiasi apa yang dilakukan.”

Mereka juga tidak mau gegabah untuk mengadakan kegiatan pengganti GIIAS Surabaya ini. “Masih kami coba lihat dulu kondisinya, kebutuhannya seperti apa. Jangan sampai Toyota bikin sesuatu tapi memang kondisinya di berbagai tempat pun kebutuhannya belum tau,” papar Dimas. Ia menambahkan, "Untuk saat ini the best untuk kami menghindari dulu biar tidak terlalu jauh lagi kan kondisinya.”

Indonesia International Motor Show Tetap Dihelat?

Selain GIIAS, pameran otomotif besar seperti IIMS 2020 terpapar risiko penundaan. Padahal rencana penyelenggaraan kurang dari sebulan lagi. Kendati begitu, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi. Namun, acara yang melibatkan banyak pengunjung untuk saat ini memang lebih baik dihindari guna menekan angka penyebaran virus. (Krm/Odi)

Baca Juga: Dampak COVID-19 Terhadap Pameran Otomotif Global