GIIAS 2021: 6 Fakta Menarik Kia Grand Carnival, Nomor Dua Paling Berguna

GIIAS 2021: 6 Fakta Menarik Kia Grand Carnival, Nomor Dua Paling Berguna

Kia hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dengan menghadirkan Kia Grand Carnival 2021. Kehadiran mobil berbadan bongsor ini memberikan warna baru di segmen MPV mewah tanah air. Selain menghadirkan desain baru pada eksterior dan interiornya, All New Kia Grand Carnival menawarkan konfigurasi hingga 11-penumpang.

Kehadiran Kia Grand Carnival ini juga sekaligus menjadi pengganti dari Kia Grand Sedona yang juga mengisi segmen MPV mewah. Selain itu Kia Grand Carnival ini juga dibekali dengan mesin diesel 4-silinder 2.2-liter CRDi yang menghasilkan tenaga 202 hp dan torsi puncak mencapai 441 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Lainny, Kia Grand Carnival juga menawarkan segudang fitur keselamatan dan kenyaman yang berlimpah di dalam kabinnya. Berikut ini kami hadirkan 6 fakta menarik dari Kia Grand Carnival 2021 yang dipasarkan di Indonesia.

Kia Grand Carnival

1. MPV Berkapasitas 11-Penumpang

Kia Grand Carnival merupakan salah satu MPV yang menawarkan kapasitas penumpang hingga 11-penumpang. Hal tersebut berkat penggunaan platform Hyundai-Kia N3 yang didesain untuk kendaraan dengan ukuran besar seperti Hyundai Staria dan Kia Grand Carnival sendiri. Selain itu Kia Grand Carnival juga memiliki dimensi yang cukup melar dengan panjang 5.155mm, lebar 1.995mm dan tinggi 1.775mm. Meski cukup padat di dalam kabinnya namun Kia Grand Carnival tetap menyajikan kapasitas yang lebih dari MPV sekelasnya.

2. Fitur Keselamatan ADAS

Di samping kapasitas yang cukup besar untuk sebuah MPV keluarga, Kia Grand Carnival 2021 juga dibekali dengan fitur keselamatan Advance Driver Assistance System (ADAS). Peranti keselamatan ADAS sendiri terdiri dari berbagai menu seperti Smart Cruise Control yang menjaga kecepatan kendaraan secara adaptif, Lane Follow Assist dan Lane Keep Assist yang memonitor kendaraan agar tetap pada jalurnya. Di samping itu, fitur ADAS yang terdapat pada Kia Gran Carnival juga menyediakan layanan lain seperti Forward Collision-Avoidance Assist dan Blind Spot Collision Avoidance Assist.

3. Mesin 2.2-liter Diesel

Terdapat dua varian Kia Grand Carnival yang dipasarkan di Indonesia yakni Premiere dan Dynamic, keduanya mendapatkan paket mesin yang sama yakni diesel 2.2-liter CRDi yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 220 hp dan torsi puncak mencapai 441 Nm pada putaran 1750 – 2750 rpm.

Menariknya lagi mesin Smarstream yang dikembangkan bersama dengan Hyundai juga digunakan oleh model lain seperti Hyundai Santa Fe, Kia Sorento, dan Genesis G80. Meski memiliki segmen yang berbeda namun performa yang dihasilkan mesin Smartstream ini memiliki angka yang serupa.

Baca juga: GIIAS 2021: Kia Luncurkan Grand Carnival, MPV Mewah 11 Penumpang

Kia Grand Carnival

4. Fitur Hiburan

Selain itu Kia Grand Carnival juga dibekali dengan fitur hiburan yang menarik untuk dibahas. Pada varian Premiere layanan hiburannya didukung oleh layar sentuh berukuran 12,3 inci sementara varian Dynamic dibekali layar sentuh berukuran 8-inci. Keduanya dibekali dengan berbagai menu seperti sistem navigasi, pemutar radio dan konektifitas smartphone Apple Car Play dan Android Auto. Selain itu sistem audionya pun sudah didukung dengan Bose Premium Sound untuk varian premiere dan varian Dynamic dibekali dengan Premium Souns System 6-speaker.

5. Eksterior

Generasi terbaru Kia Grand Carnival juga menampilkan ekterior yang cukup agresif untuk ukuran MPV keluarga. Salah satunya ialah tampang grille dengan pola honeycomb yang dibalut dengan krom silver dan diapit dengan dua lampu utama berteknologi Dual LED Projector & Bi-Function.

Pada sisi yang lain Kia Grand Carnival juga dibekali dengan Wide Dual Sunroof yang meningkatkan kesan mewah dari tampilan luarnya. Selain itu Kia Grand Carnival juga menawarkan sistem power sliding door untuk akses penumpang di baris belakang dan smart power Tailgate untuk akses ke ruang bagasi.

6. Harga

PT Kreta Indo Artha yang merupakan agen pemegang merk Kia di Indonesia menyebutkan bahwa Grand Carnival sudah mulai dijual pada tahun ini di tanah air. Kia Grand Carnival varian Premiere dibanderol dengan harga Rp 886 Juta sementara varian Dynamic belum diumumkan karena unit tersebut masih dalam proses pengiriman. PT Kreta Indo Artha sendiri menyatakan bahwa kendaraan ini akan mendapatkan tempat baru bagi keluarga Indonesia sebagai sebuah moda transportasi untuk mendukung setiap kegiataannya. (Ndo/Raju)

Baca juga: GIIAS 2021: Memukau! MG Hadirkan Mobil Sport, Mobil Listrik Sampai Mobil Langka

Jelajahi KIA Grand Carnival

Model Mobil KIA

  • KIA Sonet
    KIA Sonet
  • KIA Seltos
    KIA Seltos
  • KIA Picanto
    KIA Picanto
  • KIA Rio
    KIA Rio
  • KIA Sonet 7-Seater
    KIA Sonet 7-Seater
  • KIA Grand Sedona
    KIA Grand Sedona
  • KIA K2700
    KIA K2700
  • KIA Grand Carnival
    KIA Grand Carnival
Mobil KIA

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil KIA Grand Carnival Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil KIA Grand Carnival

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang