GIIAS 2020 Batal Dilangsungkan, Ganti Acara Otomotif Lain di JCC Senayan

GIIAS 2020 Batal Dilangsungkan, Ganti Acara Otomotif Lain di JCC Senayan

Ajang otomotif GIIAS tahun ini akhirnya resmi dibatalkan. Padahal kemarin penyelenggara sempat menyatakan kesiapan kegiatan pada 22 Oktober – 1 November 2020. Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gikindo berdalih. Pameran otomotif berskala internasional dengan endorsement dari OICA, perlu waktu persiapan yang panjang. Tapi di sisi lain mereka tengah menyiapkan Gaikindo Jakarta Auto Week 2020 berkonsep jualan.

"Pada setiap penyelenggaraan GIIAS, membutuhkan persiapan amat kompleks. Detail masa yang cukup panjang. Oleh karena itu, melihat sisa waktu semakin pendek, Gaikindo mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020 di BSD City, Tangerang. Gaikindo kembali merencanakan gelaran GIIAS The Series pada 2021," beber Yohannes Nangoi dalam keterangan resmi (18/8).

Menurut dia, penyelenggaraan pameran berkonsep jualan menjadi solusi. Tentu demi mendorong pencapaian industri otomotif tahun ini. Nangoi mengaku, Gaikindo memikul tanggung jawab, juga kontribusi terhadap pertumbuhan industri. "Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memulihkan ekonomi negara. Serta dari arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian. Maka diputuskan tahun ini asosiasi menyelenggarakan sebuah pameran otomotif dengan konsep berbeda dari GIIAS," imbuh mantan Presdir Isuzu Astra Motor Indonesia ini.

Baca juga: MG Motor Indonesia Siapkan Kejutan di GIIAS, Peluncuran MG Gloster?

Benar-benar berbeda konsep dibanding GIIAS yang cenderung pamer sofistikasi teknologi dan deret mobilitas masa depan. Sedangkan Gaikindo Jakarta Auto Week hanya berfokus menciptakan potensi penjualan kendaraan secara masif. Termasuk lahan pengenalan mobil gres untuk merangsang penjualan. Pameran pengganti ini berlangsung selama sembilan hari. Tepat pada 21 – 29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC). "Diharapkan dalam waktu dekat ini situasi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak ada aral yang menghambat pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week nanti," harapnya.

Pameran otomotif IIMS 2020 menunggu kabar virus Corona

Narasi serupa diungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, "Seperti yang kita ketahui GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang Gaikindo Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil. Baik existing product maupun kendaraan baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran."

Baca juga: Laba Otomotif Astra Group Jeblok, dari Rp 3,45 Triliun Menjadi Rp 716 Miliar

Cakupan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week sebesar lebih kurang 30 ribu meter persegi. Atau menggunakan keseluruhan area JCC. Luas itu dinilai lebih proporsional untuk dilaksanakan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Gaikindo berharap, dengan pemilihan waktu di akhir tahun, area dan lokasi pameran yang berada di tengah kota. Bakal menjadi dorongan positif bagi industri otomotif untuk tampil maksimal. Termasuk pula memberi kemudahan bagi para pengunjung.

Operasional selama sembilan hari pameran diharapkan dapat menarik 250 ribu pengunjung. Hal ini, terang mereka, disesuaikan dengan pembatasan sosial, protokol kesehatan Covid-19. “Penyelenggaraan pameran tetap berpatokan pada protokol pengamanan Covid-19. Yang juga mencakup pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu, agar semua tetap aman,” tutur Rizwan.

Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, pameran diharap dapat menggenjot hasil maksimal bagi pemulihan pencapaian industri. Rizwan menyatakan, berbagai program telah direncanakan demi mendongkrak penjualan selama pameran. Contohnya mulai dari cashback, promo bundling, hingga live auction disinyalir mampu menambah minat pengunjung agar datang dan bertransaksi. Nah, untuk detail kendaraan anyar apa saja yang muncul kelak, tetap pantau pembaruan informasi OTO.com (Alx/Tom)

Baca juga: Google Gelar Pameran Otomotif Online Pertama di Asia Tenggara

GIIAS 2021

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil