Oto
jakarta-selatan

Ford Puma Siap Dipasarkan Akhir Tahun di Eropa

  • 04 Apr, 2019
  • 438 Kali Dilihat

Ford tengah menyiapkan crossover terbaru yang dinamai Puma. Mobil 5 pintu ini, posisinya berada di segmen yang diisi oleh Nissan Juke, Peugeot 2008 dan Renault Captur. Mengutip dari Auto Express (03/04), Ford mengenalkannya pertama kali dalam sebuah acara di Belanda.



Sayangnya, dalam acara itu, Ford hanya memperlihatkan sedikit wujudnya. Bahkan cukup sulit mengenalinya lebih detail, karena suasana acara yang gelap. Tapi dari foto-foto yang dirilis secara resmi oleh pabrikan asal Amerika Serikat itu, desainnya kental dengan sentuhan Ford. Terlihat dari bentuk grille yang khas. Wajah depannya juga tampak gagah dengan bagian bumper yang tegas.


Walau belum ada keterangan lebih jelas tentang desain Ford Puma, dipastikan model ini menggunakan sasis Fiesta. Hanya dengan sedikit penyesuaian, seperti ground clearance yang lebih tinggi.


Yang paling ditekankan oleh Ford, kemampuannya menampung barang. Bagasi belakangnya punya volume 456 liter. Menariknya, ruang ini telah disetel sedemikian rupa agar dapat memuat dua tas golf dengan posisi berdiri. Menurut keterangan resmi, Ford mengaplikasikan keunggulan itu setelah berkonsultasi dengan banyak konsumen.


Jantung mekanis yang diusung, tiga silinder berkubikasi 1 liter EcoBoost. Ford turut membenamkan teknologi mild hibrida 48-volt, seperti yang digunakan pada Fiesta dan Focus. Keluaran tenaganya mencapai 157 PS, dengan momen puntir sebesar 240 Nm. Torsi sebesar itu dibantu oleh fitur belt-driven integrated starter/generator (BISG), yang bekerja sebagai motor penghasil torsi sebesar 50 Nm.


BISG juga berfungsi menarik energi, yang biasanya terbuat saat proses pengereman. Seluruh daya disimpan ke dalam baterai lithium-ion yang didinginkan udara. Spesifikasi itu mengizinkan konsumsi bahan bakar efisien. Klaim Ford, Puma bakal membutuhkan bensin kurang lebih 5,4 liter untuk bisa menjelajah sejauh 100 km.



“Bergaya menggoda dan didesain secara inovatif, kami pikir Puma sesuai keinginan konsumen mobil compact di Eropa. Jika Anda ingin mobil yang dapat diajak berjalan-jalan di Jumat malam, kemudian membawa furniture di Sabtu siang, inilah pilihan tepat,” ucap Stuart Rowley, President Ford of Europe.


Crossover terbaru itu bakal diproduksi di Craiova, Rumania. Di kota ini, Ford berinvestasi cukup besar, mencapai Rp 23 triliun untuk membangun pabrik. Unit dipasarkan pertama kali di Eropa pada akhir 2019. Belum diketahui berapa harganya. Prediksinya, banderol Puma berada di antara model EcoSport dan Kuga. (Hfd/Van)


Sumber : Auto Express, Motor1


Baca Juga: Elon Musk Prediksi Ford akan Bangkrut

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi