Daftar Negara yang Bakal Melarang Mesin Konvensional

Daftar Negara yang Bakal Melarang Mesin Konvensional

Evolusi industri kendaraan bermotor sedang berlangsung guna menyongsong masa depan yang lebih baik. Apakah mesin dengan pembakaran dalam (internal combustion) akan punah?

Pengisian listrik mobil

Seperti bakal terjadi, mengingat sudah ada wacana melarang mesin dengan bahan bakar minyak di beberapa negara. Tingginya polusi udara yang diakibatkan mesin konvensional, sudah waktunya untuk menjalankan tindakan nyata. Zero-emision merupakan masa depan yang hendak dituju industri otomotif. Nah, jumlah kota di berbagai negara semakin bertambah dan sepakat soal ini. Negara apa saja itu?

Tiongkok

Belum ada waktu pasti dari pemerintah Tongkok (Cina) kapan rencana ini terealisasi. Tapi wakil menteri perindustrian dan teknologi informasi, Xin Guobin, telah mengutarakan perhatiannya dalam persoalan ini. Para ahli juga memperkirakan, pelarangan mesin konvensional terjadi sekitar 2030. Ketika produsen otomotif dunia mulai menjalankan visi terhadap emisi karbon yang dihasilkan.

India

Salah satu negara dengan populasi terpadat di muka bumi sangat menyadari dampak yang dihasilkan oleh polusi kendaraan bermotor. Karena efeknya sangat fatal terhadap warga negara mereka sendiri. Setidaknya 1,2 juta orang meninggal setiap tahunnya diakibatkan polusi beracun. Tahun lalu, pemerintah India mencanangkan, menjual kendaraan listrik saja pada 2030. Dari hasil studi yang dilakukan departemen energi India, terkait biaya produksi mobil listrik hingga kecenderungan pasar membuat rencana itu layak dilakukan.

Prancis

Negara ini baru saja mengumumkan rencana mengakhiri penjualan mobil bermesin konvensional pada 2040. Paris adalah kota pertama yang menjalankan rencana besar ini. Langkah ini mengurangi emisi karbon secara drastis negara yang 80% energinya berasal dari nuklir.

Belanda

Belanda memutuskan pada Juli lalu, setiap mobil yang berseliweran di jalan harus bebas emisi pada 2030. Kesepakatan ini berjalan cukup alot setelah menempuh 200 hari negosiasi dan perundingan antarkoalisi di dewan. Tapi analis memperkirakan, baru setelah 2030 mobil baru yang dijual sudah harus nol emisi. Termasuk mobil dengan bahan bakar gas. Belanda memiliki pangsa pasar kendaraan bermotor kurang dari 2%. Jika melaksanakan visi ini, kontribusi mulia untuk mengurangi emisi dunia.

Inggris

Setelah gagal dalam legal standing untuk mendesak pengurangan polutan udara, pemerintahan perdana menteri Theresia May berjanji untuk mewujudkan nol emisi pada 2050. Dengan waktu penggantian rata-rata sekitar 10 tahun, mengharuskan semua mobil baru yang dijual di Inggris bertenaga listrik pada 2040.

Norwegia

Salah satu negara yang sangat getol mewujudkan bebas polusi udara. Rencana Norwegia lebih ke arah finansial yang mengarahkan warga mereka untuk tidak membeli mobil bermesin konvensional. Karena pemerintah memberi insentif dan subsidi pajak lebih murah untuk mobil listrik. Jika rencana berjalan lancar, mobil bensin dan diesel sudah tidak lagi beredar di sana pada 2025.

Jerman

Negara ini semakin dekat untuk melarang mobil bensin dan diesel. Forbes melaporkan, 16 propinsi di Jerman lulus persyaratan untuk melarang mobil dengan mesin konvensional hingga 2030. Baru berupa resolusi dan belum menjadi regulasi, tapi sudah menjadi kesepakatan di parlemen untuk membawa industri otomotif Jerman mengarah pada masa depan yang bebas emisi.

Amerika Serikat

Ada 2 juta kendaraan terdaftar di negara bagian California tahun lalu. Angka ini yang terbesar bahkan dibandingkan negara lain sekalipun. Pemerintah setempat menyadari itu, gubernur Jerry Brown pun telah memberi isyarat dan berniat untuk menjalankan pelarangan mobil diesel maupun bensin. (Odi/Van)

Sumber: Forbes, Bloomberg, qz.com

Baca Juga : Shell dan Ridwan Kamil Jalin Kerjasama

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil